Tahun baruan
Local Experiences

Lampion Hingga Doa, Inilah 5 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia

Yuk lihat apa saja tradisi tahun baru di Indonesia.

Tahun 2021 tinggal kurang lebih sepakan. Setelah melewati ratusan hari Kawanjo akan memasuki tahun baru, tahun 2022. Meski berat lantaran pandemi corona belum usai, bahkan sempat memuncak di pertengahan tahun, 2021 punya banyak cerita.

Untuk merayakan keberhasilan Kawanjo melewati tahun 2021, banyak kegiatan khas perayaan Tahun Baru di Indonesia yang bisa dilakukan. Mulai dari tiup terompet hingga makan bersama adalah contoh kecilnya. Kegiatan itu biasanya dilakukan ketika suasana normal sebelum pandemi COVID-19 datang menyerang.

BACA JUGA: 7 Ide Seru Habiskan Malam Tahun Baru Bagi Kawanjo yang Ada di Rumah

Saat ini berbagai macam kegiatan khas Tahun Baru di Indonesia, sudah bisa kembali dilakukan. Kendati demikian, kegiatan-kegiatan tersebut wajib dijalankan dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan. Sebab, walau tren kasus baru corona sudah menurun, varian Omicron yang menular sudah ditemukan di Indonesia. Oleh karenanya, Kawanjo wajib banget waspada.

Oke deh, enggak usah berlama-lama lagi ini lima kegiatan tahun baru khas Indonesia, yuk disimak-simak bersama dan jangan lupa disiplin protokol kesehatan Kawanjo:

1. Menyaksikan Kembang Api

Lampion Hingga Doa, Inilah 5 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia
Perayaan Tahun Baru melihat kembang api.

Sebelum pandemi COVID-19, di setiap detik pergantian tahun pasti ada kembang api yang dinyalakan dan menghiasi langit-langit di Indonesia. Dentuman dan pancaran warna kembang api melambangkan kegembiraan menyambut tahun yang baru. Menyaksikan kembang api pun seakan sudah menjadi tradisi warga Indonesia menyambut tahun baru.

Nah, di tahun kedua pandemi COVID-19 beberapa tempat yang biasa menyelenggarakan pesta kembang api memutuskan untuk kembali menunda tradisi tahun baru tersebut. Kawanjo jangan sedih, pesta kembang api bisa digelar mandiri di rumah. Tinggal beli kembang api dan sama-sama saksikan dengan keluarga sampai teman dekat, keseruannya juga tak jauh berbeda. Dan, so pasti lebih aman karena kerumunan orang bisa dibatasi jika diadakan di rumah sendiri.

  1. Berdoa
Lampion Hingga Doa, Inilah 5 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia
Berdoa menyambut tahun bau

Doa adalah cara paling sederhana dan mudah untuk mensyukuri perjalanan setahun. Berdoa bersama bahkan sudah menjadi tradisi tahun baru yang melekat di keluarga-keluarga di Indonesia. Nah, karena pandemi COVID-19 belum seutuhnya selesai, maka berdoa bersama bisa jadi opsi utama untuk merayakan tahun baru 2022.

  1. Bakar-bakaran
Lampion Hingga Doa, Inilah 5 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia
Bakar-bakaran di rumah

Di luar negeri populer istilah barbeque. Kalau di Indonesia barbeque dikenal luas dengan nama bakar-bakaran. Faktanya lagi, bakar-bakaran secara sadar atau tidak sudah menjadi tradisi tahun baru di Indonesia. Pasti deh sepanjang Kawanjo melewatkan momen Tahun Baru pernah bakar-bakaran daging, ikan, ayam sampai jagung.

BACA JUGA: Ini Tips Ngetrip Aman di Akhir Tahun Saat Pandemi COVID-19

Bakar-bakaran bersama keluarga dan sahabat dekat bisa Kawanjo lanjutkan di momen tahun baru 2022. Tinggal beli makanan favorit Kawanjo, terus bakar-bakaran deh di rumah sendiri atau rumah saudara hingga kawan. Tapi ingat bakar-bakarannya jangan ngajak banyak orang ya, secukupnya saja dan harus patuh protokol kesehatan.

  1. Tiup Terompet
Lampion Hingga Doa, Inilah 5 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia
Tiup terompet tahun baru

Tiup terompet juga satu dari tradisi tahun baru yang lekat di Indonesia. Enggak perlu di tempat wisata atau lokasi acara tahun baru, tiup terompet bisa dilakukan di rumah sendiri bersama keluarga sampai teman dekat. Dijamin deh walau digelar di rumah tiup terompet tetap meriah.

Nah, bagi Kawanjo malas keluar rumah dan ingin jaga protokol kesehatan namun ingin tetap tiup terompet di malam tahun, tinggal beli deh di e-commerce atau penjual terompet keliling yang ada di sekitar rumah Kawanjo tinggal. Oke deh Kawanjo jangan lupa beli terompet untuk memeriahkan acara pergantian tahunnya.

  1. Menerbangkan Lampion
Lampion Hingga Doa, Inilah 5 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia
Lampion tahun baru

Salah satu tradisi tahun baru di Indonesia yang belum banyak Kawanjo tahu adalah menerbangkan lampion. Tradisi ini biasanya digelar di Dieng Jawa Tengah. Sebelum pandemi di setiap malam pergantian tahun baru di Dieng digelar menggelar acara peluncuran seribu lampion ke udara.

Tradisi menerbangkan lampion bukan cuma di Dieng, tradisi tahun baru ini juga kerap digelar di Candi Borobudur. Tradisi ini memang sudah dua tahun absen, yuk sama-sama kita berdoa agar pandemi COVID-19 di 2022 bisa benar-benar terkendali. Sehingga tradisi tahun baru terdahulu bisa kembali digelar di tahun depan, amin.

Itu tadi lima tradisi tahun baru di Indonesia, gimana pada kangen kan menggelar tradisi tahun baru tanpa rasa takut? Memang sih beberapa tradisi sudah bisa digelar atau tetap bisa dirayakan dengan kondisi terbatas. Tapi pasti lebih seru kalau dirayakan tanpa rasa takut akan penyebaran penyakit. Untuk itu, mari kita disiplin protokol kesehatan dan segera vaksin bagi yang belum.

Setelah kita lihat lima tradisi tahun baru, yuk diintip paket wisata terbaru kami di sini.

BACA JUGA: Surat Cinta Seorang Pekerja Swasta

0 comments on “Lampion Hingga Doa, Inilah 5 Tradisi Perayaan Tahun Baru di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.