Wisata Umbul Ponggok
Local Experiences

7 Keunikan Wisata Umbul Ponggok Klaten, Bisa Foto Dalam Kolam

Merasa sudah berulangkali snorkeling dan diving, hingga butuh referensi yang lebih seru? Coba ke wisata Umbul Ponggok yang sangat unik.

Merasa sudah berulangkali snorkeling dan diving, hingga butuh referensi yang lebih seru? Coba ke wisata Umbul Ponggok aja!

Pertama kali ada di dunia, tempat yang menyediakan wahana menyelam di kolam. Tak sembarangan, siapapun yang sudah mencobanya akan puas dan merasa bahagia. Bukan hanya diving ataupun snorkeling, bahkan Kawanjo bisa merasakan sensasi berjalan di dalam air, juga berfoto sambil naik sepeda motor atau duduk menghadap televisi. Airnya jernih dengan ikan beraneka ragam yang berenang tanpa gentar. Luar biasa!

Lokasi Wisata Umbul Ponggok 

Lokasi Wisata Umbul Ponggok
Lokasi Wisata Umbul Ponggok

Segera saja rencanakan berlibur untuk mendapatkan pengalaman istimewa. Kawanjo bisa pergi langsung ke lokasi di Jalan Delanggu Polanharjo, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Tak perlu khawatir menghadapi perjalanan yang melelahkan. Sebab akses menuju Umbul Ponggok sangatlah mudah. Jaraknya dari alun-alun Klaten kurang lebih hanya 25 menit. Sedangkan bila Kawanjo berangkat dari kota Yogyakarta, cukup melakoni perjalanan selama kurang lebih 1 jam.

Baca juga: 4 Rekomendasi Gunung untuk Pemula di Jawa Tengah

Biaya Masuk Wisata Umbul Ponggok

umbul ponggok,
Salah satu style foto di Umbul Ponggok.

Salah satu kelebihannya lagi, Umbul Ponggok juga menawarkan kesempatan rekreasi yang murah meriah. Bila dibandingkan dengan keseruan yang didapatkan, biaya tiket masuk Umbul Ponggok memang tidak membuat menyesal. Hanya Rp 15.000 saja per orang. Ada tambahan harga untuk ongkos sewa peralatan menyelam dan berenang, juga jasa berfoto underwater yang ditangani oleh fotografer profesional. Jam operasionalnya adalah dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

Keunikan Wisata Umbul Ponggok 

Keunikan Wisata Umbul Ponggok
Keunikan Wisata Umbul Ponggok

Tempat wisata yang tidak biasa adalah destinasi yang siap memberikan pengalaman berharga dan sulit terlupakan. Begitupun Umbul Ponggok yang dengan keunikannya mampu menarik hati banyak pengunjung.

Ada banyak hal yang bisa jadi pertimbangan untuk segera datang dan bersenang-senang ke Umbul Ponggok:

  1. Air Jernih dan Segar

    Dengan luas 50 meter kali 25 meter dan kedalaman kolam antara 1,5 sampai 2,6 meter, air yang mengisi kolam nampak jernih. Kawanjo bahkan bisa melihat dari permukaan, betapa lincahnya ikan-ikan yang berenang di dalam kolam. Uniknya, meskipun terdapat banyak ikan di sini, airnya tidaklah berbau amis. Hal ini disebabkan oleh sumbernya yang terus mengalir, berasal langsung dari mata air. Untuk anak kecil atau balita yang ingin bermain basah-basahan, tidak perlu khawatir, sebab di Umbul Ponggok juga menyediakan kolam khusus dengan kedalaman kolam kurang lebih 60 cm.

  2. Banyak Ikan Jinak

    Ikan yang berseliweran di dalam kolam menjadi daya tarik tersendiri. Mereka berenang bebas, baik berkelompok maupun tidak. Beraneka ukuran dan warna, seolah tidak takut meskipun banyak wisatawan yang sedang menyelam. Justru para ikan menghampiri dan mengerumuni penyelam. Keunikan ini tercipta bukan tanpa proses. Dulu, kolam yang ada penuh dengan lumut. Susah sekali dihilangkan. Hingga tercetuslah ide untuk memasukkan ikan ke dalamnya. Walhasil, karena hewan ini memakan lumut, terjadilah simbiosis mutualisme. Lama kelamaan kolam menjadi semakin bersih dan airnya semakin jernih.Ikan terus beranak pinak dan oleh pengelola dipelihara dengan baik. Setiap pagi dan sore hari mereka akan diberi makan. Akhirnya para ikan merasa nyaman hidup di kolam dan jinak terhadap manusia. Mereka tak gentar dengan tingkah polah manusia yang sedang menyelam.

