PigiNews

Danau Toba Siap Sambut Kejuaraan Dunia F1 Powerboat dan Aquabike Jetski Championship 2024

danau toba,

Dalam rangka mencapai target peningkatan perjalanan domestik yang ambisius serta potensi pemasukan pariwisata yang besar bagi Indonesia, yakni program Bangga Berwisata di Indonesia, pemerintah melalui Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo RM Manuhutu, telah menginisiasi langkah-langkah strategis. Salah satunya adalah mendorong event internasional di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), termasuk Danau Toba. Program ini memiliki target peningkatan perjalanan domestik sebesar Rp 1,25 miliar hingga Rp 5 miliar perjalanan pada 2024 dengan potensi pemasukan pariwisata mencapai Rp 3.500 triliun.

Baca juga: Tahura Ngurah Rai Bali Bakal Jadi Venue World Water Forum ke-10

danau toba, f1 powerboat,
Press Conference F1 PowerBoat, Danau Toba, 2024

Pada 2-3 Maret 2024 mendatang, Danau Toba di Sumatera Utara akan menjadi saksi kehadiran F1 Powerboat dan Aquabike Jetski Championship. Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney, Maya Watono, menegaskan bahwa F1 Powerboat akan menyajikan perlombaan air berkelas internasional di latar belakang Danau Toba yang memukau.

Perlombaan tersebut akan dipadukan dengan beragam festival budaya, penampilan band papan atas, dan kegiatan memikat lainnya. Tiket untuk menyaksikan aksi para pembalap dan hiburan lainnya telah tersedia secara daring dan luring, dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, ajang ini juga menjadi momentum bagi para atlet jetski lokal dengan diselenggarakannya AIC (Aquabike Indonesia Championship) yang akan menjadi ajang pembinaan atlet jetski lokal dalam rangka persiapan untuk Aquabike World Championship selanjutnya. Tak hanya itu, tradisi lokal masyarakat sekitar Danau Toba, seperti Kompetisi Solu Bolon atau perahu naga, juga akan diangkat kembali dalam kompetisi yang memperebutkan hadiah total senilai 250 juta rupiah ini.

Baca juga: Pink Beach Labuan Bajo Masuk Daftar 20 Pantai Terbaik Dunia

danau toba, f1 powerboat,
Ajang balap perahu motor F1Powerboat akan digelar di Danau Toba pada 2-3 Maret 2024.

Persiapan untuk event akbar ini telah mencapai tahap hampir 100 persen, dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk masyarakat lokal dan pelaku UMKM. Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Troy Reza Waroka, menjelaskan bahwa persiapan ini melibatkan pengiriman perlengkapan dan pembalap yang melibatkan pula masyarakat lokal. Ini diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat setempat.

Dengan segala upaya ini, diharapkan kehadiran kejuaraan dunia F1 Powerboat dan Aquabike Jetski Championship 2024 di Danau Toba akan menjadi magnet bagi wisatawan, serta memberikan dampak positif bagi ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat sekitar.

0 comments on “Danau Toba Siap Sambut Kejuaraan Dunia F1 Powerboat dan Aquabike Jetski Championship 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.