PigiNews

Mengenal Bun Upas, Fenomena Alam yang Bikin Dieng Beku!

Bun Upas, dieng Beku, Dieng Culture Festival

Belakangan banyak tersiar kabar kalau suhu dataran tinggi Dieng mencapai minus 1,3 derajat celcius. Suhu ekstrem ini menyebabkan beberapa wilayah Dieng dilapisi es. Siapa di sini yang penasaran lihat Dieng beku?

Bun Upas, dieng Beku, Dieng Culture Festival
Bun Upas di Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi yang terletak di Jawa Tengah ini dikenal sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menakjubkan. Namun di setiap tahunnya destinasi berjuluk Negeri Para Dewa ini terjadi fenomena menarik seperti Bun Upas.

Menurut penduduk Dieng, Bun Upas atau bisa juga disebut sebagai embun upas berarti embun racun. Bukan berarti embun ini mengeluarkan racun ya Kawanjo, melainkan tanaman-tanaman khususnya kentang di sana mati sia-sia karena beku.

Bun upas terjadi ketika suhu di Dataran Tinggi Dieng turun drastis, terutama pada malam hari, hingga mencapai titik beku (di bawah nol derajat Celsius) atau bahkan lebih rendah. Jadi, embun yang ada di permukaan dedaunan dan tanah berubah menjadi kristal es.Tak heran, pasalnya Dieng terletak pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Dan biasanya fenomena ini biasanya terjadi pada kemarau (antara bulan Juni hingga Agustus).

Dampak Positif

Kendati punya dampak merugikan pada sektor pertanian yang menyebabkan tanaman menjadi layu, mati dan mengering, fenomena Bun Upas ini justru punya dampak lain pada sektor lain khususnya pariwisata. Fenomena Bun Upas diketahui meningkatkan daya tarik pelancong untuk berkunjung ke Dieng.

Bun Upas, dieng Beku, Dieng Culture Festival
Bun Upas bikin foto jadi lebih estetik?

Well, dalam periode yang sama, Dieng tengah diramaikan dengan gelaran Dieng Culture Festival 2024 yang kebetulan hadir kembali pada 23-25 Agustus setelah absen di tahun lalu. Mengusung tema ‘Back to The Journey’, Dieng Culture Festival kali ini fokus pada pelestarian budaya seperti pergelaran seni tradisi, dengan prosesi ruwatan anak berambut gimbal.

Baca juga: Siapkan 4.000 Tiket, Dieng Culture Festival Kembali Digelar 23-25 Agustus 2024

Kegiatan seru yang sudah-sudah seperti pameran kerajinan dan kuliner lokal, pameran produk ekonomi kreatif, pertunjukan seni budaya, pagelaran musik harmoni atas awan, pesta lampion dan kembang api, pagelaran Jazz Atas Awan, Kongkow budaya, dan gebyar shalawat juga kamu bisa nikmati. Karena terbatasnya kapasitas, akan sulit untuk bisa turut serta.

bun upas, dieng culture festival, dieng

Tapi jangan khawatir, Pigijo punya paket wisatanya. Jika kamu pesan paket wisatanya dalam periode 26-30 Juni 2024, kamu akan dapat harga early bird senilai Rp1.995.000/pax. Di sana kamu bisa ikut di berbagai kegiatan, mulai dari kirab budaya, pemotongan rambut anak gimbal, konser jazz di atas awan hingga pelepasan lampion sambil merasakan langsung fenomena bun upas. Cek detail itinerary dan titik kumpulnya di sini atau bisa langsung hubungi kami via chat di nomor 0822-4659-8802 (CS) ya! Buat yang nggak mau kehabisan tiket, langsung order pesananmu melalui button di bawah ini!Order now 1

0 comments on “Mengenal Bun Upas, Fenomena Alam yang Bikin Dieng Beku!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.