desa selamanik,
Local Experiences

Ragam Aktivitas Menarik di Desa Wisata Selamanik

Bosan dengan tempat healing yang gitu-gitu aja? Kawanjo bisa memilih Desa Wisata Selamanik Ciamis yang menawarkan pengalaman berwisata yang berbeda dari yang lain.

Bosan dengan tempat healing yang gitu-gitu aja? Coba deh, main ke dewsa wisata. Desa Wisata Selamanik Ciamis adalah salah satu yang patut Kawanjo coba. Desa ini terletak di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sekitar 13 km dari pusat kota.

Desa ini memiliki tiga dusun yang masing-masing memiliki potensi wisata yang beragam, yaitu Dusun Cikananga, Dusun Cikembang, dan Dusun Selacai. Di desa ini, Kawanjo bisa menikmati keindahan alam, kekayaan budaya, dan kearifan lokal yang masih terjaga.

Mampir ke Kampung Wijayakusuma

Kampung KB Wijayakusuma merupakan salah satu kampung yang menjadi ikon Desa Wisata Selamanik Ciamis. Kampung ini adalah kampung yang berhasil menerapkan program Keluarga Berencana (KB) dengan baik dan mendapatkan berbagai penghargaan.

Kampung KB Wijayakusuma memiliki lingkungan yang bersih, sehat, dan tertata, serta memiliki homestay yang nyaman dan ramah lingkungan. Bukan melulu tentang keluarga berencana, di kampung ini Kawanjo juga bisa belajar tentang dunia pertanian, perikanan, dan lingkungan, serta melihat berbagai produk unggulan dari kelompok wanita tani dan kelompok tani hutan.

Baca juga: Desa Wisata Penglipuran, Dari Terbersih Jadi Terbaik di Dunia!

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Desa Wisata Selamanik

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Desa Wisata Selamanik
Desa Wisata Selamanik

Harga tiket masuk ke Kampung KB Wijayakusuma adalah Rp5.000 per orang. Sedangkan  biaya parkirnya sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Jam buka kampung ini adalah setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Tips dan Fasilitas

Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Kampung KB Wijayakusuma adalah:

  • Bawa pakaian dan perlengkapan yang sesuai dengan cuaca dan aktivitas yang akan Kawanjo lakukan di kampung ini.
  • Hormati dan hargai masyarakat lokal yang tinggal di kampung ini dengan tidak mengganggu, merusak, atau mengambil barang-barang milik mereka tanpa izin.
  • Ikuti arahan dan petunjuk dari pemandu lokal yang akan memberikan informasi dan penjelasan tentang kampung ini.
  • Jaga kebersihan dan keselamatan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau melakukan hal-hal yang berbahaya.

Sedangkan fasilitas yang tersedia di Kampung KB Wijayakusuma berupa tempat parkir, kamar mandi, homestay, warung makan, dan lainnya.

Menyaksikan Gelaran Seni Budaya di Dusun Cikembang

Gelaran Seni Budaya adalah salah satu acara yang menjadi tradisi di Desa Wisata Selamanik Ciamis. Acara ini biasanya digelar setiap tahun pada bulan Maret atau April, bertepatan dengan peringatan Hari Jadi Desa Selamanik. Acara ini merupakan ajang untuk menampilkan berbagai seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat desa, seperti seni maenpo (pencak silat), gulang-gulang (seni musik bambu), seni degung, seni tari, seni dog-dogan (seni topeng), dan lain-lain. Acara ini juga dihadiri oleh berbagai tamu undangan, seperti pejabat pemerintah, tokoh masyarakat, dan wisatawan.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke Gelaran Seni Budaya adalah gratis. Kawanjo hanya perlu mendaftarkan diri di loket masuk dan mengisi buku tamu. Pelaksanaan acara ini adalah setiap tahun pada bulan Maret atau April, mulai pukul 08.00 hingga selesai.

Tips dan Fasilitas

Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat menyaksikan Gelaran Seni Budaya yakni:

  • Datang lebih awal untuk mendapatkan tempat duduk yang nyaman dan strategis.
  • Bawa kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen-momen menarik yang ada di acara ini.
  • Hormati dan hargai para seniman dan pelaku seni yang tampil di acara ini dengan tidak mengganggu, mencemooh, atau mengambil barang-barang milik mereka tanpa izin.
  • Ikuti arahan dan petunjuk dari panitia acara yang akan memberikan informasi dan penjelasan tentang acara ini.
  • Jaga kebersihan dan ketertiban acara dengan tidak membuang sampah sembarangan atau membuat keributan.

Sedangkan fasilitas yang ada di Gelaran Seni Budaya bisa digunakan. Seperti tempat parkir, kamar mandi, panggung, kursi, tempat sampah.

Mencicipi Kuliner Khas di Dusun Selacai

Dusun Selacai adalah dusun yang memiliki banyak kuliner khas yang lezat dan menggugah selera. Kawanjo bisa mencicipi berbagai kuliner khas, seperti sop iga, nasi bakar, sirup honje merah, manisan terong ungu, keripik daun sirih, keripik antanan, dan lain-lain. Kuliner-kuliner ini merupakan produk ekonomi kreatif dari kelompok PKK dan masyarakat lokal yang memiliki cita rasa khas dan berkualitas.

Selain memberikan kesempatan untuk kulineran, Dusun Selacai di Desa Selamanik juga memiliki daya tarik lainnya. Dusun ini merupakan pusat pabrik pupuk organik, edukasi ternak kelinci, dan camping ground di pasir canet.

Baca juga: Desa Wisata Arborek Raja Ampat Punya Tren Baru Pariwisata 3S, Apa Saja?

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke Dusun Selacai adalah Rp5.000 per orang. Kawanjo juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Jam buka dusun ini adalah setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Tips dan Fasilitas Desa wisata selamanik

Fasilitas Desa wisata selamanik
Fasilitas Desa wisata selamanik

Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mencicipi kuliner khas di Dusun Selacai adalah:

  • Bawa uang tunai yang cukup untuk membayar kuliner yang dipesan, karena di dusun ini belum tersedia mesin ATM atau pembayaran non tunai.
  • Cicipi kuliner-kuliner yang sesuai dengan selera dan kondisi kesehatan. Karena beberapa kuliner mungkin memiliki rasa yang pedas, asam, atau manis.
  • Jaga kebersihan dan keselamatan kuliner dengan tidak membuang sampah sembarangan atau menyentuh makanan yang tidak dipesan.
  • Ikuti arahan dan petunjuk dari penjual kuliner yang akan memberikan informasi dan penjelasan tentang kuliner yang  dipesan.

Sebagai tambahan, fasilitas yang bisa digunakan di Dusun Selacai adalah tempat parkir, kamar mandi, warung makan, area berkemah, dan lainnya.

Itulah beberapa hal yang bisa Kawanjo lakukan di Desa Wisata Selamanik Ciamis. Desa ini memiliki banyak potensi wisata yang menarik dan beragam, mulai dari alam, budaya, hingga kuliner. Mengunjungi desa ini bisa disesuaikan dengan minat dan selera. Sehingga aktivitas healing tidak yang itu-itu saja.

Selamat berwisata di Desa Wisata Selamanik Ciamis!

0 comments on “Ragam Aktivitas Menarik di Desa Wisata Selamanik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.