Cara Menggunakan Suno AI
Technology

Buat Lagu dengan Mudah, Ini Cara Menggunakan Suno AI!

jika bisa menghasilkan karya sendiri, membuat lagu bersama Suno AI yang canggih dan merdu terdengar. Menyesuaikan dengan keinginan dan kondisi perasaan. 

Bermain musik jadi salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan saat senggang. Atau sedang butuh hiburan? Cocok juga pastinya, alunan nada-nada yang terdengar bisa mengusir gundah gulana. Apalagi jika bisa menghasilkan karya sendiri, berikut sedikit bocoran cara menggunakan Suno AI untuk membuat lagu. Tentunya kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan dan kondisi perasaan.

Ketika hidup semakin dipermudah dengan teknologi artifisial, kehadiran Suno AI menjadi solusi dalam dunia alunan nada. Penggunanya bisa dengan mudah menciptakan karya musik dengan usaha minimal. Tak perlu banyak usaha dan menunggu lama, lagu baru bisa tercipta dengan seketika.

Apa itu Suno AI? 

Apa itu Suno AI
Apa itu Suno AI

Suno AI adalah sebuah platform yang menggabungkan kecerdasan buatan dengan algoritma canggih dengan tujuan mewujudkan ide-ide  musik berkualitas. Program pembuatan musik ini dirancang untuk menghasilkan lagu-lagu realistis yang menggabungkan vokal dan instrumen, atau musik instrumental saja. Sehingga, bisa dibilang, Suno adalah seorang teman virtual yang membantu untuk menciptakan karya, meskipun Kawanjo bukan ahli musik sekalipun.

Baca Juga: Berwisata di Rute Kereta Panoramic Indonesia

Sejarah Suno AI

Tim pengembang Suno merupakan musisi dan pakar kecerdasan buatan yang berbasis di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Tim ini berisi dari berbagai perusahaan teknologi pionir seperti Meta, TikTok, dan Kensho, tempat tim pendiri Suno bekerja sama sebelum akhirnya memulai langkah mengembangkannya.

Sebelumnya, pada bulan April 2023, Suno merilis Bark yakni AI yang bisa mentransformasi teks menjadi audio. Yakni yang berbentuk percakapan manusia maupun bahasa nonverbal seperti tertawa, menangis, mendesah, dan lainnya. Pada 20 Desember 2023, Bark pun dirilis dalam nama Suno. Kemudian di tanggal 21 Maret 2024, Suno merilis versi terbaru berjudul V3 untuk semua pengguna. Versi ini memungkinkan pengguna untuk membuat lagu berdurasi 2 menit dalam jumlah terbatas jika menggunakan akun gratis. Jika ingin membuat lebih banyak, Kawanjo tinggal berlangganan bulanan atau tahunan yang berbayar.

Apa Manfaat Suno AI? 

Apa Manfaat Suno AI
Apa Manfaat Suno AI

Baik bagi seorang musisi profesional maupun sekedar iseng, Suno bisa diandalkan. Alat ini lebih rincinya bisa digunakan untuk:

  1. Mampu menjawab berbagai keperluan seperti menganalisis data hingga mengenali wajah dan memproses bahasa alami.
  2. Menghasilkan ide-ide baru dengan mengeksplorasi variasi musik untuk berbagai keperluan.
  3. Menciptakan musik yang menjadi latar belakang untuk film, permainan video, atau proyek multimedia lainnya yang butuh kreativitas tinggi.
  4. Membuat lagu dari berbagai genre musik dengan penyanyi yang beragam karakter suaranya.
  5. Menciptakan lagu atau musik instrumental sesuai selera pengguna karena fitur kustomisasinya yang fleksibel.
  6. Lagu atau musik yang tercipta bisa jadi inspirasi untuk karya musik yang lebih serius. Atau bisa jadi Suno dikolaborasikan dengan karya yang telah ada sebelumnya.
  7. Suno bisa menghasilkan musik yang sesuai dengan suasana hati atau pesan khusus yang hendak disampaikan. Sebab Suno memiliki kemampuan dalam mengenali dan mereproduksi berbagai emosi melalui musik.

Baca Juga: Efektif bin Efisien, 8 Tips Browsing di Google!

Fitur Unggulan Suno AI

Fitur Unggulan Suno AI
Fitur Unggulan Suno AI

Sebagai sebuah platform kecerdasan artifisial, Suno AI unggul dalam beberapa hal. Diantaranya:

  1. KustomisasiSuno AI memberikan berbagai opsi kustomisasi sehingga Kawanjo dapat menciptakan lagu sesuai keinginan.
  2. Kemudahan PenggunaanBentuk tampilan grafis Suno ramah pengguna dan praktis. Sehingga Suno  gampang digunakan oleh siapapun, termasuk pemula.
  3. Kualitas TinggiSuno AI memiliki kualitas tinggi dan memberikan kesan yang autentik. Dengan memberikan prompt yang tepat, musik yang dihasilkan akan menjadi karya yang spektakuler.

