Ngetrip sambil menikmati kopi
Local Experiences

Suka Ngopi? Nih Cobain Ngetrip ke 6 Daerah di Indonesia Ini

Indonesia itu gak cuma hebat dan keren destinasi wisatanya, tapi juga dikenal sebagai negara penghasil kopi-kopi terbaik. Kepoin 6 daerah penghasil kopi di Indonesia ini

Pernah ada nggak diantara kalian yang pergi ngetrip gak tidak hanya bertujuan untuk refreshing saja tapi juga ingin berburu sesuatu yang khas dari kota yang dikunjungi? Mulai dari kerajinan tangannya, kulinernya atau bahkan mungkin yang dihasilkan dari kota tersebut seperti kopi terbaik. Bicara soal kopi, ini adalah minuman wajib bagi semua orang dan kalangan. Bahkan ada pepatah, “Awali harimu dengan secangkir kopi”.

Baca Juga : Menelusuri Surga Kopi di Lereng Malabar

Kopi itu nggak bisa tumbuh di sembarang tempat. Kalau bisa sih mungkin bisa kita bertanam di halam rumah, hehehe. Kopi itu bisa tumbuh jika di lingkungan sekitarnya mendukung. Kopi tumbuh jika berada pada iklim yang tepat, ketinggian daerah, curah hujan, dan kondisi angin. Itulah sebabnya kenapa kopi tumbuh subur di Indonesia. 

Sekilas sejarah kopi. Biji kopi awalnya dibawa oleh Belanda ke Indonesia tepatnya di Kedawung dan siapa sangka tanaman kopi diminati di Eropa. Pada saat itu, biji kopi dikirim ke daerah lain di Indonesia untuk diberdayakan. Nah, buat kawanjo yang mau ngetrip sambil menikmati kopi-kopi ternikmat di Indonesia sebaiknya cek destinasi wisata berikut ini. 

1. Mandailing Andalan Pecinta Kopi

Hobi Ngopi, Nih Trip ke kota penghasil kopi terbaik
Ngetrip ke Mandailing sekalian cobain kopi terbaiknya

Pertama kali saya mengenal kopi adalah jenis kopi yang berasal dari Mandailing. Buat pemula, citra rasa kopi ini cocok karena tidak begitu asam dan bagi saya pribadi masih aman. Nah, kopi ini dari pulau Sumatera, dan salah satu daerah penghasil biji kopi terbaik di Indonesia tepatnya di Mandailing. Kopi di sana sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda sampai sekarang. Aromanya unik, wangi buah dan floral. Pokoknya, kopi Mandailing ini saya taruh di daftar pertama. 

2. Flores Juga Punya Kopi Nikmat!

Hobi Ngopi? Trip ke kota penghasil kopi terbaik di Indonesia
Flores gak ada lawan urusan kopi mah. Dijamin tripnya lebih bermakna deh.

Siapa di sini yang gak pernah tahu atau mendengar Flores? Sudah pasti semuanya tahu. Flores ada di antara dua iklim yaitu iklim tropis Indonesia dan subtropis Australia. Urusan kopi, Flores gak ada lawan! Kopi Flores tumbuh di Kabupaten Ngada yaitu daerah pegunungan dengan tanah vulkanis. Jenis kopinya ada dua nih kawanjo, Bajawa dan Manggarai. Bajawa masuk ke arabika yang punya keasaman normal kok. Sedangkan Manggarai arabika rasanya lebih ke fruity dan sediki kacang. 

3. Kintamani Bali Juga Kopinya Mantab

Hobi Ngopi? Cobain trip ke kota penghasil kopi terbaik di Indonesia
Bali gak cuma keren destinasi wisatanya, tapi di Kintamani juga punya kopi andalan yang melegenda

Seperti yang diatas, Indonesia nggak hanya terkenal dengan keindahan destinasi wisatanya, tapi juga kopi-kopi nikmatnya. Nih, anak kopi pasti tahu selain Bajawa dan Mandailing, Indonesia masih punya Kintamani Bali. di Kintamani Bali nggak cuma keren wisatanya saja tapi juga punya kopi Kintamani yang terkenal dan berasal dari lereng Gunung Batur. Tanah subur dan juga berasal dari vulkanis gunung berapi, ditambah lagi perkebunan kopi yang dekat dengan pohon buah-buahan jadi menimbulkan rasa yang unik. 

4. Toraja Kopi

Hobi Ngopi? Cobain trip ke kota penghasil kopi terbaik di Indonesia
Toraja juga punya kopi enak kawanjo

Ke empat itu saya masukan Toraja. Wow, Toraja itu dikenal sebagai satu kota di Indonesia dengan destinasi wisata keren kawanjo. Tidak hanya itu saja, kebudayaannya juga sangat unik dan disukai dunia. Tapi gak kalah juga kok urusan kopi. Toraja masuk sebagai daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Biji kopinya ada di dataran tinggi sekitar 1400 mdpl di Sulawesi Selatan ini punya rasa seperti buah. Sensasi pahit pada ujung lidah, dan keasaman yang pas. Pokoknya karakter kopi ini  oke boleh deh kawanjo. 

5. Lampung

Hobi ngopi? Cobain trip ke kota penghasil kopi terbaik di Indonesia
Ada yang bilang kopi paling enak itu kopi Lampung. Tapi balik lagi ke selera, intinya kopi-kopi terenak itu ada di Indonesia kawanjo!

Para pecinta kopi pasti tahu nih kopi Lampung. Kopi di Lampung termasuk kopi yang berkualitas. Ini dikarenakan biji kopinya tumbuh di ketinggian 800 mdpl. Jenis kopinya robusta. Kopi ini punya aroma coklat dan rempah-rempah. Aftertastenya sangat mewah ada kacang, manis, karamel sampai pahit seperti kakao. 

6. Malabar, Pangalengan

Edutrip MA
Kopi Malabar bisa dinikmati sambil trip

Kopi Malabar di Jawa Barat menjadi salah satu kopi arabika terbaik di Indonesia. Terkenal dengan sebutan Java Preanger yang diakui secara internasional sebagai specialty coffee atau kopi arabika dengan kualitas tinggi. Tentu saja bahan-bahan Kopi Malabar berkualitas tinggi, proses pembuatannya pun tidak main-main. Semuanya dikerjakan sepenuh jiwa dan raga.

Untuk merasakan langsung sensasi Kopi Malabar, kamu bisa ikutan trip ke Malabar Maountain Coffee di sini.

Sudah siap belum ngetrip sambil menikmati kopi terbaik di Indonesia? Cek paket wisatanya di sini sekarang juga kawanjo. 

Baca Juga : 5 Kopi Indonesia yang Mendunia

0 comments on “Suka Ngopi? Nih Cobain Ngetrip ke 6 Daerah di Indonesia Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published.