Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Local Experiences

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi

Belum punya rencana tahun baruan? Lima tempat ini bisa kamu jajal untuk melepas tahun 2021

Tahun 2022 tinggal menghitung hari. Ya, tiga bulan lagi kawanjo akan segera berpisah dengan tahun 2021. Cepat sekali, ya, rasanya! Meski masih diwarnai dengan perkara pandemi, namun banyak harapan baru yang tumbuh di pertengahan tahun ini. Rutinitas pra-pandemi mulai dilakukan, kegiatan tatap muka sudah banyak dimulai, dan vaksinasi pun kian gencar.

Tentu ini bukan kabar yang biasa-biasa saja. Ada titik terang dan optimisme atas keadaan bumi yang semakin hari dirasa semakin baik. Meski kewaspadaan harus tetap diutamakan, namun rasa lega sedikit banyak sudah mulai bisa dirasakan. Aktivitas wisata pun kembali marak dan sejumlah destinasi mulai dipadati oleh pengunjung. Hotel-hotel sudah fully booked!

Nah, kawanjo sendiri sudah punya rencana belum akhir tahun nanti akan ke mana dan ngapain? Kalau belum, Pigijo punya rekomendasi tempat terbaru di Jakarta, nih, yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari hotel bintang 5 sampai ruang kreatif, semua bisa kawanjo kunjungi untuk usaikan waktu sebelum habis tahun 2021. Penasaran apa saja tempatnya? Baca artikel ini sampai habis, yaaa…

1. The Langham Jakarta

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Lobi megah yang luar biasa memukau

Dibangun pertama kali di kawasan elit, Regent Street, kota London, pada tahun 1865, Langham Hotel lekas jadi hotel grande pertama yang ada di Eropa. Diperuntukkan pertama kali untuk para pembesar negara, politikus, keluarga kerajaan, selebritas, dan persona-persona ternama seperti Napoleon III, Oscar Wilde, dan juga Mark Twain, hotel ini pun jadi salah satu hotel pertama di dunia yang dirancang dan dikonsepkan dengan sebegitu mewahnya.

Sudah punya 22 hotel yang tersebar di 4 benua, Langham pun akhirnya resmi membuka hotel pertamanya di Indonesia pada bulan September silam. Terletak di bilangan SCBD, Jakarta Selatan, The Langham Jakarta lekas menarik perhatian para pencinta staycation di ibukota dan para penggemar lavish holiday yang biasanya datang dari luar kota.

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Area makan nan cantik dan elegan. Cocok untuk habiskan malam tahun baru

Dengan pemandangan langsung menghadap Jl. Jendral Sudirman dan SCBD, maka tampilan kota akan bisa kawanjo nikmati dengan indahnya terutama saat malam tiba. Jika mau jalan-jalan dan cari makanan enak, kamu tinggal bergeser sedikit ke Ashta District yang berada persis di sebelahnya. Ingin belanja kebutuhan sehari-hari pun bisa langsung melipir ke Grand Lucky Supermaret. Lokasinya super strategis dan benar-benar ada di tengah megahnya Kota Jakarta!

Sama seperti Regent Street, SCBD merupakan area kelas satu di ibukota. Kawasan platinum yang dikelilingi oleh perkantoran dan pusat perbelanjaan ekslusif seperti Bursa Efek Jakarta dan Pacific Place ini berubah jadi kawasan penting sejak pertengahan tahun 90’an. Tak heran Langham membuka pintu pertamanya di Indonesia di area ini. Meski dari luar tak tampak megah, namun begitu masuk, interior grande akan segera menyambut sebagai sebuah karakter utama.

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Berenang di sini pasti rasanya beda!

Ada 6 pilihan kamar mulai dari Deluxe, Deluxe Cityscape, Deluxe Skyline, Excecutive, Executive Cityscape, hingga Langham One Bedroom Suite yang bisa kamu pilih. Tersedia dari harga Rp2.800.000 – 15.300.000/malam, kawanjo akan rasakan pengalaman menginap di tengah kota yang tak cuma mewah tapi sungguh menawan. Cocok untuk rayakan pergantian tahun bersama pasangan, teman, atau keluarga.

2. The Orient Hotel Jakarta

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Desain kamar klasik yang memanjakan mata rancangan Bill Bensley

Hadir di Jl. Jendral Sudirman, Jakarta, hotel butik ini lekas mencuri perhatian dengan gaya Dutch East Indies yang kental sehingga akan lekas membangkitkan rasa nostalgia bagi siapa pun yang masuk ke dalamnya. Dengan sentuhan lokal dalam balutan style kolonialisme di masa lalu bak membuat hotel butik ini jadi menarik untuk disambangi.

Namun meski mengusung cita rasa masa lalu dalam urusan tata ruangnya, hotel ini punya target wisatawan urban nan modern yang senang dengan hal-hal inovatif dan tampilan unik di mana sangat catchy untuk digunakan sebagai objek foto. Tak cuma itu, ada banyak sudut yang memang tampak modern seperti area kamar mandi dan juga pintu masuk lobi.

