PigiNews

Desa Wisata Penglipuran, Dari Terbersih Jadi Terbaik di Dunia!

Desa Penglipuran

World Tourism Organization (Organisasi Pariwisata Dunia) atau UNWTO pada Kamis (19/10/2023) lalu mengumumkan daftar Best Tourism Village 2023 atau desa wisata terbaik 2023. Acara ini memberikan penghargaan kepada desa yang dinilai menjaga lanskap, keberagaman budaya, nilai lokal, dan tradisi kulinernya. Serta yang paling maju dalam membina area pedesaan. Sebanyak 54 desa dari 260 pengajuan di seluruh dunia telah dipilih.

“Inisiatif ini memberi penghargaan kepada desa-desa yang telah memanfaatkan pariwisata sebagai katalisator untuk perkembangan dan kesejahteraan mereka,” terang Sekretaris Jenderal UNWTO, Zurab Pololikashvili, dikutip dari situs web resminya, Senin (23/10/2023).

Baca juga: Ragam Keunikan Desa Wisata Penglipuran Bali, Terbukti Nyata Keunggulannya

desa penglipuran, desa wisata penglipuran, bali,
Salah satu desa wisata di Indonesia, Desa Penglipuran, Bali.

Dalam proses penilaian ini, desa-desa tersebut dievaluasi berdasarkan sembilan bidang, yaitu Sumber Daya Alam dan Budaya, Promosi dan Konservasi Sumber Daya Budaya, Keberlanjutan Ekonomi, Keberlanjutan Sosial, Keberlanjutan Lingkungan, serta Pengembangan Pariwisata dan Integrasi Rantai Nilai. Selanjutnya ada juga Tata Kelola dan Prioritas Pariwisata, Infrastruktur dan Konektivitas, serta Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan.

Tahukah Kawanjo? Bahwa ada salah satu desa wisata dari Indonesia yang mendapat penghargaan tersebut. Desa tersebut adalah Desa Penglipuran di Bali!

desa penglipuran, desa wisata penglipuran, bali,
Suasana Desa Wisata Penglipuran, Bali.

Nah, ini dia daftar 54 desa wisata terbaik 2023 versi UNWTO (dengan pemeringkatan berdasarkan huruf):

  1. Al Sela, Yordania
  2. Barrancas, Chile
  3. Biei, Jepang
  4. Caleta Tortel, Chile
  5. Cantavieja, Spanyol
  6. Chacas, Peru
  7. Chavín de Huantar, Peru
  8. Dahshour, Mesir
  9. Dhordo, India
  10. Dongbaek, Korea
  11. Douma, Lebanon
  12. Ericeira, Portugal
  13. Filandia, Kolombia
  14. Hakuba, Jepang
  15. Higueras, Meksiko
  16. Huangling, China
  17. Jalpa de Cánovas, Meksiko
  18. Kandovan, Iran
  19. La Carolina, Argentina
  20. Lephis Village, Ethiopia
  21. Lerici, Italia
  22. Manteigas, Portugal
  23. Morcote, Swiss
  24. Mosan, Korea
  25. Oku-Matsushima, Jepang
  26. Omitlán de Juárez, Meksiko
  27. Oñati, Spanyol
  28. Ordino, Andorra
  29. Oyacachi, Ekuador
  30. Paucartambo, Peru
  31. Penglipuran, Indonesia
  32. Pisco Elqui, Chile
  33. Pozuzo, Peru
  34. Saint-Ursanne, Swiss
  35. Saty, Kazakhstan
  36. Schladming, Austria
  37. Sehwa, Korea
  38. Sentob, Uzbekistan
  39. Shirakawa, Jepang
  40. Sigüenza, Spanyol
  41. ?irince, Türkiye
  42. Siwa, Mesir
  43. Slunj, Kroasia
  44. Sortelha, Portugal
  45. St. Anton am Arlberg, Austria
  46. Tân Hoá, Vietnam
  47. Taquile, Peru
  48. Tokaj, Hungaria
  49. V?leni, Moldova
  50. Vila da Madalena, Portugal
  51. Xiajiang, China
  52. Zapatoca, Kolombia
  53. Zhagana, China
  54. Zhujiawan, China

Tak hanya Best Tourism Villages, ada dua pilar lain dari inisiatif ini, yaitu Best Tourism Villages by UNWTO Upgrade Programme dan The Best Tourism Villages Network.

