Staisun Lempuyangan
Local Experiences

Stasiun Lempuyangan Yogyakarta Juga Punya Destinasi Wisata Menarik

Yogyakarta memang punya sejuta alasan untuk dirindukan, termasuk destinasi wisata yang tidak jauh dari stasiun Lempuyangan

Pergi wisata, apa yang terlintas dalam benak pikiran kawanjo? Sudah pasti kota yang selalu punya seribu pesona. Yogyakarta tidak hanya punya destinasi wisata alam yang oke, tetapi juga ada budaya dan kuliner yang jadi magnet para turis untuk kembali lagi. Itulah sebabnya kenapa Yogyakarta selalu dirindukan. Tidak hanya itu, bahkan selasar stasiunnya juga melekat sekali. 

Baca Juga : Jogja is The New Bali! 6 Tempat ini Jadi Buktinya

Terutama bagi kawanjo yang pernah singgah, salah satunya adalah Stasiun Lempuyangan. Stasiun Lempuyangan ini pernah juga jadi lokasi syuting film ‘3 Doa 3 Cinta’ yang diperankan oleh selebriti ternama seperti Nicholas Saputra dan juga Dian Sastro. Stasiun Lempuyangan juga jadi perbincangan para traveler. Jika tidak salah, stasiun ini jadi singgah kereta-kereta ekonomi, jadi wajar jika stasiun ini jadi titik berangkat dan titik destinasi favorit dari masyarakat kalangan pelajar, mahasiswa ataupun backpacker. 

Bicara soal stasiun Lempuyangan, ternyata juga banyak kok destinasi wisata menarik di sekitar sini kawanjo. Gak percaya, yuk simak daftarnya berikut ini : 

Situs Warungboto

Lempuyangan
Situs Warungboto jadi destinasi wisata menarik dekat stasiun Lempuyangan

Stasiun Lempuyangan juga ada destinasi wisata, salah satunya adalah situs yang disebut juga Pesanggrahan Rejawinangun. Ini letaknya ada di Jalan Veteran, Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Jika kawanjo dari stasiun Lempuyangan, jaraknya hanya sekitar 3,4 kilometer saja. Di sini itu dulu sejarahnya jadi tempat peristirahatan keluarga bangsawan dan kerajaan. Ada kolam pemandian dan juga taman dan kebun yang asri lho.

Museum Batik

Lempuyangan
Ada koleksi batik sejak tahun 1700-an di musem batik yang tidak jauh dari stasiun Lempuyangan

Batik sudah jadi pakaian khas Indonesia. Di stasiun Lempuyangan, kawanjo juga bisa menemukan museum batik. Museum batik ini hanya berjarak sekitar 1 kilometer dari stasiun Lempuyangan. Ada ribuan koleksi batik yang bisa kawanjo lihat dan beli. Di sini juga ada peralatan batik yang biasa digunakan para pembatik tradisional. Uniknya, kawanjo bisa menemukan koleksi batik dari tahun 1700-an.  

Museum Benteng Vredeburg

Lempuyangan wisata
Benteng juga jadi destinasi wisata menarik di sini

Begitu mendaratkan kaki di stasiun  Lempuyangan , kawanjo tidak usah bingung dan khawatir dengan jarak destinasi wisata ke museum benteng vredeburg. Perjalanan menuju benteng vredeburg ini dari stasiun Lempuyangan itu cuma berkisar 30 menit jika ditempuh dengan berjalan kaki. Banyak spot foto menarik dan instagramble di sini. Ditambah ragam koleksi foto, replika, dan miniatur. 

Jika sudah selesai berwisata di destinasi wisata tersebut, jangan lupa untuk mengisi perut. Karena perut yang kenyang bisa menjadikan perjalanan kawanjo semakin semangat dan jauh dari penyakit. Ada juga kuliner yang wajib dicoba jika kawanjo berada di stasiun Lempuyangan. 

Warung Makan Cak Koting

Lempuyangan
Warung makan yang legendaris dan tidak jauh dari stasiun Lempuyangan

Tentu saja kuliner ini tidak jauh dari stasiun Lempuyangan. Di sini kawanjo bisa memuaskan lidah dengan beragam menu penyetan seperti ayam, bebek, lele dan berbagai ikan tawar lainnya. Kuliner ini dikenal di sekitar stasiun Lempuyangan. 

Rumah Makan Es Murni 83 Tukangan

Lempuyangan
Foto by : Moka. Ini adalah warung makan legendaris sejak 1978

Legendaris kawanjo, ya ini adalah rumah makan yang legendaris karena sudah berdiri sejak tahun 1978 dan letaknya ada di Jalan Tukangan No.45 Yogyakarta. Melansir kompas, rumah makan in banyak menu andalan yang disukai wisatawan. Mulai dari lontong opor, nasi garang asem, serta menu minuman segar seperti Es teler, es campur, es dawet sampai es tape. 

Gimana, oke juga kan destinasi wisata di sekitar stasiun Lempuyangan. Untuk cek paket wisata dan open trip menarik bisa di sini. Jangan lupa selalu patuhi protokol kesehatan karena kita masih berada di masa pandemi COVID-19.

Baca Juga : Inilah Destinasi Wisata Indonesia yang Punya Kisah Melegenda

0 comments on “Stasiun Lempuyangan Yogyakarta Juga Punya Destinasi Wisata Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published.