Destinasi wisata sustainabel tourism
PigiNews

Inilah Daftar 5 Destinasi Wisata Dengan Basis Sustainable di Indonesia

Pariwisata berkelanjutan terus digenjot oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Bukan hal baru lagi jika banyak upaya dilakukan oleh Kemenparekraf untuk kembali membangkitkan dunia pariwisata yang sempat jatuh karena pandemi COVID-19. Salah satu dari sekian banyaknya adalah mendorong pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism. Apa itu sustainable tourism? Ini merupakan pengembangan konsep berwisata yang bisa berikan dampak positif dalam jangka panjang.

Baca Juga : Di Condet, Sandiaga Uno Luncurkan Pedoman Pengembangan Desa Kreatif

Baik terhadap lingkungan, sosial, budaya dan terutama adalah ekonomi. Dalam pengembangan sustainable tourism, Kemenparekraf fokus pada empat pilar. Mulai dar pengelolaan berkelanjutan (bisnis pariwisata), ekonomi berkelanjutan (sosio ekonomi) jangka panjang, keberlanjutan budaya (sustainable culture) dan juga aspek lingkungan (environment sustainable)

Dari pilar inilah tren pariwisata berkelanjutan tidak hanya jadi kegiatan berwisata, tapi sekaligus juga memperhatikan protokol berwisata yang berkaitan dengan kesehatan, keamanan, kenyamanan, dan kelestarian alam. Oleh karena itu ada 5 destinasi wisata yang difokuskan berbasis sustainable tourism. 

1. Taman Nasional Baluran

Dengan konsep konservasi alam, destinasi wisata Taman Nasional Baluran juga jadi masuk sebagai satu dari lima destinasi wisata sustainable tourism. Di sini itu fokus kepada pendukung pelestarian satwa dan lingkungan sekaligus mampu menunjang kesejahteraan masyarakat setempat.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Masuk sebagai destinasi wisata warisan dunia dan rumah bagi badak Jawa, Taman Nasional Ujung Kulon juga jadi daftar sebagai destinasi wisata sustainable tourism kawanjo. 

3. Sangeh Monkey Forest

Siapa yang tidak tahu destinasi wisata favorit ini di Ubud Bali? Di sini wisatawan bisa lihat habitat alami ratusan monyet ekor panjang. Tidak hanya itu, bahkan juga masuk dalam kawasan hutan lindung Bali. Sangeh Monkey Forest juga masuk sebagai destinasi wisata sustainable tourism nih. 

4. Punti Kayu Palembang

Kawajo tahu kalau di sini jadi sebagai kawasan penyumbang oksigen terbesar di Palembang? Yup. ini adalah destinasi wisata dengan konsep sustainable tourism juga nih. Di sini itu banyak banget pohon pinus dan juga berbagai macam flora, mulai dari mahoni, talog sampai akasia. 

5. Umbul Ponggok

Ini jadi dan masuk sebagai destinasi wisata sustainable tourism yang sangat menarik. Lokasinya ada di Klaten Jawa Tengah. Destinasi wisata ini punya potensi sumber air yang sangat berlimpah. 

Baca Juga : Ada Akulturasi Budaya Jawa di Bali? Yuk Intip Desa Wisata Puri Kaba-Kaba!

0 comments on “Inilah Daftar 5 Destinasi Wisata Dengan Basis Sustainable di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.