PigiNews Technology

‘Whoosh’ Siap Wujudkan Target 1,4 Miliar Pergerakan Wisatawan Nusantara

whoosh, kereta cepat jakarta bandung, kcjb,

Hadirnya Kereta Cepat Jakarta Bandung yang diberi nama Whoosh diyakini mampu menjadi penghubung wisatawan dengan destinasi-destinasi wisata di Tanah Air. Hal tersebut dideklarasikan Dessy Ruhati selaku Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf atau Baparekraf pada Jumat (29/9/2023). Whoosh diyakini siap mewujudkan 1,2 hingga 1,4 miliar pegerakan wisatawan Nusantara di tahun 2023 ini.

Whoosh dinilai akan memberi dampak pada peningkatan kualitas sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, terutama pada aksebilitas bagi para wisatawan menuju berbagai destinasi menarik serta sentra ekonomi kreatif, khususnya yang ada di Jawa Barat. Kereta cepat ini resmi beroperasi mulai 2 Oktober 2023.

whoosh, kereta cepat jakarta bandung, kcjb,
Whoosh, kereta cepat Jakarta-Bandung.

Dengan adanya transportasi khusus seperti Whoosh, Kemenparekraf juga berharap agar para pelaku industri turut bekerjasama dengan membuat paket-paket perjalanan wisata guna mendorong tercapainya target. Diharapkan pula paket-paket wisata tersebut memasukkan kereta cepat sebagai salah satu transportasi pilihan dan menjadi daya tarik. Diketahui hingga pertengahan semester tahun ini, jumlah pergerakan wisatawan Nusantara telah mencapai sekitar 433 juta. Dessy juga menyampaikan bahwa ke depannya kereta cepat akan juga dikembangkan tidak hanya sampai Bandung saja. Tetapi akan meraih ujung Pulau Jawa seperti Surabaya.

Baca juga: Mulai 2 Oktober 2023, Face Recognition Berlaku di Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta

whoosh, kereta cepat jakarta bandung, kcjb,
Whoosh, kereta cepat Jakarta-Bandung.

Kini, Kereta Cepat Jakarta Bandung, dibagi menjadi tiga kategori kelas, yaitu First Class dengan harga Rp350.000, Business Class di harga Rp300.000, dan Premium Ekonomi seharga Rp250.000.

First Class ada di dua gerbong dan berkapasitas 18 orang. Lalu, Business Class hadir dengan susunan bangku 2-2 dan ada di satu gerbong dengan kapasitas 28 penumpang. Sementara sisanya adalah untuk kelas Premium Ekonomi yang memiliki kapasitas sebanyak 555 tempat duduk dan susunan bangkunya adalah 2-3.

Whoosh memiliki beberapa fasilitas yang diandalkan, di antaranya adalah kursi yang nyaman dengan space yang luas untuk kaki, adanya stop kontak di setiap bangku, tersedianya meja lipat, televisi, hingga menyediakan toilet yang ramah disabilitas.

Semoga harapan bahwa Whoosh akan meningkatkan pergerakan wisata Nusantara dapat terwujud, ya!

1 comment on “‘Whoosh’ Siap Wujudkan Target 1,4 Miliar Pergerakan Wisatawan Nusantara

  1. Taqiy Gusdi Baitulloh

    Kereta cepat ini merupakan peningkatan signifikan dalam transportasi yang nantinya akan berpengaruh juga kepada pariwisata secara tidak langsung. namun, akan lebih baiknya lagi untuk dikelola dengan baik secara bersama khususnya yang berhubungan dengan pariwisata dan transportasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.