tips menghitung budget liburan agar tidak boncos
Lifestyle

Anggaran Berwisata Joss, Ini Tips Liburan Budget Minim Anti Boncos

Berwisata perlu memperhatikan budget dan anggaran agar tidak boncos. So, simak Tips Budgeting untuk liburan dalam artikel ini.

Saat liburan datang, berwisata menjadi pilihan banyak orang. Namun bila Kawanjo tidak merencanakan matang-matang, bukannya mendapat kegembiraan malah datanglah kesusahan. Boncos alias rugi di belakang. Karena itulah penting adanya rencana anggaran biaya wisata agar rencanamu menyenangkan dan nggak jadi beban. Berikut tips liburan anti boncos buat kamu yang punya budget minim.

Bukan hal bijak bila saat wisata, menggunakan prinsip asal. Asal pergi, asal senang. Berangkat menggenggam sejumlah uang. Namun asal bayar asal beli membuat tangan hampa seketika. Karena itu Kawanjo butuh tahu cara menghitung budget liburan atau budget traveling.

Tips liburan dengan budget minim

Tips liburan dengan budget minim
Tips liburan dengan budget minim

Menyusun rencana anggaran biaya wisata atau budget traveling penting untuk sebuah kenyamanan keuangan. Baik itu saat berwisata maupun kondisi keuangan sebelum dan sesudahnya. Tips liburan dengan budget minim menjadi rujukan tepat bagi para traveler yang suka berwisata dan sering terkendala biaya. Yuk, mulai direncanakan budget liburan agar tidak pusing setelah bepergian jalan – jalan.

Budget traveling, berwisata tanpa pusing  

Kunci dari budgeting adalah dengan bijak membagi-bagi uang yang dipunyai untuk setiap keperluan. Mendahulukan yang lebih penting, yaitu dengan memberi porsi lebih banyak pada keperluan keuangan yang lebih mendesak.

Baca juga : Informasi Paket Wisata Lokal dan Penerbangan di Indonesia

Perencanaan keuangan bisa dilakukan saat Kawanjo menerima pendapatan, dengan tujuan agar jelas penggunaannya. Biasanya persentase digunakan untuk membagi uang ke pos-pos yang ditentukan. Sebelum memberi porsi pada kepentingan berwisata, pastikan segala kebutuhan pokok dan kewajiban harus dimasukkan terlebih dahulu. 

Berwisata memang penting. Namun kebutuhan akan sandang, pangan, papan, pendidikan, kesehatan, tabungan, kewajiban, dan sosial harus ada terlebih dahulu. Ketika semua pos pengeluaran pokok telah tercukupi, barulah Kawanjo bisa mengambil porsi untuk biaya berwisata atau traveling. Adapun besaran prosentase tergantung pada kondisi. Semisal 10-15 persen dalam prioritas rendah, dari pendapatan setiap bulannya.

Cara membuat anggaran liburan

Cara membuat anggaran liburan
Cara membuat anggaran liburan

Setelah pasti ada uang ‘aman’ untuk berwisata, saatnya membagi-bagi lagi dalam pos yang lebih spesifik. Adapun pos keuangan untuk wisata terbagi dalam kriteria pokok dan tambahan. Berikut adalah pos pokok dan tambahan sekaligus contoh anggaran liburan dalam prosentase. Semakin di atas adalah kebutuhan yang harus didahulukan. Sedangkan semakin ke bawah adalah kebutuhan yang berkurang sifat mendesak dan pentingnya :

Kebutuhan pokok:

1. Transportasi

Bagaimana cara kita sampai ke tempat wisata dan pulang dari sana, harus jadi perhatian utama. Posisikan 25% untuk kebutuhan ini. Sekarang banyak pilihan moda transportasi yang bisa dipilih. Bahkan bila beruntung Kawanjo bisa mendapatkan diskon pemesanan tiket. Sehingga biaya untuk transportasi bisa berkurang. 

