Intip Keindahan Pulau Sombori, Raja Ampatnya Sulawesi Tengah
Local Experiences

Intip Keindahan Pulau Sombori, Raja Ampatnya Sulawesi Tengah

Raja Ampat kedua di Indonesia! Tengok yuk seberapa indah Pulau Sombori.

Indonesia dikenal banyak sekali pulau indah, salah satunya yang paling terkenal adalah Raja Ampat. Kawanjo tau nggak? Kalau di Sulawesi Tengah itu juga ada Raja Ampat, namanya Pulau Sombori. Pulau Sombori adalah ‘surga tropis’ yang masih tergolong baru di Morowali, Sulawesi Tengah, Pulau ini berada di perbatasan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah. Disebut baru karena memang masih belum banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengenalnya seperti Raja Ampat.

Pulau Sombori dikenal memiliki pantai yang sangat jernih, memiliki air berwarna hijau kebiruan, ditambah dengan pemandangan gugusan pulau serta tebing karst yang eksotis. Untuk mencapai ke Pulau Sombori, Kawanjo harus memulai perjalanan dari kota asal ke Bandara Maleo, Morowali. Kemudian, lanjutkan jalur darat ke Bungku, ibu kota Morowali sekitar setengah jam. Lalu menumpang kapal cepat sekitar dua jam sampai ke pulau. Bisa juga memilih perjalanan dari Kendari ke Pelabuhan Molawe, Konawe Utara.

Wisatawan yang berkunjung ke Pulau Sombori banyak yang bilang juga jika pulau ini mirip dengan pulau yang berada di Thailand. Karena disekitar Pulau Sombori terdapat tebing-tebing tinggi yang membuat pengunjung seperti berada di Pulau Phi Phi Thailand.

Jika Kawanjo mau berkunjung  ke destinasi wisata ini, nih kita kasih beberapa keindahan yang dimiliki destinasi wisata Pulau Sombori yang wajib di eksplor selama liburan di pulau ini.

1. Pulau Kayangan

pulau sombori, raja ampat, sulawesi tengah, destinasi wisata, kawanjo, pulau kayangan, goa berlian, goa tengkorak, goa allo, rumah nenek indong, nenek indong,
Kawanjo bisa melihat pemandangan hamparan pantai, pulau, beserta luasnya lautan berwarna biru dari atas tebing.

Pulau ini terletak di perairan Laut banda Sulawesi Tengah. Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang berada di Pulau Sombori. Pulau Kayangan memiliki pantai sepanjang 20-50 meter dan berhias tebing-tebing batu menjulang tinggi. Perairannya terbilang dangkal, sehingga aman untuk berenang, bermain air, snorkeling, dan diving bagi pemula.

Setelah puas bermain di pantai, Kawanjo dapat mendaki ke puncak bukit yang ada di Pulau Kayangan. Jalurnya bebatuan dan agak licin, tetapi cukup ditempuh dalam waktu 10 menit saja. Dari atas puncak bukit, Kawanjo bisa melihat hamparan pantai, pulau, beserta luasnya lautan berwarna biru.

Kawanjo yang berkunjung ke Pulau ini pasti akan terkesima dengan keindahannya, dipastikan juga Kawanjo bakal betah banget berada di pulau ini untuk tinggal berlama-lama karena keindahan yang ditawarkan benar-benar sulit untuk dilupakan.

2. Goa Berlian dan Goa Tengkorak

pulau sombori, raja ampat, sulawesi tengah, destinasi wisata, kawanjo, pulau kayangan, goa berlian, goa tengkorak, goa allo, rumah nenek indong, nenek indong,
Goa yang memiliki stalaktit berkilau mirip berlian saat terkena cahaya matahari dan terdapat banyak tengkorak didalamnya.

Selain kawasan pantai, jangan lupa menjelajah goa di Pulau Sombori. Salah satunya adalah Goa Berlian. Daya tariknya adalah goa tersebut memiliki stalaktit berkilau mirip berlian saat terkena cahaya matahari. Jika datang pagi-pagi atau siang hari, Kawanjo bisa berkesempatan menikmati pemandangan cahaya matahari masuk ke celah-celah lubang yang biasa disebut ray of light.

