Manfaat Salak untuk Kesehatan
Health

Bukan Hanya Daging Buahnya, loh! Ini 7 Manfaat Salak untuk Kesehatan

karena jika sudah tahu manfaat salak untuk kesehatan, dijamin rajin makan buah ini

Buah, buah apa yang banyak diucapkan saat lebaran? Ya, salak! Maafkan sala(k)h-ku,yak! Hehehe. Lalu, buah, buah apa yang banyak dicari untuk kesehatan? Ya, salak juga! Namun kali ini sedang tidak bercanda, karena jika sudah tahu manfaat salak untuk kesehatan, dijamin rajin makan buah ini. Istimewanya, bukan hanya daging buahnya melainkan juga bagian tubuh lainnya.

Salak atau Salacca zalacca, adalah buah tropis yang berasal dari Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Buah ini memiliki kulit bersisik yang menyerupai kulit ular, yang membuatnya juga dikenal sebagai “snake fruit” dalam bahasa Inggris. Daging buahnya berwarna putih kekuningan, dengan tekstur renyah dan rasa manis sedikit asam. Salak biasanya dimakan segar, tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai makanan dan minuman.

Pemanfaatan Salak

Pemanfaatan Salak
Pemanfaatan Salak

Salak terutama dibudidayakan untuk buahnya, yang populer sebagai buah konsumsi langsung. Selain dimakan segar, salak juga sering dijadikan manisan, asinan, dikalengkan, atau diolah menjadi keripik salak. Buah salak yang masih muda digunakan sebagai bahan untuk rujak. Selain itu, salak juga sering diolah menjadi dodol, kurma, kopi, bahkan puding.

Bagian umbut salak pun bisa dikonsumsi. Selain itu, ada juga banyak manfaat buah salak untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk pengobatan diare dan digunakan dalam pengobatan tradisional China.

Baca Juga: Manfaat Ayam Cemani Hitam untuk Kesehatan, Si Hewan Unik yang Penuh Mistis

Kandungan Nutrisi Salak

Kandungan Nutrisi Salak
Kandungan Nutrisi Salak

Dikutip dari Wikipedia, dalam 100 gram salak mengandung berbagai nutrisi. Salak mengandung energi sebesar 322 kJ (77 kcal) dan protein sebanyak 0.4 gram. Untuk vitamin, salak mengandung vitamin A equivalen sebesar 4 mikrogram (0% AKG) dan vitamin C sebanyak 2 miligram (2% AKG).

Dari segi mineral, salak mengandung kalsium 28 miligram (3% AKG), tembaga 0.08 miligram (4% AKG), zat besi 4.2 miligram (32% AKG), fosfor 18 miligram (3% AKG), dan seng 0.2 miligram (2% AKG). InilH bukti adanya manfaat dari salak untuk kesehatan.

Manfaat Salak untuk Kesehatan

Manfaat Salak untuk Kesehatan
Manfaat Salak untuk Kesehatan

Ternyata banyak juga khasiat buah salak untuk kesehatan tubuh. Kawanjo tak perlu lagi ragu mengonsumsi buah berkulit sisik ini. Adapun manfaatnya antara lain:

  1. Menyehatkan Pencernaan. Buah salak kaya akan nutrisi, termasuk kalsium, tanin, saponin, flavonoid, dan betakaroten. Selain itu, tanin dalam buah salak memiliki sifat anti diare, yang membantu mengatasi diare.Selain itu, saat mengkonsumsi salak, terkadang ada selaput tipis yang menempel pada daging buahnya, yang dikenal sebagai kulit ari. Sayangnya, banyak orang cenderung membuang kulit ari saat memakan salak. Padahal, kulit ari salak mengandung serat dan kaya akan tanin, saponin, flavonoid, serta zat besi, yang efektif membantu mengatasi diare. Rebus kulitnya dan air yang ada bisa diminum.
  2. Mencerahkan Kulit. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak salak bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit karena kandungan vitamin C dan antioksidannya. Senyawa flavonoid dalam ekstrak salak juga terbukti efektif menekan produksi melanin, sehingga dapat dijadikan bahan dasar untuk krim pemutih kulit.
  3. Menyehatkan Mata. Beta karoten dalam buah salak juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan beta karoten, seperti salak, dapat mengurangi risiko katarak dan rabun senja.
  4. Mengobati kolesterol. Selain dimakan langsung, salak juga dikonsumsi dengan direbus. Manfaat salak rebus juga menjadi incaran karena mengandung serat pektin yang bisa mengikat kolesterol di saluran pencernaan dan mengeluarkannya bersama feses.Selain itu, salak rebus juga kaya akan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penumpukan kolesterol di pembuluh darah. Jadi, manfaat buah salak untuk kolesterol jadi buruan banyak orang.
  5. Menjaga Kesehatan Jantung. Manfaat buah salak untuk kesehatan selanjutnya adalah mendukung  jantung bekerja dengan optimal. Kandungan kalium dalam salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan membantu mengatur keseimbangan air dalam tubuh. Kandungan antioksidan dan mineral yang tinggi dalam salak juga berperan dalam menjaga fungsi sistem kardiovaskular.
  6. Meningkatkan Imun Tubuh. Ternyata bukan hanya daging buahnya. Kulit salak juga mengandung banyak khasiat. Kulit salak kaya akan berbagai vitamin dan mineral penting, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B6, zat besi, dan kalium. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sehingga manfaat kulit salak untuk kesehatan  adalah meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan mata dan kulit, serta mendukung pembentukan sel darah merah.
  7. Obat Asam Urat. Jangan salah. Biji salak pun bisa dikonsumsi. Isi buah yang keras ini ternyata memiliki efek antibakteri yang berasal dari senyawa aktif seperti asam salisilat, flavonoid, dan tanin. Dengan mempengaruhi dinding sel bakteri, menghambat pertumbuhannya, dan membunuh bakteri secara langsung, senyawa-senyawa tersebut mampu membantu mengurangi rasa sakit akibat penyakit asam urat.

Baca Juga: 10 Manfaat Luar Biasa Jus Tomat dan Wortel untuk Kesehatan

Efek antibakteri ini juga membantu menghambat pertumbuhan dan membunuh bakteri berbahaya, mencegah infeksi, dan mengurangi risiko penyebaran penyakit bakteri. Jangan bingung, karena manfaat biji salak untuk kesehatan bisa didapatkan dalam bentuk olahan kopi.

Ternyata banyak sekali manfaat salak untuk kesehatan. Bukan hanya dari daging buahnya, tapi juga dari kulit dan bijinya. Jadi tak perlu merasa ber-sala(k)h jika ingin mengkonsumsi buah yang satu ini!

0 comments on “Bukan Hanya Daging Buahnya, loh! Ini 7 Manfaat Salak untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.