Likupang Tourism Festival 2023
Local Experiences

Likupang Tourism Festival 2023, Marijo Ka Likupang!

Salah satu agenda Karisma Event Nusantara digelar di penghujung bulan Oktober Likupang Tourism Festival.

Salah satu agenda Karisma Event Nusantara yang digelar di penghujung bulan Oktober kali ini datang dari Minahasa Utara, daerah yang mendapatkan perlakuan istimewa karena masuk dalam program DPSP sekaligus KEK. Nah, guna memperkuat karakteristiknya sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas, dilaksanakanlah Likupang Tourism Festival 2023, yakni event istimewa yang tak hanya meriah, namun juga mengangkat potensi daerah beserta nilai-nilai positif di dalamnya.

Perlu diketahui, provinsi Sulawesi memiliki 4 acara pariwisata yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2023, yakni Likupang Festival Tourism (LTF) di Kabupaten Minahasa Utara, Tomohon International Festival Flower (TIFF) di Kota Tomohon, Festival Pesona Selat Lembeh di Kota Bitung dan Manado Fiesta di Kota Manado.

Pemerintah Minahasa Utara dengan serius menggarap festival ini. Berbagai persiapan dijalankan. Termasuk road show yang dilakukan jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan. Kepala daerah bersama jajarannya turun langsung mempromosikan Likupang Tourism Festival 2023 dalam Car Free Day di bundaran HI Jakarta. Road to Likupang Tourism Festival 2023 telah terlaksana pada tanggal 1 Oktober 2023 ini berupaya untuk lebih memperkenalkan Likupang secara luas. Sekaligus mengundang untuk datang pada event pariwisata terdekat.

Baca juga: Cara Berwisata di Geopark Raja Ampat 2023, The Emerald Karst of The Equator

Likupang Tourism Festival 2023

Likupang Tourism Festival 2023
Likupang Tourism Festival 2023

Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda meyakini bahwa LTF 2023 bakal terlaksana lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Di Pantai Paal, pada tanggal 26-28 Oktober 2023, Likupang Tourism Festival akan memuaskan pengunjung dengan berbagai agenda seru.

Sekali lagi, event ini bertujuan untuk mengabarkan lebih luas tentang keistimewaan Destinasi Super Prioritas Likupang, yakni bagaimana indahnya surga tersembunyi di Minahasa Utara ini. Bila berada di sini, akan nampak seluas-luasnya hamparan pasir putih di sepanjang pantai. Pun juga Likupang memiliki pemandangan bawah laut yang memesona. Tak lupa dengan ragam budaya dan tradisi, kuliner, dan potensi lokal lainnya.

Likupang Tourism Festival adalah acara tahunan yang diadakan untuk mempromosikan pesona dan potensi pariwisata Likupang. Acara ini biasanya diadakan selama beberapa hari dan menyajikan beragam kegiatan menarik, seperti pameran seni dan kerajinan lokal, pertunjukan tari tradisional, kompetisi menyelam, dan festival makanan khas daerah.

Dengan Likupang Tourism Festival 2023, harapannya bisa membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal. Kebetulan, selain sebagai Destinasi Super Prioritas, Likupang juga ditetapkan sebagai salah satu KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) dari 18 kawasan yang ada di Indonesia. Menariknya, KEK di Minahasa Utara ini memiliki keunggulan di bidang pariwisata dengan tema resort dan wisata budaya atau cultural tourism. Pastinya dengan didukung oleh keindahan alamnya.

Baca juga: 4 Desa Wisata di Likupang Turut Andil dalam Pembangunan KEK dan DSP

Agenda Likupang Tourism Festival 2023

Agenda Likupang Tourism Festival 2023
Agenda Likupang Tourism Festival 2023

Untuk kali ketiga, Likupang Tourism Festival (LTF) 2023 bakal segera digelar selama 3 hari, yakni tanggal 26, 27, dan 28 Oktober 2023. Pelaksanaannya akan dipusatkan di Pantai Pall Marinsow, Likupang Timur, Minahasa Utara. Sebenarnya acara ini telah dilaksanakan pada bulan Juli silam. Namun, acara puncaknya harus ditunda mengingat di waktu yang sama sudah banyak acara di daerah lain. Sehingga mau tak mau, agar tercapai tujuannya dalam menyerap banyak kunjungan wisatawan, LTF 2023 pun dilaksanakan kembali pada akhir Oktober.

Dengan mengangkat kearifan lokal, terdapat berbagai pertunjukan dan perlombaan yang menjadi agenda di sepanjang pelaksanaan LTF 2023, seperti Pagelaran Seni & Budaya, parade mobil hias, penampilan artis nasional, atraksi pembuatan kue khas daerah, lomba Duathlon, lomba Batobo atau berenang, lomba perahu hias, lomba bakar ikan dan jagung terpanjang, penampilan tari tradisional yang dibawakan secara kolosal, dan lain sebagainya. Tak lupa program konservasi lingkungan yakni penanaman mangrove dan pelatihan pengolahan sampah. Pameran UMKM juga mengiringi pelaksanaan kegiatan sebagai wujud promosi kearifan lokal sekaligus dukungan bagi pegiat perekenomian masyarakat.

Baca juga: Eksplor Kemegahan Dieng Cuma 700 Ribu? Ajak Orang Terkasihmu!

Likupang Tourism Festival 2023  masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara. Dengan berbagai agenda acara, diharapkan pelaksanaannya mampu mengabarkan lebih luas bahwa ada surga yang masih tersembunyi di Sulawesi Utara. Marijo Ka Likupang! 

3 comments on “Likupang Tourism Festival 2023, Marijo Ka Likupang!

  1. Veronika Butet Br Situmorang

    Likupang Tourism Festival 2023 adalah acara yang bertujuan mempromosikan potensi pariwisata di Minahasa Utara, sebuah wilayah yang diberi status Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Likupang Tourism Festival 2023 diharapkan lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya, dengan beragam kegiatan menarik yang diselenggarakan di Pantai Paal pada tanggal 26-28 Oktober 2023. Tujuan utama acara ini adalah memperkenalkan potensi Destinasi Super Prioritas Likupang, termasuk pantai yang indah, pemandangan bawah laut, kekayaan budaya, kuliner, dan potensi lokal lainnya. Selain sebagai upaya promosi, acara ini juga memberikan dampak sosial yang signifikan, yaitu membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

  2. Radita Indah Permata Sari

    Likupang Tourism Festival 2023 masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara dan diharapkan dapat mempromosikan pesona dan potensi pariwisata Likupang secara luas. Festival ini diadakan selama beberapa hari dan menyajikan beragam kegiatan menarik, seperti pameran seni dan kerajinan lokal, pertunjukan tari tradisional, kompetisi menyelam, dan festival makanan khas daerah.

  3. Zeldania Marsellia

    Blog ini membahas tentang Likupang Tourism Festival 2023 dimana diberikan informasi mengenai persiapan yang dilakukan oleh pemerintah setempat, seperti road show dan promosi di media sosial serta dilengkapi dengan beberapa foto yang memperlihatkan suasana persiapan dan pelaksanaan festival tersebut, sehingga para pembaca dapat melihat dengan jelas bagaimana festival ini diselenggarakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.