Yogyakarta, Jogja Violin Festival, KEN2023, Kemenparekraf
Local Experiences

Meriahnya Jogja Violin Festival 2023!

Kota Istimewa Yogyakarta berhasil memadukan kearifan lokal dengan musik Internasional violin, pada event Jogja Violin Festival 2023!

Tahun 2023 ini menjadi tahun ke-4 untuk Yogyakarta menyelenggarakan event Jogja Violin Festival (JVF). Apakah Kawanjo tahu? Jogja Violin Festival ini masuk ke dalam salah satu agenda KEN (Karisma Event Nusantara) 2023, lho! Menteri Pariwsata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga S. Uno pada tanggal 28 Januari 2023 mengumumkan bahwa ada 110 event unggulan dari 28 provinsi di Indonesia yang telah lolos kurasi pada acara launching KEN yang diselenggarakan di Plaza Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

Jogja Violin Festival berhasil lolos kurasi dan masuk ke dalam salah satu dari 110 event yang masuk ke dalam KEN 2023. Acara JVF ini sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 9-11 Maret 2023 lalu di Tebing Breksi, Yogyakarta. JVF ini juga diselenggarakan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia lho, Kawanjo!

Tak sedikit talenta muda di Yogyakarta yang sangat berbakat dalam memainkan violin atau biola, jadi bisa dibilang kalau Yogyakarta berpotensi menciptakan musisi-musisi biola andal. Kawanjo tahu nggak, sih? Di Yogyakarta sendiri tersedia banyak tempat belajar biola, lho! Saking didukungnya anak-anak yang ingin bisa bermain biola, ada Komunitas Biola Jogja yang membuka tempat belajar biola tanpa dipungut biaya.

Baca juga: Ada Bakpia Rasa Duren dan Kopi? Yuk lah, Kuy Cobain Langsung di Jogja!

jogja violin festival, yogyakarta,
Penampilan Violinist Muda dari Komunitas Biola Jogja di JVF #4 (Sumber: kumparan.com)

Jogja Violin Festival tahun ini terbilang cukup meriah dengan menampilkan kolaborasi dari seni budaya Indonesia dengan ratusan violinis muda, serta menampilkan beragam alat musik modern maupun tradisional, yang luar biasanya lagi JVF ini kemarin berhasil memadukan violin dengan musik dangdut! Wah.. kolaborasi yang keren banget, bukan? Selain itu juga, selama 2 hari berturut-turut kemarin terdapat bazaar UMKM. Adapun tema JVF ke-4 ini adalah Indonesia Bagus “Tala Aksawakya” yang berarti melalui violin, musik dan kebudayaan, mereka dapat membelah langit agar diketahui.

Sederet bintang tamu turut memeriahkan event Jogja Violin Festival ke-4 ini, lho! Di antaranya ada musisi yang berasal dari Magelang, yaitu Woro Widowati, King Gaseng, Vicky Prasetyo, Fahmi Arsyad Said, dan Okky Kumala.

Baca Juga: Jogja is The New Bali! 6 Tempat ini Jadi Buktinya

1678707552 002577fb69b3a442ef80d1b6644217e0
Penampilan Woro Widowati di JVF #4 (Sumber: budaya.jogjaprov.go.id)

For your information, Jogja Violin Festival ini menjadi acara violin terbesar dan pertama kalinya ada di Indonesia lho, Kawanjo! Nah, jadi itu dia, sekilas tentang event Jogja Violin Festival tahun 2023 yang diselenggarakan kemarin. Luar biasa ya! Semoga Jogja Violin Festival bisa terus memeriahkan Yogyakarta, dan membangun semangat anak-anak di Yogyakarta yang ingin belajar bermain biola.

So, untuk kamu yang ingin tahu informasi lainnya tentang events budaya di Indonesia, bisa banget dibaca artikel lainnya di pigijo!

Penulis: Juwita Qhalby

0 comments on “Meriahnya Jogja Violin Festival 2023!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.