Cara Menggunakan Suno AI

Cara Menggunakan Suno AI
Cara Menggunakan Suno AI

Tak sabar ingin membuat sebuah lagu untuk mengekspresikan hati yang terpendam? Kawanjo bisa melakukan langkah berkarya menggunakan Suno berikut ini:

  1. Kunjungi Situs Suno AILangkah awal adalah buka situs resmi Suno AI. Silakan membuat akun bila baru pertama kali menggunakan. Jika sudah terdaftar, masuk saja sebagai pengguna.

    Di laman utama Suno, Kawanjo akan melihat banyak karya-karya audio yang sebelumnya sudah pernah dibuat. Layaknya showcase, Kawanjo bisa memilih dan mendengarkan karya-karya pengguna lain, untuk kemudian bisa di like, share, add to playlist ataupun di reuse. Layaknya Instagram yang bisa menjadikan pameran foto, maka Suno bagaikan Spotify yang menyediakan lagu-lagu.

  2. Tentukan Deskripsi LaguPilih genre musik atau suasana lagu. Di sini penting untuk tahu karakteristik tiap genre sehingga Kawanjo bisa mendapatkan lagu yang lebih cocok.

    Jika tidak menyiapkan lirik,  nonaktifkan mode custom dan tulis apa yang ingin Kawanjo buat. Deskripsikan lagu yang diinginkan pada kotak prompt yang tersedia. Namun jika sudah membuat lirik, aktifkan mode custom lalu tulis lirik yang sudah dibuat ke dalam kolom tersebut.

    Jika sudah memiliki lirik, cantumkan saja untuk membuat melodinya. Atau hanya ingin musik instrumental? Pilih saja pada opsi yang disediakan.

  3. Pilih Preferensi MusikSuno AI memberikan banyak opsi kustomisasi. Kawanjo bisa memilih berbagai elemen musik seperti tempo, instrumen, dan harmoni sesuai selera.
  4. Klik Tombol “Create”Setelah puas dengan pengaturan yang ditentukan, klik tombol Create. Biarkan Suno AI memproses dengan cerdas.
  5. Tunggu HasilnyaSuno AI akan mulai menciptakan lagu berdasarkan deskripsi yang  diberikan. Tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  6. Pratinjau dan SimpanSetelah lagunya jadi, cobalah dengarkan pratinjaunya. Jika suka, Kawanjo bisa menyimpan lagu tersebut. Jika masih ada yang kurang, utak-atik prompt yang sebelumnya diberikan pada Suno.

Apakah Suno Berbahaya bagi Industri Musik? 

Jika sebelumnya sebuah lagu adalah karya kreatif musisi dan dibawakan dengan sepenuh hati oleh penyanyi, kini dengan Suno banyak lagu tercipta seketika. Jika sebelumnya banyak orang yang mahir di bidang musik untuk mengerjakan sebuah lagu mulai dari memilih kata untuk lirik hingga menata nada tiap nada dalam instrumen, kini dengan Suno semua bisa membuat lagu. Maka, apakah Suno akan menghilangkan profesi musisi dan menggempur dunia musik humanis?

Bagaimanapun, teknologi adalah kawan bagi manusia. Seperti AI yang diterapkan dalam lini kehidupan lain, Suno AI bisa jadi sahabat untuk musisi. Memberikan keleluasaan untuk berkarya lebih baik dan produktif. Semisal saat seorang musisi mengalami mati gaya atau kehabisan ide. Dengan Suno, bisa jadi ide-ide baru akan mbrudul. Atau bagi konten kreator terutama pembuat video, tak akan bingung mencari backsong yang free copyright. 

Suno AI sendiri berkomitmen untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual para seniman. Yakni dengan batasan-batasan dalam pembuatan lagu yang meniru style musisi tertentu. Dia akan menolak jika ada permintaan untuk menggunakan suara seorang musisi. Bahkan lebih lanjut akan dikembangkan fitur watermark dimana bisa dibedakan mana musik yang dibuat oleh Suno, dan mana yang asli buatan tangan manusia.

Suno AI menjadikan semua orang bisa membuat lagu. Mengekspresikan diri dalam nada dan irama serta lirik yang indah. Bahkan dalam aplikasi kecerdasan artifisial ini Kawanjo juga bisa saling menunjukkan karya musik dengan pengguna lain. Industri musik pun jadi semakin beragam dengan adanya Suno.

1 comment on “Buat Lagu dengan Mudah, Ini Cara Menggunakan Suno AI!

  1. Ningrum

    Masya Allah luar biasa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.