Festival Tanjung Waka
Local Experiences

Festival Tanjung Waka 2023, Menuju Pariwisata Sula yang Berkelanjutan

Festival Tanjung Waka 2023 hadir dengan konsep berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Festival Tanjung Waka 2023 hadir dengan konsep berbeda dari sebelum-sebelumnya. Apalagi sekarang acara rutin ini masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara. Maka, sudah jadi hal mafhum bila penyelenggara berkomitmen melaksanakan dengan lebih elegan dan mendatangkan lebih banyak kebermanfaatan.

Tema Festival Tanjung Waka 2023

Tema Festival Tanjung Waka 2023
Tema Festival Tanjung Waka 2023

Dengan penuh keyakinan, Festival Tanjung Waka atau FTW 2023 mengusung sebuah tema mulia, yakni Pemberdayaan Komunitas Lokal Dalam Peningkatan Wisata Sula Berbasis Eco-Edu Concept Menuju Pariwisata Sula yang Berkelanjutan.

Seperti diketahui, dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir, Indonesia lebih memfokuskan pengembangan pariwisata berkelanjutan. Tidak lagi sekedar berkeinginan mencapai angka tertentu dalam jumlah kunjungan wisatawan. Namun lebih pada pengembangan konsep berwisata yang bisa memberikan dampak jangka panjang. Baik itu untuk lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi di masa kini sekaligus masa depan. Tentunya bagi seluruh masyarakat lokal juga wisatawan yang berkunjung.

Maka, sungguh sangatlah bijak bila pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula memutuskan mengangkat isu pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Memberikan penguatan pada konsep kepedulian ekosistem sekitar melalui sektor pariwisata.

Baca juga: Eksplor Kemegahan Dieng Cuma 700 Ribu? Ajak Orang Terkasihmu!

Pelaksanaan Festival Tanjung Waka 2023

Pelaksanaan Festival Tanjung Waka 2023
Pelaksanaan Festival Tanjung Waka 2023

Sebagai event kebanggaan warga, acara ini selalu ditunggu setiap tahunnya. Sebenarnya sesuai jadwal KEN 2023, Festival Tanjung Waka ini dilaksanakan pada tanggal 21 hingga 24 Oktober. Namun karena menyesuaikan agenda Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Uno, untuk bisa hadir, pelaksanaan FTW 2023 menjadi tanggal 4 hingga 7 November 2023 mendatang.

Bersama mas Menteri, akan hadir juga beberapa duta besar dan perwakilan negara lain di venue acara. Yakni di Desa Fatkauyon, Kecamatan Sulabesi Timur, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara.

Baca juga: Paket Diving Wakatobi, Surga Nyata Segitiga Karang Dunia

Agenda Acara Festival Tanjung Waka 2023

Agenda Acara Festival Tanjung Waka 2023
Agenda Acara Festival Tanjung Waka 2023

Masyarakat menyambut hangat pelaksanaan kegiatan ini. Sebab dengan acara tersebut pariwisata di Kepulauan Sula akan meningkat seiring dengan semakin pesatnya pertumbuhan ekonomi.

Tak hanya itu. Dengan tema yang digenggam erat, kegiatan yang dilaksanakan mengacu pada kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dipilihlah beberapa acara menarik yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pariwisata berkelanjutan.

Setelah digelar Opening Ceremony FTW 2023 ada berbagai acara yang mengisi Festival selama 4 hari. Ada pertunjukan Sula Arts dan Cultural Expo 2023, pentas seni budaya komunitas lokal, juga tarian kolosal anak nelayan dan petani Sula. Jangan tinggalkan, ada pula atraksi kerajinan daun pandan dan anyaman bambu, atraksi kuliner sepanjang 30 meter dan kaya kub, serta historical camping.

Sedangkan, kegiatan yang berbasis kepedulian lingkungan adalah Beach Clean Up Desa Pesisir Kepulauan Sula, pelatihan manajemen sampah dan kompos, transplantasi terumbu karang dan pelepasan penyu.

Bagi penggemar olahraga bisa berpartisipasi dalam Diving Exploration: Explore Turtle Paradise on Sula dan Goes Bena Sepeda 100 kilometer. Yang menarik adalah atraksi 100 Kapal Arumbai, 20 kapal nelayan, dan 100 Perahu Semang dari 80 Desa di Kepulauan Sula.

Baca juga: Paket Hemat Bali dan Nusa Penida, Cuma 2 Juta!

Di segi pendidikan, ada The Second International Seminar of Sustainable Coastal Tourism dan Seminar Habar Sua: Pelestarian Bahasa Daerah dan Baju Adat Sula yang bisa diikuti.

Festival Tanjung Waka 2023 memiliki agenda kegiatan yang menarik. Hal ini menjadi komitmen atas masuknya event ini dalam daftar Karisma Event Nusantara. Sekaligus kewajiban daerah mengembangkan pariwisata berkelanjutan, Kawanjo wajib datang dan ikut ambil bagian!

1 comment on “Festival Tanjung Waka 2023, Menuju Pariwisata Sula yang Berkelanjutan

  1. Zeldania Marsellia

    Blog ini memberikan informasi yang bermanfaat tentang tema festival yang mengusung konsep pemberdayaan komunitas lokal dalam peningkatan wisata Sula berbasis eco-edu concept menuju pariwisata Sula yang berkelanjutan, sangat menarik untuk dibaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.