Kreatif! Inilah 3 Destinasi Wisata Bertabur Hasil Daur Ulang!
Local Experiences

Kreatif! Inilah 3 Destinasi Wisata Bertabur Hasil Daur Ulang!

Siapa sangka, daya imajinatif dapat mengubah sampah menjadi tempat wisata yang menarik loh!

Seperti yang Kawanjo ketahui bahwa sampah sudah menjadi salah satu polemik yang ada di dunia termasuk Indonesia. Maka daripada itu, kita diharuskan untuk selalu mengolah sampah dengan baik. Mulai dari reduce, reuse, dan recycle nih. Nah, dengan kegiatan itu kita dapat membantu dunia dalam hal mengurangi produksi sampah berlebih. Terlebih untuk sampah yang susah sekali terurai nih.

Baca juga: Cobain 5 Kegiatan Liburan Seru di Desa Wisata Tetebatu

Oleh karena itu, muncullah inovasi baru beberapa destinasi wisata hasil dari daur ulang nih, Kawanjo. Udah pernah dengar belum? Destinasi-destinasi ini sangat unik dan kreatif sekali tentunya. Ini merupakan ajang untuk memanfaatkan sampah dengan baik tanpa harus melihatnya menumpuk di sembarang tempat.

1. Junk Yard Auto Park

Kreatif! Inilah 3 Destinasi Wisata Bertabur Hasil Daur Ulang!
Junkyard dengan mobil bekasnya.

Destinasi wisata yang ada di daerah Magelang satu ini memanfaatkan sampah-sampah kecil hingga rongsokan mobil bekas sebagai daya tariknya. Hal ini melambangkan tempat wisata yang identik dengan wisata hasil daur ulang loh, Kawanjo. Di sana Kawanjo bisa menikmati hasil kerajinan dan keunikan dari hasil daur ulang tersebut. Tempatnya yang klasik dan cantik, cocok banget nih untuk berswafoto dengan latar yang instagramable banget nih.

Lokasinya yang tidak jauh dari Candi Borobudur ini bisa Kawanjo nikmati saat berada di sana loh. Yuk liburan seru bareng teman dan keluarga ke Junk Yard Auto Park!

2. Taman Gajah Tunggal, Tangerang

destinasi wisata, pigijo, kawanjo, daur ulang, wisata daur ulang, wisata unik, Junk yard auto park,  Taman Gajah Tunggal, Tangerang, gardu action,
Patung gajah besar hasil dari ban bekas.

Wisata hasil daur ulang selanjutnya terletak di Tangerang nih Kawanjo. Taman yang berada di tepi Sungai Cisande ini memanfaatkan ban bekas sebagai daya tarik mengolah tempat wisata tersebut, loh. Unik bukan? Bahkan ada patung gajah besar yang dibuat dari ban bekas yang cocok untuk Kawanjo mengabadikan foto bersama nih. Ban bekas yang digunakan sudah melewati fase daur ulang ke berbagai bentuk.

Bukan hanya gajah besar itu saja, namun untuk ayunan dan juga berbagai spot foto lainnya nih, Kawanjo. Bagi Kawanjo yang lagi jalan-jalan di sekitar Tangerang, boleh banget nih mampir melihat kekreatifan masyarakat di tempat ini ya.

3. Gardu Action, Yogyakarta

Kreatif! Inilah 3 Destinasi Wisata Bertabur Hasil Daur Ulang!
Pohon harapan hasil kreasi pemuda setempat.

Gardu Action ini berlokasi di kawasan Pantai Parangkusumo, Yogyakarta. Tempat ini ada karena gerakan para pemuda di sana yang berniat ingin mengurangi banyaknya sampah di bumi. Mulai dari tempat duduk dan ayunan yang ada terbuat dari kayu, ban bekas dan sofa-sofa usang. Melengkapi indahnya tempat tersebut dengan perintilan-perintilan tersebut. Ornamen penghias yang dibuat sederhana tersebut melengkapi spot-spot foto yang ada di kawasan pantai tersebut.

Baca juga: Nginep di Gelembung sampai Tinggal di Desa Bajak Laut, Inilah 5 Hotel Unik di Bali

Sampah-sampah tersebut kebanyakan merupakan sampah yang berada di pantai dan menjadikan pantai tersebut bersih dan nyaman untuk dikunjungi. Di sana Kawanjo juga bisa belajar dari para anak muda yang menyukseskan adanya gardu action ini loh. Siap untuk menikmati indahnya pantai sambil belajar mengenai sampah? Yuk yang lagi di Yogyakarta, bisa langsung aja nih ke Gardu Action.

Nah, gimana nih Kawanjo? Sekarang udah tahukan beberapa tempat yang menjadi hasil daur ulang serta dijadikan wisata yang instagramable banget nih. Boleh banget nih untuk Kawanjo kunjungi dan mengamati gimana sih sampah-sampah tersebut didaur ulang sedemikian rupa menjadi tempat wisata. Kalau Kawanjo berminat mencari paket wisata menarik lainnya bisa cek  di sini ya. Selamat berlibur!

Baca juga: 10 Museum Unik di Indonesia, Jadi Alternatif Liburan Seru

Penulis: Sadhwi Nittya Suksma

0 comments on “Kreatif! Inilah 3 Destinasi Wisata Bertabur Hasil Daur Ulang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.