  3. Dulu Tak Seindah Sekarang

    Keberadaan ikan menjadi salah satu solusi atas masalah yang dihadapi Umbul Ponggok sebelumnya. Ya, tempat wisata alam dengan view menarik di Klaten ini dulunya ternyata sangatlah kotor. Warga sekitar menggunakan kolam untuk keperluan MCK tanpa ada kepedulian menjaga kebersihan. Beruntung ada sekelompok dari mereka yang peduli lingkungan dan berupaya maksimal. Jadilah Umbul Ponggok yang sampai sekarang dikelola bersama oleh pihak desa.

  4. Sejarah di Balik Umbul Ponggok

    Warga yang peduli dengan lingkungan sekitar paham, bahwa Umbul Ponggok bukan hanya spot menarik. Namun di dalamnya juga terkandung nilai historis. Kolam ini telah ada sejak jaman Kerajaan Mataram Kuno. Sumber mata air yang ada digunakan untuk berbagai keperluan ritual persembahyangan yang sakral, juga menjadi tempat pembersihan jiwa serta mencuci benda-benda pusaka ampuh. Kemudian pada saat era penjajahan, Belanda menggunakan umbul ini sebagai bagian dari pabrik gula. Singkat cerita, pabrik tersebut berhenti beroperasi dan umbul digunakan oleh warga.

  5. Asal Penamaan

    Selain karena menggunakan nama daerahnya, ternyata penamaan Umbul Ponggok ada beberapa versi. Yang pertama berkaitan dengan masa kolonial, ketika Belanda membangun pipa-pipa saluran air untuk pabrik gula. Melihat pipa yang berbentuk bengkok, penduduk setempat kemudian menyebutnya dengan Ponggok. Yang kedua adalah didasarkan pada adanya burung ponggok. Jenis burung hantu ini suka bertengger di pohon setiap sore. Bunyinya ‘Gooook’ sehingga warga lama kelamaan menyebut daerah tersebut dengan nama Ponggok.

  6. Pengibaran Bendera dari Dasar Kolam

    Anti mainstream, sungguh tidak biasa momen pengibaran bendera Merah Putih dari dalam air. Hanya di Umbul Ponggok Klaten, fenomena ini terjadi, yakni dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI pada tahun 2023.  Pengibaran bendera dilakukan oleh TNI AL bersama SAR, mahasiswa, pengelola, dan masyarakat sekitar Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo.

  7. Daya Tarik Wisata Umbul Ponggok

    Tempat wisata Klaten ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Daya tariknya sangatlah kuat dengan keindahan dan keunikan perairan yang ada. Kawanjo bisa snorkeling, diving, bahkan berjalan di dalam air. Tak perlu ahli untuk bisa merasakan sensasi seru menikmati keindahan kolam. Sebab ada persewaan alat selam untuk yang belum bisa berenang.Di dalam air, Kawanjo juga bisa bermain dengan ikan-ikan yang lucu. Mereka bukannya menghindar, justru akan mengerubungi siapapun yang datang. Maka, ketika Kawanjo berfoto, para ikan akan menemani dan menghiasi layar belakang potret yang dihasilkan.

Baca juga: 5 Alasan ke Lokawisata Baturraden Banyumas Jawa Tengah!

Menarik pastinya bila bisa memajang foto ketika berada di dalam air. Apalagi spot foto Umbul Ponggok sangatlah instagenic. Mulai dari sepeda hingga kursi dengan televisi. Hebatnya, fotografer yang bekerja adalah para ahli pemotretan bawah laut. Jadi dijamin potret yang dihasilkan bisa meraih like terbanyak di media sosial!

0 comments on “7 Keunikan Wisata Umbul Ponggok Klaten, Bisa Foto Dalam Kolam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.