Desa Wisata
Local Experiences

Desa Wisata dan Konsep Pengembangannya yang Dipercaya Bangkitkan Dunia Pariwisata

Desa wisata kini sedang berusaha dibangkitkan oleh Kemenparekraf agar dunia pariwisata Indonesia bangkit lagi

Sekarang itu banyak paket wisata ke desa wisata. Pasti kawanjo banyak yang bertanya, apaan sih desa wisata dan kenapa juga harus pilih paket wisata ke desa wisata, memang seru? Sebelum masuk lebih dalam soal kenapa pilih paket wisata ke desa wisata, sebaiknya pahami dulu apa itu desa wisata di Indonesia. Desa wisata sendiri itu sebenarnya adalah komunitas atau masyarakat.

Penduduk suatu wilayah terbatas yang bisa saling berinteraksi secara langsung di bawah sebuah pengelolaan dan memiliki kepedulian, serta kesadaran untuk berperan bersama sesuai keterampilan dan kemampuan masing-masing untuk memberdayakan potensi secara kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di wilayahnya. 

Baca Juga : Cinta Desa Wisata : Cerita Indah Sarat Makna

Jadi, desa wisata sebagai pelaku utama, komunitas atas masyarakatnya harus berupaya meningkatkan potensi atau daya tarik wisata yang ada di wilayahnya. Selanjutnya, komunitas atau masyarakat bisa menyiapkan diri sebagai tuan rumah yang baik bagi para wisatawan ketika berkunjung. Oleh karena itu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan bisa bangun 244 desa wisata di tahun 2024.

Bicara soal desa wisata, saat ini di Indonesia sudah ada beberapa kota yang dinobatkan sebagai desa wisata, penasaran kan apa aja itu biar kamu makin minat pilih paket wisatanya :

Desa Wisata Bali

Desa  Wisata
Ilustrasi Bali juga banyak desa wisata

Pertama sudah pasti desa wisata itu ada di Bali. Bali atau dikenal sebagai pulau dewata termasuk kota di Indonesia yang terbilang banyak desa wisatanya. Ada desa Ubud yang dikenal dengan area persawahan yang estetik dan budaya yang menarik. Alamnya pun indah, membuat desa ini cocok untuk menenangkan diri.

Desa Penglipuran Bali juga dikenal sebagai desa terbersih di dunia. Desa ini terkenal dengan rumah-rumah tradisional Bali yang tertata rapi, suasananya pun sangat asri dan sejuk.  Desa wisata catur,  dan Desa wisata Sibetan Karang Asem. Pokoknya ngetrip ke desa wisata pasti seru dan punya pengalaman yang berbeda. 

Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta

Ratu Boko
Desa Wisata Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta selalu punya tempat di hati semua orang. Di Yogyakarta juga ada kok desa wisata, salah satunya yaitu desa wisata Nglanggeran. Desa ini menawarkan program tinggal di rumah penduduk untuk mempelajari budaya, serta menjelajahi keindahan wisata alam di sana. Ada juga desa wisata Seigentung kawanjo di sini. 

Kalau kamu ngetrip ke desa wisata ini, sudah pasti kamu akan mendapat ilmu baru. Bagaimana tidak, desa ini terkenal dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Tidak heran jika desa di Yogyakarta ini mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Desa Wisata Kete Kesu, Toraja

Desa Wisata
Desa wisata Kete Kesu Toraja yang memukau

Ini juga masuk ke daftar desa wisata. Desa ini dikenal sebagai desa yang menyimpan berbagai cerita bersejarah kawanjo. Tidak heran jika desa Kete Kesu Toraja jadi favorit wisata nih. Kepopuleran yang disandangnya, tidak jauh dari penawaran panorama indah yang begitu m

Kehidupan tradisionalnya sangat kental di sini, jadinya kawanjo jika bertamu harus ikut aturan dan larangan yang ada di sana. Menariknya, di sini banyak tersimpan peninggalan purbakala yang identik dengan rumah adat Tongkonan. Desa di Tana Toraja ini memiliki daya tarik berupa pemakaman tertua di dunia.

Desa Wisata Sasak Sade, Lombok

Desa wisata
Desa Wisata Klaten

Lombok juga sama kok dengan Bali, pasti jadi kota yang tidak terlupakan. Di Lombok itu ada Desa Sasak Sade kawanjo. Di desa ini terkenal dengan rumah tradisional beratap jerami dan berdinding bambu. Uniknya lagi di sini ada budaya tradisi kawin culik, waduh seru kan. 

Desa Wisata Ponggok, Klaten

Ddesa wisata
Desa wisata ponggok Klaten

Desa wisata ini memiliki keunikan berupa lima mata air alami. Kini, Desa Ponggok ini menjadi kawasan wisata yang populer di Klaten. Keberadaan mata air itu membuat desa ini lebih maju dan makmur. Buruan cek paket wisata menariknya di sini.

Baca Juga : Sandiaga Uno Targetkan Indonesia Punya 244 Desa Wisata Tahun 2024

0 comments on “Desa Wisata dan Konsep Pengembangannya yang Dipercaya Bangkitkan Dunia Pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published.