Tips Masak Saat Sahur
Health Lifestyle

5 Tips Masak Saat Sahur Supaya Sat Set Wat Wet

Selain saat berbuka, makan sahur juga momen yang berharga ketika ramadan tiba. Waktu dimana kebersamaan tercipta di kala suasana masih tenang sebelum pagi datang. Namun, karena hanya sebentar butuh trik dan tips masak saat sahur sat set wat wet

Selain saat berbuka, makan sahur juga momen yang berharga ketika ramadan tiba. Waktu dimana kebersamaan tercipta di kala suasana masih tenang sebelum pagi datang. Namun, karena hanya sebentar butuh trik dan tips masak saat sahur sat set wat wet. Supaya waktu makan tidak berkurang atau habis hanya untuk menyiapkan makanan. Ujung-ujungnya batal makan sahur, deh!

Manfaat Makan Sahur

Manfaat Makan Sahur
Manfaat Makan Sahur

Sahur memiliki peranan penting dalam kehidupan seorang muslim selama bulan Ramadan. Makan saat sahur merupakan ibadah sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Mengerjakannya sama dengan meniru teladan besar umat Islam ini. Selain itu, sahur juga membantu menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh, memberikan energi yang diperlukan untuk aktivitas sehari-hari, dan mencegah terjadinya kelelahan serta penurunan performa fisik.

Di sisi lain, sahur pun memiliki dimensi spiritual. Karena menjadi bentuk ketaatan dan kepatuhan terhadap perintah Allah. Melalui sahur, umat muslim bisa merasakan kesederhanaan dan kebersamaan dalam beribadah. Sekaligus memperkuat koneksi spiritual dengan Tuhan. Apalagi waktu sahur Ramadan adalah di sepertiga malam terakhir. Waktu terbaik untuk beribadah dan berdoa.

Sebab itulah penting guna memberikan perhatian khusus pada sahur sebagai bagian dari ibadah puasa, bukan hanya sebagai kebutuhan fisik semata. Namun, butuh manajemen waktu dalam mempersiapkan makanan saat sahur dengan proses makan itu sendiri. Jangan sampai saat batas waktu sahur habis, Kawanjo masih belum memenuhi kecukupan gizi sebagai modal berpuasa.

Baca juga: Kegiatan Seru Anti Bosan Selama Ramadhan

Tips Masak Saat Sahur

Tips Masak Saat Sahur
Tips Masak Saat Sahur

Untuk bangun sahur, terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Enak-enak tidur, harus bangun dan makan sahur. Apalagi jika harus didahului dengan proses menyiapkan makanan alias memasak sahur. Rasa kantuk bisa jadi membuat kurang nyaman dalam hal ini. Apalagi waktunya terbatas, jadi harus pandai-pandai mengatur waktu dan memanajemen kegiatan selama di ujung malam ini.

Membeli makanan di luar rumah juga bukan solusi tepat. Tidak semua penjual makanan membuka warungnya ketika sahur. Itupun harus dengan pertimbangan ekonomis dan higienitasnya. Sebab pastinya menyiapkan makanan sendiri di rumah itu lebih sehat lagi hemat.

Karena itu, butuh trik dan tips memasak saat sahur yang bisa dilakukan. Diantaranya:

  1. Merencanakan Menu Makanan Sahur untuk Seminggu
    sahur,
    Buat rencana makan (meal plan).

    Kebutuhan makanan sehat dan bervariasi selama sebulan berpuasa Ramadan harus diperhatikan. Karena itu merencanakan menu masakan sahur untuk seminggu adalah ide tepat Selanjutnya jadwal menu itu bisa diulang di Minggu berikutnya ataupun dikombinasikan dengan menu lainnya. Libatkan anggota keluarga supaya momen memasak dan makan membawa kebahagiaan lebih.

    Untuk menu sahur, pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin untuk menjaga energi dan kenyang lebih lama. Selain itu, pilih makanan dengan gula rendah untuk menjaga kadar gula darah stabil. Jangan hidangkan makanan berlemak berlebihan, karena dapat menyebabkan rasa kenyang yang tidak tahan lama serta mudah haus. Ohya, tambahkan buah-buahan segar sebagai sumber vitamin dan mineral.

    Baca juga: 5 Kuliner Ramadhan Khas Pontianak, Ide Jualan Takjil Bisa Banjir Cuan

  2. Belanja Sepekan Sekali dan Food Preparation
    sahur,

    Belanja mingguan.


