Manfaat Daun Pepaya untuk kesehatan
Health

7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Plus Tips Supaya Tidak Terlalu Pahit 

Pepaya merupakan tumbuhan multiguna. Dimana selain buah dan bunganya, manfaat daun pepaya untuk kesehatan juga banyak diambil orang. Mulai dari diolah jadi masakan hingga dipercaya baik untuk Tubuh. 

Pepaya merupakan tumbuhan multiguna. Dimana selain buah dan bunganya, manfaat daun pepaya untuk kesehatan juga banyak diambil orang. Mulai dari diolah jadi masakan hingga dipercaya baik untuk Tubuh.

Dibalik bentuk eksotik dengan tulang daun yang keras, terkandung berbagai khasiat daun pepaya untuk kesehatan. Banyak juga yang sudah paham bagaimana trik daun pepaya agar tidak pahit. Sehingga lebih mudah mengkonsumsinya. Serta manfaatnya bisa dirasakan.

Kandungan Daun Pepaya

Kandungan Daun Pepaya
Kandungan Daun Pepaya

Aduhai, lezat nian menikmati tumis daun pepaya! Secara visual, mata telah terpuaskan dengan warna hijau pekat dari daun dan merah menyala dari irisan cabe. Rasa pedas bercampur agak pahit, terasa menggelitik lidah. Apalagi jika dicampur teri goreng dan disantap dengan nasi hangat… Hmmm! Sedap nian!

Selain tumis, banyak juga cara mengolah daun pepaya menjadi masakan. Hal ini dikarenakan pentingnya nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, seng, beta-karoten, thiamin (Vitamin B1), riboflavin (Vitamin B2), niasin (Vitamin B3), dan vitamin C.

Baca Juga: Bukan Hanya sebagai Bumbu, Ini 3 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatanmu

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan
Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Tak hanya untuk memuaskan rasa lapar, daun pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Menilik banyaknya nutrisi penting yang terkandung di dalamnya. Berikut adalah beberapa khasiat daun pepaya:

  1. Mengontrol Gula DarahKhasiatnya dalam mengatur kadar gula darah dapat diperoleh dari tingginya kandungan antioksidan di dalamnya. Mengonsumsi ekstrak daun pepaya telah terbukti bisa melindungi sel beta pankreas, yang bertanggung jawab atas produksi insulin, sehingga menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh. Kadar gula darah yang stabil kemudian dapat membantu mengurangi risiko diabetes, hipertensi, dan gangguan kardiovaskular.
  2. Mengatasi Masalah PencernaanSebagaimana buahnya, daun pepaya juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit. Kandungan seratnya mampu melunakkan feses, memudahkan proses buang air besar, serta mencegah sembelit. Selain itu, kandungan enzim papain pada daun pepaya juga efektif untuk pengobatan alami dalam mengatasi perut kembung.
  3. Mengatasi Demam BerdarahMengkonsumsi ekstrak daun pepaya bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam darah penderita DBD. Khasiat daun pepaya dalam mengatasi DBD ini didapat dari kandungan carpaine yang membantu meningkatkan jumlah trombosit. Selain itu, beberapa senyawa dalam ekstrak daun pepaya juga memiliki sifat antivirus yang diyakini efektif melawan virus penyebab DBD.
  4. Mencegah HipertensiManfaat daun pepaya untuk darah tinggi didapatkan dari kandungan kalium dan magnesium. Dimana keduanya mampu membantu mengatur fungsi otot jantung untuk mencegah peningkatan tekanan darah. Selain itu, pepaya juga mengandung flavonoid, senyawa yang dapat mengurangi tekanan darah pada individu dengan hipertensi.
  5. Mendukung Terapi KankerDaun pepaya memiliki kemampuan dalam membantu terapi penyembuhan kanker. Karena adanya senyawa aktif di dalam daun pepaya yang bersifat sitotoksik, mampu merusak sel-sel kanker. Sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada kanker payudara, kanker kulit, dan kanker prostat. Perlu diingat bahwa daun pepaya bukanlah obat utama untuk kanker, tapi hanya sebagai pendukung terapi kanker.
  6. Menyehatkan Rambut dan KulitDaun pepaya memiliki manfaat untuk merawat rambut dan kulit. Daun pepaya bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut. Yang mampu mengatasi masalah ketombe karena kandungan antijamur di dalamnya. Sementara itu, daun pepaya juga dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini berkat kandungan asam amino yang tinggi.
  7. Sumber EnergiDaun pepaya memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, sehingga dapat berfungsi sebagai sumber energi tambahan bagi tubuh. Dengan pasokan energi yang cukup, tubuh menjadi lebih tahan terhadap kelelahan selama menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan hal ini, olahan daun pepaya bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam menu diet sehari-hari karena mengandung serat yang dapat menjaga rasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mengurangi konsumsi makanan secara berlebihan.

Baca Juga: 5 Manfaat Keluak untuk Kesehatan, Nggak Cuma Bikin Rawon Jadi Sedap

Cara Mengolah Daun Pepaya

Cara Mengolah Daun Pepaya
Cara Mengolah Daun Pepaya

Ciri khas olahan daun pepaya adalah rasa pahitnya. Namun, bagi sebagian orang hal ini mengganggu,sehingga membuat enggan untuk mendapatkan manfaatnya. Berikut adalah cara mengurangi rasa pahit pada daun pepaya:

  1. Rendam daun pepaya dalam air garam selama beberapa saat sebelum dimasak. Hal ini dapat membantu mengurangi rasa pahitnya.
  2. Rebus daun pepaya dalam air garam atau air jeruk nipis sebelum dimasak. Penggunaan air jeruk nipis dapat membantu menghilangkan rasa pahit dan aroma yang kuat. Manfaat minum rebusan air daun pepaya bisa didapatkan bila Kawanjo meminumnya.
  3. Tambahkan bahan-bahan atau rempah-rempah yang dapat menyeimbangkan rasa pahit. Seperti santan, gula merah, atau garam.
  4. Pilih daun pepaya yang masih muda dan segar. Karena biasanya daun yang masih muda memiliki rasa yang lebih ringan dan tidak terlalu pahit. Kemudian potong daun pepaya secara halus atau iris tipis-tipis untuk mengurangi rasa pahitnya.

Dengan mengikuti tips di atas, selanjutnya Kawanjo bisa mengolahnya menjadi beragam makanan. Seperti tumis, urap, lalap, jus, dan lain sebagainya. Sehingga manfaat daun pepaya untuk kesehatan dan cara mengolahnya akan memberi keuntungan bagi Kawanjo.

 

0 comments on “7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Plus Tips Supaya Tidak Terlalu Pahit 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.