Best Tourism Villages by UNWTO Upgrade Programme adalah program yang mendukung sejumlah desa yang tengah menuju kriteria penghargaan Best Tourism Villages. Ada tiga desa wisata di Indonesia yang terpilih untuk turut serta di dalamnya, yaitu Desa Bilebante di Nusa Tenggara Barat (NTB), Desa Pela di Kalimantan Timur, dan Desa Taro di Bali.

desa bilebante, ntb,
Bersepeda melintasi pematang sawah dengan latar belakang Gunung Rinjani harus kamu rasakan saat ke Desa Wisata Bilebante.

Desa lain di dunia yang juga turut serta di antaranya adalah:

  1. Asuka, Japan
  2. Baños de Montemayor, Spanyol
  3. Bilebante, Indonesia
  4. Cioc?ne?ti, Rumania
  5. Civita di Bagnoregio, Italia
  6. El Cisne, Ekuador
  7. Iza, Kolombia
  8. Kale Üça??z, Türkiye
  9. Kemaliye, Türkiye
  10. Kfar Masaryk, Israel
  11. Madla, India
  12. Ounagha, Maroko
  13. Pela, Indonesia
  14. Puerto Octay, Chile
  15. Sabbioneta, Italia
  16. Saint Catherine, Mesir
  17. Sarhua, Peru
  18. Taro, Indonesia
  19. Vila de Frades, Portugal
  20. Yanque, Peru

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Desa Wisata Penglipuran, Bali berhasil dinobatkan sebagai desa wisata terbaik dunia oleh UNWTO. Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi prestasi yang telah diraih Desa Penglipuran. “Best Tourism Village dari UNWTO ini menjadi pelengkap kebahagiaan kita. Karena seperti kita ketahui, ini adalah sebuah ajang yang sangat selektif,” kata Sandiaga dalam Program The Weekly Brief with Sandi Uno, di Jakarta, Senin (23/10/2023). Tak hanya Pak Mentri, Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan kepada Desa wisata di Bali, khususnya di Desa Wisata Penglipuran. Tjok menyampaikan bahwa daya tarik Desa Penglipuran Bali salah satunya adalah suasana.

desa penglipuran, bali,
Cantiknya tata letak di Desa Wisata Penglipuran, Bali.

Menariknya, Desa Penglipuran ini juga salah satu desa yang mendapat definisi desa terbersih di dunia, lho! Prestasi yang diraih oleh Desa Wisata Penglipuran diharapkan membuat desa ini tetap menjaga kualitas pariwisata berbasis budayanya.

4 comments on “Desa Wisata Penglipuran, Dari Terbersih Jadi Terbaik di Dunia!

  1. Veronika Butet Br Situmorang

    Wahh, ini merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia karena Desa Wisata Penglipuran yang mendapatkan penghargaan kategori Best Tourism Village 2023. Pencapaian ini patut di apresiasi oleh Menparekraf dan semua orang. Desa Penglipuran dikenal sebagai salah satu desa terbersih di dunia dan diharapkan terus menjaga kualitas pariwisata berbasis budayanya.

  2. Radita Indah Permata Sari

    Desa Wisata Penglipuran di Bali telah meraih beberapa penghargaan dan prestasi di bidang pariwisata. Desa ini terkenal dengan kebersihan dan keindahan tata ruangnya yang tertib dan bersih. Desa Penglipuran masuk dalam daftar desa terbaik di dunia yang diumumkan dalam sidang umum ke-25 UNWTO pada tanggal 20 Oktober 2023. Prestasi yang diraih Desa Penglipuran mendorong penduduknya untuk terus menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya sehingga bisa berkelanjutan sampai beberapa generasi selanjutnya.

  3. Zeldania Marsellia

    Desa Wisata Penglipuran di Bali yang dinobatkan sebagai desa wisata terbaik di dunia pada tahun 2023. Blog ini memberikan informasi mengenai Desa Wisata Penglipuran, termasuk sejarah, keunggulan, dan prestasi yang telah diraih oleh desa tersebut.
    Blog ini juga memberikan informasi mengenai penghargaan yang diberikan oleh UNWTO kepada Desa Wisata Penglipuran, serta daftar desa wisata terbaik di dunia pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan bahwa Desa Wisata Penglipuran telah diakui secara internasional sebagai desa wisata terbaik di dunia.

  4. Taqiy Gusdi Baitulloh

    Beberapa desa yang masuk kedalam kategori merupakan suatu kebanggaan bagi Indonesia dan sebagai pelajaran bagi desa – desa lain yang ingin berkembang menjadi desa wisata. semoga desa – desa pariwisata rintisan dapat melihat perjalanan desa – desa wisata yang sudah berkembang ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.