    Setelah mengantongi jadwal memasak, Kawanjo akan mudah menentukan kebutuhan bahan masakan. Ambil satu hari khusus untuk berbelanja dan gunakan catatan yang bersumber dari jadwal yang dibuat.Selanjutnya gunakan teknik food preparation pada barang belanjaan. Food preparation adalah menyiapkan bahan baku masakan  menjadi bahan yang sudah siap masak untuk periode yang telah direncanakan. Pisahkan per bahan sesuai kebutuhan dengan menggunakan wadah tertentu. Beberapa jenis bahan bisa sekalian dikupas dan dipotong-potong. Teknik ini disinyalir selain bermanfaat untuk menghemat waktu dalam mempersiapkan memasak, juga menghemat biaya anggaran rumah tangga.

  3. Jadwal Memasak
    sahur,
    Tentukan jadwal memasak.

    Tips masak saat sahur selanjutnya adalah dengan menentukan waktu mulai memasak. Jika biasanya Kawanjo memasak butuh waktu 30 menit, bangunlah 30 menit sebelum waktu makan sahur. Kawanjo juga bisa menggabungkan waktu memasak untuk sahur dan buka.

    Beberapa jenis sayur dan lauk bisa dipanaskan kembali. Untuk itu Kawanjo tinggal memasak saat mempersiapkan berbuka. Ketika sahur tinggal menghangatkan. Hal ini bermanfaat bila Kawanjo menghendaki masakan yang sedikit ribet seperti rendang, sayur lodeh, rawon, dan lainnya. Masakan-masakan ini mustahil dimasak untuk menu makan sahur simpel. Selain butuh waktu lama juga memerlukan tenaga ekstra.

    Selain itu, untuk tips memasak menu berbuka dan sahur yang digabung, perhatikan juga beberapa masakan yang tidak boleh dihangatkan. Seperti sayur bayam, olahan persawian, olahan kentang dan lain sebagainya.

  4. Siapkan Frozen Food

    sahur,
    Stok frozen food.


    Untuk memangkas waktu memasak, Kawanjo bisa menyiapkan lauk yang praktis. Frozen food bisa dipilih sebagai tips masak menu sahur yang cepat. Kawanjo bisa membuatnya sendiri saat pagi atau siang hari dan bisa digunakan untuk stok beberapa hari. Masukkan ke lemari pendingin dengan sebelumnya sudah dibagi per porsi sekali menghidangkan makanan. Saat akan digunakan, diamkan pada suhu ruang terlebih dahulu baru digoreng atau dikukus atau dipanggang. Adapun contoh frozen food yang bisa diolah sendiri adalah ayam ungkep, risol, nugget, dan lainnya.

  5. Buat Bumbu Dasar Halus
    sahur,
    Stok bumbu yang sudah dihaluskan.

    Selain mengurangi resiko buruk bumbu instan kemasan, dengan menyiapkan bumbu masakan sendiri Kawanjo juga bisa memangkas waktu memasak. Cocok sekali digunakan saat Ramadan terutama ketika sahur yang butuh waktu cepat dalam menyiapkan makanan.Bumbu dasar ini selain memberikan rasa dan aroma tertentu dalam masakan, pastinya juga bisa memberi kepraktisan dan nilai lebih dalam kesehatan. Secara umum, di Indonesia terdapat empat bumbu dasar yakni bumbu putih, bumbu merah, bumbu kuning, dan bumbu jingga. Setiap bumbu memiliki bahan sendiri-sendiri. Penggunaannya juga diperuntukkan pada jenis masakan yang berbeda.

 

Adapun tips masak sahur cepat dan praktis adalah dengan membuat keempat stok bumbu halus ini di lemari es. Luangkan satu waktu untuk menyiapkan keempatnya dalam jumlah besar. Buat satu persatu sesuai bahan lalu oseng di atas wajan. Setelah dingin masukkan ke wadah kaca dan simpan di dalam kulkas. Ketika hendak menggunakan, ambil beberapa sendok kemudian tumis sebentar. Tambahkan bahan lain yang diperlukan sesuai resep menu sahur yang diinginkan.

Makan sahur juga menjadi momen menyenangkan setiap Ramadan datang. Namun, bila tanpa siasat jitu, bisa-bisa waktunya hilang atau Kawanjo terburu-buru bahkan cemas saat memasak. Karena itu tips masak saat sahur yang telah disebutkan di atas bisa dilakukan. Supaya proses memasaknya lebih cepat, kata orang Jawa, sat set wat wet.

0 comments on “5 Tips Masak Saat Sahur Supaya Sat Set Wat Wet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.