2. Akomodasi

Apabila merencanakan wisata beberapa hari sehingga harus bermalam, Kawanjo harus memikirkan masalah penginapan. Untuk itu, pos-kan 20% dari dana wisata untuk penginapan. Kemudahan mendapatkan informasi membuat Kawanjo bisa membandingkan satu tempat bermalam dengan yang lain. Mulai perbandingan dari biaya sewa lahan berkemah hingga biaya menginap hotel berbintang. Sesuaikan pula dengan jarak ke tempat wisata, supaya bisa menghitung biaya transportasi lagi. 

3. Konsumsi

Keperluan ini juga menjadi hal penting. Sebab tak akan asyik bila ngetrip dalam kondisi perut lapar. Karena itu, sisihkan 15% dari dana wisata untuk urusan makan dan minum. Dahulukan makan utama baru jajanan tambahan. Bila ingin berhemat, Kawanjo bisa berupaya untuk memasak sendiri semisal di penginapan model guest house atau berkemah. 

Baca juga : Kuliner enak di Indonesia

Kebutuhan tambahan

1. Tiket masuk wisata

Indonesia memiliki banyak obyek wisata yang bisa dinikmati. Mulai dari yang gratis hingga tiketnya berharga mahal. Kawanjo bisa menentukan hendak mengeksplorasi obyek wisata mana, yang cocok dengan kondisi kantong. Cari informasi dengan browsing di internet. Berapa harga tiket masuk, tiket setiap wahana, sampai biaya parkir.  Bila hasil pengalokasian 15% untuk biaya ini sangat sedikit, Kawanjo bisa pilih obyek wisata gratis atau yang murah. Toh yang seperti ini banyak yang juga indah dan mempesona. 

2. Oleh-oleh

Oleh-oleh atau buah tangan bisa membuat orang-orang di sekeliling kita semakin senang saat kita pulang. Lagi-lagi, Kawanjo bisa menggunakan internet untuk mencari pusat oleh-oleh khas sebuah daerah. Dari sana Kawanjo juga akan mengetahui harga dan spesifikasi barang atau makanan yang bisa dibeli. Sesuaikan dengan uang yang ada, ya. Sekitar 15% dari anggaran wisata. Jangan sampai kalap saat berbelanja.

3. Anggaran tak terduga

Berfungsi bila terjadi hal-hal yang di luar rencana. Bila memang masih utuh, besaran 10% dari biaya wisata, bisa dimasukkan ke rencana wisata selanjutnya.

Tetap hemat, open trip paket wisata pilihan bagi yang tidak suka ribet

Tetap hemat, open trip paket wisata pilihan bagi yang tidak suka ribet
Tetap hemat, open trip paket wisata pilihan bagi yang tidak suka ribet

Bila Kawanjo enggan membandingkan sana-sini, ada bentuk wisata yang lebih memudahkan Kawanjo untuk mengatur keuangan. Yaitu memilih open trip atau paket wisata dari agen traveling. Dari bentuk ini, transportasi, akomodasi, konsumsi, dan tiket masuk obyek wisata sudah diatur. Kawanjo tinggal mengikuti isi paketnya. Biaya yang terakumulasi bisa jadi referensi kebutuhan total. Sesuaikan dengan uang wisata yang dipunya, tinggal menambah biaya membeli oleh-oleh bila diperlukan.

Baca juga : Terobosan wisata terbaru 2022

Mengatur sesuatu di awal memang nampak ribet. Namun apabila segalanya teratur, wisata bisa berjalan sesuai jalur. Rencana yang matang, hanya kebahagiaan yang didulang. Tak mau kan, bila uang di tangan sekedar keluar tanpa batasan. Bisa-bisa liburan belum selesai, uang sudah menipis. Boncos deh! Jangan sampai, lah! Karena itu, anggaran liburan harus joss dan keren!

0 comments on “Anggaran Berwisata Joss, Ini Tips Liburan Budget Minim Anti Boncos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.