Tradisi Imlek bermanfaat untuk kesehatan
Health Lifestyle

Aktivitas Perayaan Imlek Untuk Kesehatan

Perayaan tahun baru Imlek bagi masyarakat Tionghoa sangatlah bermakna. Selain itu, aktivitas yang dilakukan saat Imlek juga dipercaya bagus untuk kesehatan

Imlek jatuh pada 1 Februari 2022. Ini adalah hari penting sekaligus perayaan terbesar yang penuh dengan makna bagi masyarakat Tionghoa di Indonesia. Menurut sistem penanggalan kalender lunar, Imlek dimulai pada hari pertama di bulan pertama dan berakhir pada tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama) atau di Indonesia biasa disebut Cap Go Meh. 

Baca Juga : Tahun Baru Imlek Enaknya Trip Kemana? Cek Destinasi Wisata Menarik Ini

Saat Imlek tiba banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi untuk merayakan hari penting ini. Seperti halnya di Jakarta ada kawasan Glodok. Tidak hanya itu saja, aktivitas yang dilakukan saat perayaan Imlek juga dipercaya bisa mempengaruhi kesehatan loh! Yup, aktivitas yang dilakukan saat Imlek memiliki manfaat kesehatan. Yuk lihat di bawah ini :

  • Bisa Mengurangi Stres
Manfaat kesehatan dibalik perayaan Imlek
Perayaan Imlek diyakini bisa mengurangi stres karena pertemuan keluarga

Manusia dikenal sebagai makhluk sosial. Tapi tanpa disadari kita terkadang tidak pernah bisa lepas dari stres kawanjo. Mulai dari bekerja, kuliah, dan bahkan permasalahan yang datang masih ada lagi. Sampai-sampai lupa berkumpul dengan keluarga. Saat perayaan Imlek, ada momen kita bisa berkumpul bersama keluarga. Berbagi cerita, menangis bahkan tertawa mampu mengurangi beban hidup. Dari momen Imlek ini, kita bisa mengurangi stres yang sudah dihadapi. 

  • Pola Makan Sehat
Manfaat kesehatan dibali perayaan Imlek
Sayur, buah dan menu makanan yang berbeda saat Imlek

Kawanjo masih inget nggak ada beberapa jenis makanan yang keluar saat Imlek tiba. Sebut saja seperti jenis ikan bandeng, jeruk dan sebagainya. Sama halnya seperti kue keranjang, saat Imlek bandeng juga penting karena dianggap punya keberuntungan dan panjang umur.  Berkumpul bersama keluarga dan melakukan aktivitas makan bersama dipercaya mampu menjaga pola makan sehat. 

Saat makan bersama keluarga, tersedia berbagai menu makanan mulai dari sayuran sehat sampai buah. Ini dikarenakan hampir semua orang dari segala usia berkumpul saat Imlek untuk makan bersama keluarga. Otomatis, kawanjo jadi lebih banyak memakan buah, sayuran dan makanan yang kaya akan nutrisi lainnya. 

  • Menjaga Kesehatan Mental
Manfaat Imlek Untuk kesehatan
Berkumpul bersama keluarga saat Imlek itu sesuatu yang sangat bermakna sekali

Saat perayaan imlek, semua anggota keluarga pasti berkumpul kembali. Ada yang pulang ke rumah orang tua saat Imlek tiba. Pada momen Imlek ini, semua anggota keluarga bisa bertemu dan membantu menyatukan lagi hubungan yang mungkin sudah renggang antara satu sama lain. Berkumpul bersama keluarga dipercaya mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan mental.

Buat kawanjo yang ingin merayakan Imlek sebaiknya jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19 ya. Di masa pandemi ini penting banget soalnya. Jangan lupa menggunakan masker dan segera vaksinasi. Oh iya setelah berkumpul dengan keluarga dan ingin mengunjungi destinasi wisata menarik, bisa cek paket dan open tripnya di sini

Baca Juga : Terinfeksi Omicron Segera Konsumsi 5 Makanan dan Minuman Ini

0 comments on “Aktivitas Perayaan Imlek Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published.