Trip ke Gunung atau ke Pantai?
Local Experiences

Ini Tips Ngetrip Aman di Akhir Tahun Saat Pandemi COVID-19

Biar gak was-was saat liburan di akhir tahun ini karena masih pandemi COVID-19, baca tipsnya

Akhir tahun sebentar lagi nih, pasti Kawanjo sudah punya rencana untuk liburan. Tapi ternyata di akhir tahun ini, pandemi masih menghantui. Ditambah lagi ada varian baru, Omicron yang bikin ketar-ketir.

Buat Kawanjo yang sudah merencanakan liburan di akhir tahun, mungkin panik dengan adanya varian terbaru ini. Tapi, jangan sedih. Di artikel ini, Kawanjo bisa tahu apa saja yang harus dilakukan agar ngetrip aman di tengah pandemi.

BACA JUGA: Temukan Kedamaian di Puncak Gunung Sindoro Bersama Pigijo!

Ngetrip selama pandemi memang sangat berbeda dengan yang biasanya kita lakukan. Ada berbagai protokol kesehatan tambahan yang harus dilalui sebelum berwisata, seperti melampirkan sertifikat vaksinasi, bukti hasil tes PCR atau antigen, dan lain sebagainya.

Pigijo sudah rangkumkan beberapa tips ngetrip akhir tahun yang aman saat pandemi. Simak tips berikut ya!

1. Memastikan Status atau Level Covid-19 di Daerah Tujuan Wisata

Destinasi wisata viral
Pastikan tempat ngetrip Kawanjo aman dari penularan virus corona.

Wajib banget buat Kawanjo untuk memastikan level covid-19 di daerah tujuan wisata yang akan dikunjungi. Ini menjadi hal pertama yang harus dilakukan kalau mau ngetrip di akhir tahun.

Jika daerah yang akan Kawanjo kunjungi statusnya merah atau berada di level tertinggi penularan, ada baiknya ditunda dulu perjalanan liburannya agar tidak menimbulkan risiko. Jangan sampai Kawanjo tertular virus, lalu menyebarkannya kepada anggota keluarga lain usai liburan pada akhir tahun.

2. Melengkapi Syarat Bepergian yang Ditetapkan Pemerintah

COVID-19, DESTINASI WISATA, DUNIA PARIWISATA, INDONESIA, KEMENPAREKRAF, KEMENTRIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF, SANDIAGA UNO, SANDI UNO, PAKET WISATA, PANTAI, PIGIJO, PIGINEWS, GeNOSE, GENOSE c19, BANDARA SOEKARNO HATTA, BANDARA SOETTA, GENOSE BANDARA SOETTA, TRIP, TRIP MURAH, PCR, SWAB, SWAB ANTIGEN, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Bandara Internasional Yogyakarta, Bandara Internasional Juanda, Surabaya
Jangan lupa tes corona sebelum ngetrip di akhir tahun.

Selama pandemi covid-19, pemerintah memberlakukan sejumlah syarat untuk warga yang akan berlibur di akhir tahun. Langkah ini dilakukan untuk mencegah lonjakan kasus covid-19 selama libur Natal dan Tahun Baru.

Pertama, mendapat surat keterangan dari RT/RW tempat kamu tinggal. Kemudian, melakukan tes antigen/PCR. Jika hasilnya negatif, Kawanjo baru boleh ngetrip ya.

Ketiga, harus mendapatkan tiga stiker yang ditempel di rumah asal, kendaraan hingga rumah tujuan. Stiker tersebut menunjukkan bahwa Kawanjo sudah divaksinasi COVID-19.

Dikutip dari laman Kompas.com, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, syarat tersebut diterapkan agar masyarakat bisa ikut membantu mengawasi tetangganya yang pergi liburan saat Natal dan Tahun Baru.

Dengan demikian, masyarakat bisa mengontrol tetangganya yang liburan.

3. Unduh Aplikasi Perjalanan

Aplikasi yang wajib kamu punya sebelum ke Korea Selatan
Unduh aplikasi penting saat perjalanan

Ada beragam aplikasi perjalanan yang bisa Kawanjo unduh untuk mempermudah aktivitas di kota tujuanmu. Mulai dari layanan ojek online, layanan pemesanan tiket pesawat dan kereta api, hingga aplikasi rental mobil bisa dipakai untuk mengetahui gambaran rute di kota tersebut.

