Tips Browsing di Internet Menggunakan Mesin Pencari Google
Technology

Efektif bin Efisien, 8 Tips Browsing di Google!

Ingin mencari tempat wisata paling hits? Tenang, tanya (Mbah) Google! Semua informasi ada di sana! Biar nggak bingung, berikut tips browsing di Google!

Ingin mencari tempat wisata paling hits? Atau penasaran dengan kuliner viral? Atau hendak membetulkan barang rusak namun tidak tahu caranya? Tenang, tanya (Mbah) Google! Semua informasi ada di sana! Supaya saat mengoperasikannya lebih efektif dan efisien, ada tips browsing di Google. Jadi Kawanjo bisa menghemat waktu saat berselancar mencari suatu informasi.

Pengertian Mesin Pencari

Pengertian Mesin Pencari
Pengertian Mesin Pencari dan tips browsing di Google.

Bukan dukun apalagi ahli nujum. Mesin pencari sangat penting bagi kehidupan manusia jaman sekarang. Karena dengan mudahnya mesin pencari memberikan segala informasi yang dibutuhkan. Mesin pencari adalah perangkat penelusur informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. 

Hasil pencarian biasanya ditampilkan dalam bentuk list yang diurutkan sesuai tingkat akurasi juga jumlah pengunjung dari suatu berkas. Informasi yang didapat dari pencarian bisa berupa beragam jenis seperti halaman situs web, gambar, video, audio, dan lainnya. 

Baca Juga : Ide Hampers Lebaran Unik, Ini Tips dan Contohnya!

Manfaat Menggunakan Mesin Pencari

Manfaat Menggunakan Mesin Pencari
Manfaat Menggunakan Mesin Pencari

Di era teknologi informasi yang berkembang pesat, kehidupan sehari-hari kini tak bisa lepas dari peran mesin pencari. Apapun bisa ditanyakan, sehingga mesin pencari memang bisa mempermudah hidup manusia. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Kawanjo dapatkan dari menggunakan mesin pencari:

  1. Sumber informasi yang ada di internet sehingga manusia bisa mendapatkan apa yang dibutuhkan. Sesuai dengan yang dibutuhkan pastinya.
  2. Dari seluruh pengguna internet, 90% diantaranya mencari sebuah lokasi melalui mesin pencari
  3. Mesin pencari membantu pertumbuhan ekonomi. Di negeri luar Indonesia porsi penjualan yang dilakukan melalui internet sudah hampir mencapai 20% dari keseluruhan transaksi tahunan.
  4. Kawanjo bisa mendapatkan dan mengenal seseorang dengan lebih dalam. Tinggal ketik nama dan informasi tentang seseorang akan didapatkan.

Mesin Pencari Populer

Mesin Pencari Populer
Mesin Pencari Populer

Ternyata ada mesin pencari selain Google. Terdapat ribuan mesin pencari yang ada di internet. Kemampuan kapasitas mesin tersebut akan selalu tumbuh dari waktu ke waktu. Berikut ini adalah beberapa mesin pencari yang populer digunakan dalam berselancar:

  1. Google ( http://www.google.com/ )
  2. Yahoo ( http://www.yahoo.com/ )
  3. Microsoft ( http://www.bing.com/ )
  4. Open Directory ( http://www.dmoz.com/ )
  5. Baidu ( http://www.baidu.com )
  6. Bing ( http://www.bing.com/ )
  7. AOL ( http://www.aol.com )

Google sendiri merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan pengguna internet. Pada tahun 2007,  penggun Google sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%). Google memiliki miliaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya. Termasuk Pencarian Gambar, Google Product Search atau situs perbandingan harga, Google News, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.

Baca Juga : Aman dan Nyaman, Inilah Tips Memilih Alas Kaki untuk Trekking dan Wisata Lainnya

Tips Browsing di Google

Tips Browsing di Internet Menggunakan Mesin Pencari Google
Tips browsing di Google

Kini, hampir semua pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka. Sekaligus memberikan solusi atas masalah yang mereka hadapi. Hanya dengan menuliskan atau menyebutkan kata kunci atau keyword, segala saran jawaban tampil di laman hasil pencarian.

Google sebagai salah satu mesin pencari menjadi favorit banyak orang. Dengan mengetahui cara-cara praktis dalam menggunakannya, Kawanjo bisa berselancar lebih cepat dan tepat. Simak, inilah Tips browsing di Google. Dijamin berselancar lebih efektif bin efisien:

  1. Gunakan tanda petik dua (“…”)

Untuk hasil pencarian yang sesuai dengan kalimat yang diketik termasuk urutan katanya, gunakan tanda petik pada kata kunci. Misalnya “wisata di Kuta Selatan Bali”. Maka, artikel yang muncul adalah yang mengandung kalimat serupa. Tanpa dikurangi maupun ditambah serta diubah urutan katanya.

  1. Gunakan tanda tilde/gelombang (~)

Untuk mencari keyword lain yang masih berhubungan dengan kata kunci pencarian yang dimasukkan, gunakan tilde/tanda gelombang (~). Semisal hendak mencari ~rekreasi di Bali. Maka mesin pencari akan menampilkan hasil yang berhubungan dengan kata kunci. Selain tempat rekreasi di Bali, jawaban lain seperti destinasi wisata, tempat liburan, dan sebagainya akan muncul.

  1. Gunakan tanda hubung (-)

Eliminasi hasil pencarian dengan menyembunyikan kata-kata tertentu. Misal, kuliner Padang-pedas. Maka hasil yang muncul akan menyembunyikan kata pedas.

  1. Gunakan tanda bintang (*)

Supaya bisa memperoleh hasil pencarian yang lebih luas dan populer di Google, Kawanjo bisa menggunakan tanda bintang (*) pada keyword yang digunakan. Contohnya *ikan bakar Jimbaran. Hasil yang disampaikan google berhubungan dengan kata kunci. Seperti resep ikan bakar Jimbaran, restoran ikan bakar Jimbaran, harga ikan Bakar Jimbaran dan lainnya.

Baca Juga : Anggaran Berwisata Joss, Ini Tips Liburan Budget Minim Anti Boncos

  1. Gunakan tanda pipe (|)

Tanda pipe (|) digunakan untuk mencari keyword lebih dari satu. Seperti Jakarta|Depok|Tangerang. Hasil yang tampil akan membahas tentang 3 kata kunci tersebut.

  1. Gunakan dua tanda titik (..)

Untuk hasil informasi di google pada rentang waktu tertentu, gunakan tanda titik dua kali. Semisal Kharisma Event Nusantara 2021..2023

  1. Sertakan format file

Terkadang pengunduhan diperlukan semisal untuk format file document. Akan lebih efektif dan efisien bila Kawanjo menyertakan sekaligus format file yang dibutuhkan dalam keyword. Contohnya riset pariwisata pdf. Keuntungannya, Kawanjo bisa lebih cepat memilah kemudian mengunduh jawaban Google yang dibutuhkan.

  1. Ctrl+shift+T

Ingin membuka tab pencarian google chrome yang baru saja Kawanjo tutup? Cukup tekan Ctrl+shift+T, dengan mudah dan cepat, halaman yang diinginkan akan dibuka dengan tepat. Mudah dan cepat, bukan?

Kehidupan tak bisa lepas dari internet. Dan bagian penting internet adalah mesin pencari terutama Google. Ya, supaya lebih cepat dan tepat guna, ada beberapa tips browsing di Google tadi. Termasuk mencari destinasi wisata selanjutnya dong pastinya!

0 comments on “Efektif bin Efisien, 8 Tips Browsing di Google!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.