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Para tamu akan dimanja dengan wallpaper motif batik di tiap ruangan

Semua dikonsepkan dengan sangat baik dalam gedung berlantai 32 ini. Punya 153 kamar yang bisa dipilih mulai dari Deluxe Rooms hingga Presidential Suite, semua dihiasi dengan pola-pola batik yang meski tampak tradisional namun kesan urban tetap terasa dalam tiap sentuhannya. Dirancang oleh Bill Bensley yang merupakan seorang landscape architect, architect, dan interior designer, maka tak heran jika tiap sudut ruangnya tampak begitu artsy.

Jika kawanjo penasaran dan ingin mengintip situs mereka, maka kawanjo pun akan langsung dibuat bahagia dengan desain website yang tampak sangat Indonesia yaitu dengan menampilkan gambar topeng Nusantara. Untuk fasilitas pendukung tentu hotel ini dilengkapi dengan infinity pool manis yang berada di lantai 5 yang juga berfungsi sebagai kolam hydrotherapy.

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Habiskan malam di sini? Sepertinya amat classy!

Untuk restoran dan bar, ada restoran Spanyol modern yaitu Caspar, The Library Lounge dengan sesi afternoon tea kala sore dan sesi minum whiskey kala malam tiba, dan Pool Bar yang punya deret tiki cocktails segar untuk dinikmati menjelang sunset. Dengan kelengkapan ini, nampaknya The Orient Hotel Jakarta cocok untuk kawanjo kunjungi untuk bersenang-senang dan melepas lelah.

Baca juga: Inilah Penemuan Canggih yang Bisa Mempermudah Traveling

3. Pos Bloc Jakarta

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Setelah MBloc, kini hadir Pos Bloc sebagai ruang kreatif bagi masyarakat ibukota

Merupakan proyek revitalisasi dan pengalihfungsian bangunan lama yang rentan dihancurkan setelah M Bloc Space, Pos Bloc pun hadir sebagai napas baru yang berdiri indah di bilangan Pasar Baru. Dulu, tempat ini bernama Gedung Filateli. Kini, ia berganti jadi tempat seru yang wajib kawanjo sambangi untuk melihat bagaimana indahnya gedung ini di masa lalu.

Didirikan oleh VOC pada 26 Agustus 1746 pada masa pemerintahan Gubernur Jendral Gustaaf W. Baron van Imhoff, konstruksi historikal berikut hadir sebagai kantor pos pertama di Indonesia yang berdiri megah di sebuah kawasan elit ibukota. Ya, karena dulu Pasar Baru memang sama elitnya dengan daerah Menteng.

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Bagian dalam gedung yang didesain modern dengan tetap mempertahankan bentuk bangunan asli

Mirip dengan pendahulunya yaitu M Bloc Space, Pos Bloc juga didirikan untuk menjadi creative hub bagi masyarakat kota Jakarta. Namun meski dikelola dengan penggarap dan konseptor yang sama, pada dasarnya Pos Bloc punya konsep yang berbeda. Tak Cuma itu, tempat ini juga berada di bawah badan yang berlainan. Saat M Bloc Space ada di bawah Perum Peruri, maka Pos Bloc dikelola langsung oleh PT. Pos Indonesia.

Untuk keseluruhan bangunan, arsitek yang juga menangani M Bloc Space yaitu Jacob Gatot Sura, sedikit banyak mengaplikasikan treatement yang serupa pada gedung ini. Saat masuk, seketika kawanjo akan dibuat kagum oleh kosntruksi asli bangunan yang memukau. Disertai langit-langit tinggi dan sistem bukaan yang banyak, menjadikan tempat ini terasa sejuk meski berada di tengah kota.

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Suasana syahdu di malam hari

Karena spasialnya luas, maka ada 25 ruang untuk tenant yang disediakan dalam Pos Bloc. Mulai dari kedai bakmi, kedai kopi, toko merchandise, toko baju, toko jamu, hingga makanan kecil, semua ada. Oh, iya. Kalau ke sini jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh Nas-Tar by Ritz, ya. Karena, kawanjo akan menemukan kue nastar dalam bentuk lain yaitu bentuk nanas yang imut sekali! Lucu sehingga cocok untuk dijadikan buah tangan.

Last but not least, jika kawanjo ke sini bawa kendaraan, maka jangan kuatir tak dapat parkir seperti di M Bloc, ya. Sebab jika bawa mobil, kawanjo bisa memarkirkannya di halaman Gedung Kesenian Jakarta. Jika bawa motor, maka langsung letakkan saja di area parkir motor yang tersedia di depan gedung. Lalu jika bawa sepeda, ada tempat untuk menaruhnya di dalam area Pos Bloc, kok! Jadi untuk urusan parkir-memarkir di sini takkan ada kendala.

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Nastar spesial yang harus kawanjo beli untuk oleh-oleh atau untuk diri sendiri. Bentuknya lucu, rasanya enak!