Tetapi, jika Kawanjo yang ingin kesini harus mendaki tebing terlebih dahulu yang memiliki kemiringan hingga 70 sampai 80 derajat. Selain itu, Kawanjo juga harus melewati jalan setapak di dalam goa yang berupa bebatuan dan akar pohon jadi Kawanjo juga harus berhati-hati ya.

Selain ada Goa Berlian, ada juga Goa Tengkorak yang letaknya berada di ketinggian 40 meter di atas permukaan laut. Sesuai dengan namanya, goa ini terdapat banyak sekali tengkorak di dalamnya tetapi belum ada yang tahu dari mana asal dan usul tengkorak-tengkorak tersebut.

3. Goa Allo

pulau sombori, raja ampat, sulawesi tengah, destinasi wisata, kawanjo, pulau kayangan, goa berlian, goa tengkorak, goa allo, rumah nenek indong, nenek indong,
Kawanjo bisa berenang sambil menikmati pemandangan tebing dengan stalaktit menyerupai kristal menggantung yang memesona.

Goa ini merupakan salah satu destinasi yang harus dikujungi saat berwisata ke Pulau Sombori. Kondisi goa ini tidak sepadat goa lainnya, sehingga suasana yang ada di sana sangat tenang cocok buat Kawanjo yang tidak terlalu suka dengan keramaian.

Goa  Allo memiliki panjang 30m dengan kedalaman goa 2m, untuk sampai ke Goa Allo ini Kawanjo harus menaiki anak tangga yang berbatu. Tetapi saat Kawanjo sampai ke destinasi wisata ini, Kawanjo akan melihat pemandangan yang menakjubkan Kawanjo dan bisa menemukan sebuah kolam. Di sana Kawanjo bisa berenang sambil menikmati pemandangan tebing dengan stalaktit menyerupai kristal menggantung yang memesona. Kawanjo juga bisa melihat langsung biota laut yang ada di sana, salah satunya ialah teripang hitam. Jangan lupa membawa penerangan sendiri seperti headlamp karena keadaan gua yang cenderung gelap.

4. Rumah Nenek Indong

pulau sombori, raja ampat, sulawesi tengah, destinasi wisata, kawanjo, pulau kayangan, goa berlian, goa tengkorak, goa allo, rumah nenek indong, nenek indong,
Rumah Nenek Indong yang sering dikunjungi wisawatan dan menjadi salah satu objek foto yang wajib didatangi.

Ada satu tempat yang terbilang unik di Pulau Sombori, wisatawan menyebutnya dengan Rumah Nenek. Memang secara harfiah, rumah tersebut dihuni seorang nenek yang biasa disapa Nenek Indong.

Rumahnya terbuat dari kayu dan berdiri kokoh di atas laut, bila Kawanjo ingin mengunjungi rumah tersebut, Kawanjo bisa menyeberangi papan sebagai jembatan. Pastinya bisa berkesempatan untuk mengobrol dengan Nenek Indong, beliau senang menceritakan kehidupannya zaman dahulu, bahkan cerita soal masa penjajahan Jepang dan Belanda dulu. Rumah Nenek Indong sering dikunjungi wisawatan dan menjadi salah satu objek foto yang wajib didatangi.

Sayangnya, pada Januari 2020 lalu, Nenek Indong telah berpulang, tetapi rumahnya masih tetap ada dan jadi salah satu tempat yang sering dikunjungi wisawatan. Selain mengunjungi rumahnya, Anda pun bisa berkeliling sekitar dengan perahu.  

Itu dia Kawanjo beberapa keindahan yang ditawarkan Pulau Sombori, cantik banget kan. Jadi, bagi Kawanjo yang belum berkesempatan buat menjelajahi Raja Ampat, kalau begitu bagaimana jika mengunjungi Pulau Sombori saja? Dijamin gak kalah indah dibandingkan Raja Ampat. Buat Kawanjo yang lagi cari-cari paket liburan boleh banget nih cek di sini, ada banyak banget paket wisata yang keren dan menarik buat Kawanjo.

Baca Juga : Diselenggarakan di Toba, Apa Itu Konferensi Heritage of Toba?

Penulis : Ikhsani Sholehah

0 comments on “Intip Keindahan Pulau Sombori, Raja Ampatnya Sulawesi Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published.