Aplikasi ini dapat membantu Kawanjo untuk mencari jalan, tempat wisata hits di daerah ngetrip, dan lain sebagainya.

4. Bawa Perlengkapan Sendiri

Ini Tips Ngetrip Aman di Akhir Tahun Saat Pandemi COVID-19
Sangat dianjurkan membawa alat pribadi saat ngetrip di masa pandemi.

Karena berada di dalam pandemi, ada baiknya jika Kawanjo membawa perlengkapan sendiri, seperti alat mandi, handuk, dan lain sebagainya. Tujuannya tentu saja untuk mencegah terinfeksi covid-19. Memang agak ribet, tapi demi kebaikan diri sendiri dan keluarga usai liburan nanti.

BACA JUGA: Ekowisata Itu Murah, Padahal? Yuk, Simak Faktanya

Selain itu, jangan lupa untuk membawa beberapa masker. Karena biasanya saat ngetrip kita bertemu banyak orang dan tidak tahu apakah mereka tertular virus atau tidak. Untuk pencegahan, ada baiknya membawa beberapa buah masker yang dapat digunakan bergantian. Lagipula, di Indonesia masih diterapkan wajib masker di tempat umum terbuka dan tertutup.

Jangan lupa juga membawa hand sanitizer dan tissue basah. Ingat, sehabis pegang barang, ada baiknya mencuci tangan, atau menggunakan hand sanitizer.

5. Jaga Jarak Sosial

AIR TERJUN, BOGOR, CIANJUR, CIBODAS, CURUG, CURUG CIBEUREUM, CURUG LEUWI HEJO, GOA GARUNGGANG, GUNUNG PANCAR, GUNUNG PANGRANGO, HITS, JUNGLELAND, KAWANJO, LOCAL EXPERIENCES, NGETRIP, OPEN TRIP, PAKET WISATA, PIGIJO, PUNCAK, SENTUL, TRAVELER, TRIP, Bulan puasa, bulan ramadhan, ngabuburit, hutan babakan, leuwi lieuk, leuwi cepet, curug barong, wisata curug, trekking, trekking bogor, curug leuwi ciung, curug baliung, curug cibaliung, Gua garunggang, goa garunggang, goa agung garunggang, jurassic park mini, cigobang, babakan madang, sungai ciherang, hutan cisadon, rawa gede, trip murah, paket wisata, paket wisata murah, ngetrip ramadan, ngetrip murah, curug barong, curug cikuluwung, curug sawer, suk asih, little green canyon, green canyon bogor,
Masih dalam masa pandemi, jaga jarak itu perlu ya Kawanjo.

Sejak awal pandemi covid-19 di Indonesia, pemerintah menerapkan untuk menjaga jarak sosial. Karena pandemi belum berakhir, Kawanjo jangan lupa untuk selalu menjaga jarak saat sedang ngetrip.

Jika tidak bisa menjaga jarak, misalnya karena posisi duduk di pesawat, tetap kenakan masker agar Kawanjo terlindungi dari virus. Enggak mau kan sehabis ngetrip malah tertular virus? Tapi jika Kawanjo sudah melakukan semua protokol Kesehatan, diharapkan tidak akan tertular virus.

6. . Pilih Aktivitas Aman

Ngetrip di masa pandemi
Utamakan pergi berlibur bersama keluarga dahulu, karena kita tahu riwayat kesehatannya. Tetap menggunakan masker dan menjalankan prokes. Hindari menyentuh area wajah sebelum cuci tangan dan jauhi kerumunan.

Yang terakhir, jika sudah tiba di tempat wisata, pilihlah aktivitas yang aman. Jangan lupa juga untuk mencuci tangan dengan air dan sabun atau memakai hand sanitizer saat memasuki atau meninggalkan lokasi wisata.

Itu dia tips aman ngetrip di akhir tahun saat pandemi. Emang agak ribet sih, tapi semuanya untuk kebaikan kita bersama. Tetap patuhi protokol kesehatan dan keamanan agar tidak tertular virus. Sambil mikirin enaknya ngetrip kemana saat akhir tahun, Kawanjo bisa cek di Pigijo. Banyak penawaran menarik untuk kamu di sini. Stay safe and healthy!

BACA JUGA: 7 Santapan Natal Khas Nusantara Dijamin Bikin Ngiler

0 comments on “Ini Tips Ngetrip Aman di Akhir Tahun Saat Pandemi COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published.