Saran Pigijo, datanglah menjelang sore atau saat malam. Karena, ini adalah suasana terbaiknya! Kawanjo bisa ngopi sambil lihat lalu lintas kendaraan di area depan gedung. Suasananya juga menyenangkan sebab kawanjo seakan sedang dibawa ke masa lalu karena bangunan dan lansekapnya masih sangat kuno. Asyik sekali, kan. Di Jakarta ada ruang modern dalam balutan jadul, jarang!

4. Taman Ismail Marzuki

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
TIM dengan wajah barunya

Menggandeng arsitek ternama, Andra Matin, pada tahun 2019, Taman Ismail Marzuki kini tampil dengan wajah baru. Lekat dengan sebutan ‘gudangnya para seniman’ selama puluhan tahun, tempat yang dulunya menaungi Institut Kesenian Jakarta, Bioskop, Planetarium, dan teater megah di dalamnya ini kini berubah wujud jadi sangat kekinian dan begitu urban.

Dengan tidak menghilangkan identitas aslinya, TIM dalam wujud anyar ini juga diharapkan dapat kembali menjadi pusat kesenian kota Jakarta. Berlokasi di Jl. Cikini Raya, pengerjaan gedung dengan luas total 72.551 meter persegi ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama yaitu pembangunan Gedung Parkir Taman dan Gedung Panjang yang berisikan perpusatakaan, galeri seni, wisma seni, dan Masjid Amir Hamzah yang mampu menampung sampai 860 orang.

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Akan hadir sebagai pusat kesenian dan kebudayaan Jakarta

Sedangkap tahap kedua, mereka mulai membangun Planetarium, Pusat Pelatihan Seni, Graha Bakti Budaya, Teater Halaman, dan Galeri Annex. Satu yang paling menarik adalah, adanya perpustakaan berisi kumpulan koleksi H.B. Jassin, Paus Sastra Indonesia, yang ada di Gedung Panjang. Dilengkapi pula dengan ruang komunal seperti kafe & ruang belajar, kawanjo pasti makin betah!

Tak cuma itu, tempat ini pun tampak indah dari bagian depan dan cukup menyenangkan untuk dijadikan tujuan olahraga atau sekedar jalan-jalan sore. Dengan hamparan tumput dan tanaman asri yang disertai dengan trotoar lebar nan bersih, membuat gedung ini jadi makin menonjol dibandingkan bangunan yang lainnya. So, yuk, jalan-jalan ke TIM yang baru!

Baca juga: Tipe-Tipe Traveler di Muka Bumi, Kamu Termasuk yang Mana?

5. Cove at Batavia PIK

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Kekinian, menyenangkan, dan Instagrammable!

Terakhir, ada Cove at Batavia PIK yang ada di Jakarta Utara. Buat kamu yang senang dengan kuliner bahari (seafood), maka tempat ini cocok kamu datangi bersama teman, pasangan, atau keluarga. Dirancang khusus sebagai tempat jalan-jalan yang luas dan pet friendly, kawanjo tak cuma bisa makan enak sambil menikmati angin laut tapi juga bisa bawa anabul kawanjo main di sini.

Baru dibuka pada akhir September silam, tempat yang berada di pinggir laut ini mengusung konsep desain ritel ruang terbuka di kawasan Golf Island. Menikmati hidangan lezat sambil memandangi lautan, tentu bisa banget kawanjo lakukan di tempat ini! Berada pada area outdoor seluas 4.555 meter persegi, kawanjo bahkan bisa makan di dalam kapal Phinisi yang terapung di perairan, lho!

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Banyak tempat makan enak dalam satu area. Bikin bingung!

Beberapa tempat makan ternama pun hadir di tempat ini dan bisa lekas jadi favorit. Sebut saja Talassa by GIOI, Sushi Hiro, Cosmic Dog, Gelato Secrets, Hiyoten, Hot Stuff, La Brezza, Living Stone, Ringan Jakarta, Oyster Dealer, Okayu No Ohsho. Pancious Go, This Earth, 3 Mongkis, hingga Ask For Patty, Lawless Burger, dan Pizza Dealer, semua komplet ada di sini!

Jadi tak cuma pet friendly, tempat ini juga sangat kid’s friendly dan family friendly sehingga siapa pun bisa datang dan sangat enjoy berada di tempat baru ini. Jadi jika kawanjo sering bingung kalau weekend mau pergi ke mana atau bosan keluar masuk mall seperti biasa, sekarang sudah ada, nih, tempat baru yang tak cuma seru tapi juga punya sirkulasi udara yang baik terutama di masa pendemi seperti sekarang. Asyik, kan?!

Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi
Who doesn’t love this?! Kawanjo juga pasti suka, kan?

Hayoooo, dari 5 tempat di atas, ada yang sudah pernah kawanjo kunjungi belum? Bisa cek di sini buat dapat rekomendasi nih kawanjo.

Baca Juga : Tipe-Tipe Traveler di Muka Bumi, Kamu Termasuk yang Mana?

0 comments on “Jelang Akhir Tahun, Berikut 5 Tempat Baru di Jakarta yang Layak Kamu Kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.