Makanan untuk Menaikkan Trombosit
Health

Cek, Ini 6 Makanan untuk Menaikkan Trombosit!

Trombosit sangatlah penting bagi manusia. Jika jumlahnya dalam darah turun, terjadilah efek yang buruk dan mengganggu. Beberapa cara alami bisa dilakukan termasuk mengkonsumsi makanan untuk menaikkan trombosit. 

Trombosit sangatlah penting bagi manusia. Jika jumlahnya dalam darah turun, terjadilah efek yang buruk dan mengganggu. Beberapa cara alami bisa dilakukan termasuk mengkonsumsi makanan untuk menaikkan trombosit.

Trombosit adalah bagian dari darah yang berperan dalam pembekuan. Trombosit bisa menempel dan membentuk gumpalan di area luka, sehingga pendarahan bisa berhenti. Adapun trombosit normal di dalam tubuh apabila berjumlah 150.000 hingga 400.000 trombosit per mikroliter darah.

Fungsi Trombosit

Fungsi Trombosit
Fungsi Trombosit

Trombosit menjadi penting karena beberapa fungsinya untuk tubuh. Yaitu:

  1. Melawan Virus. Fungsi trombosit adalah untuk melawan virus yang masuk ke tubuh. Jika jumlah trombosit di dalam tubuh ternyata rendah alias di bawah normal, tubuh bisa mudah diserang berbagai macam penyakit yang disebabkan virus.
  2. Mencegah Kehilangan Darah. Fungsi trombosit adalah untuk menyumbat pembuluh darah yang rusak. Jadi, trombosit dalam keadaan normal akan bersirkulasi melalui aliran darah ke seluruh tubuh. Setelah menemukan kerusakan pada salah satu pembuluh, trombosit akan melekat pada permukaan yang rusak. Setelah itu trombosit mengeluarkan zat serotonin dan histamin yang menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah oleh otot-otot kecil di dindingnya.
  3. Membekukan darah. Trombosit berperan dalam pembekuan darah melalui serangkaian langkah. Ketika terjadi luka atau cedera pada pembuluh darah, trombosit akan menempel pada bagian yang rusak tersebut. Mereka kemudian melepaskan zat-zat kimia yang merangsang pembentukan bekuan darah.

Selanjutnya, trombosit berubah bentuk menjadi bentuk yang lebih lengket dan menempel satu sama lain serta pada dinding pembuluh darah yang rusak. Proses ini membentuk gumpalan yang disebut bekuan darah, yang membantu menghentikan perdarahan.

Baca Juga: 3 Manfaat Coklat Almond untuk Ibu Hamil, Salah Satunya Bikin Bahagia 

Penyebab Trombosit Turun

Penyebab Trombosit Turun
Penyebab Trombosit Turun

Trombositopenia adalah kondisi dimana jumlah trombosit ada di bawah normal. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kondisi medis, penggunaan obat-obatan tertentu, dan masalah dalam produksi atau penghancuran trombosit dalam tubuh.

Beberapa penyebab umum penurunan trombosit meliputi gangguan sumsum tulang, seperti leukemia atau anemia aplastik, di mana produksi trombosit terganggu. Selain itu, penyakit autoimun, seperti lupus, juga dapat menyebabkan penurunan trombosit karena sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel trombosit. Penyakit demam berdarah yang sedang marak menjangkiti penduduk Indonesia juga mampu menurunkan junlah trombosit.

Penggunaan obat, seperti kemoterapi atau antibiotik tertentu, juga dapat menyebabkan penurunan trombosit sebagai efek samping. Selain itu, penggunaan alkohol berlebihan juga dapat mempengaruhi fungsi trombosit. Penting untuk memeriksakan diri ke dokter untuk menentukan penyebab pasti penurunan trombosit. Sehingga bisa menentukan cara mengatasi trombosit turun dengan tepat

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh

Makanan Untuk Menaikkan Trombosit

Makanan Untuk Menaikkan Trombosit
Makanan Untuk Menaikkan Trombosit

Ada beberapa cara menaikkan trombosit yang bisa dilakukan. Pada beberapa kasus tertentu memang dokter menyarankan tindakan medis berupa transfusi. Dengan analisis dan teknik tepat, cara menaikkan trombosit dalam sehari ini bisa dilakukan. Namun mengkonsumsi makanan yang bisa menaikkan trombosit juga bisa dilakukan dengan cara yang lebih alami.

Berikut adalah makanan yang bisa dikonsumsi sebagai cara trombosit cepat naik:

Makanan yang kaya akan nutrisi tertentu dapat membantu meningkatkan produksi trombosit dalam tubuh. Beberapa contohnya meliputi:

  1. Buah-buahan beri
    Buah-buahan beri
    Buah-buahan beri

    Buah-buahan seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung antioksidan. Sehingga dapat mendukung kesehatan sel darah dan meningkatkan produksi trombosit.

  2. Sayuran hijau. Sayuran seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan vitamin dan mineral. Termasuk vitamin K yang penting untuk pembentukan trombosit.
  3. Kacang-kacangan dan biji-bijian
    Kacang-kacangan dan biji-bijian
    Kacang-kacangan dan biji-bijian

    Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang tanah, serta biji bunga matahari dan biji labu mengandung zat besi dan asam folat yang penting untuk produksi trombosit.

  4. Makanan serta minuman yang kaya vitamin C
    Makanan serta minuman yang kaya vitamin C
    Makanan serta minuman yang kaya vitamin C

    Buah jeruk, paprika, dan jambu biji merupakan sumber vitamin C yang baik. Zat ini dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh dan mendukung pembentukan trombosit.

    Adapun jenis makanan ini menjadi cara menaikkan trombosit pada anak favorit. Yakni dengan cara menjadikannya jus untuk menaikkan trombosit. Tinggal lumatkan buah dan sayur, trombosit akan cepat naik. Sebagai saran, hindari penggunaan gula supaya vitamin C nya bisa bekerja maksimal.

  5. Protein hewani dan nabati
    Protein hewani dan nabati
    Protein hewani dan nabati

    Konsumsi daging tanpa lemak, ikan, telur, dan produk susu rendah lemak dapat membantu meningkatkan produksi trombosit. Kandungan zat besinya bisa menaikkan trombosit dalam tubuh. Disamping itu, protein nabati dari kacang-kacangan, biji-bijian, dan kedelai juga penting untuk kesehatan sel darah.

  6. Minyak ikan. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3, yang memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Memasukkan makanan untuk menaikkan trombosit yang telah disebutkan di atas ke dalam pola makan seimbang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Jangan lupa imbangi dengan pola hidup sehat. Seperti olahraga, kelola stres, hindari alkohol dan rokok, serta hidrasi tubuh dengan baik.

0 comments on “Cek, Ini 6 Makanan untuk Menaikkan Trombosit!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.