Ngetrip Romantis Menuju 5 Danau Berbentuk Hati
Local Experiences

Ngetrip Romantis Menuju 5 Danau Berbentuk Hati

Danau yang menampilkan romantisme keindahan alam Nusantara

Keindahan alam Indonesia memang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung, berbagai jenis destinasi wisata bisa kawanjo nikmati dari Sabang hingga Merauke. Tak hanya itu, dikarenakan Indonesia berada di wilayah cincin api pasifik (ring of fire), membuat zamrud khatulistiwa ini memiliki cekungan-cekungan indah, salah satunya adalah terbentuk menjadi danau.

Danau merupakan salah satu bentuk dari permukaan bumi yang terbentuk secara alami, tapi ada juga danau yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan irigasi atau PLTA. Jika kawanjo ngetrip ke Sumatra, Sulawesi atau bahkan ke Papua jangan lewatkan untuk mengunjungi danau cinta yang berbentuk seperti hati nan romantis.

1. Danau Kaolin

Ngetrip Romantis Menuju 5 Danau Berbentuk Hati
Keindahan Danau Kaolin dengan airnya yang biru

Danau ini berada Desa Air Bara, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Tadinya merupakan tambang bijih timah yang tak beroperasi lagi sejak 1971. Sisa galian tambang ini terisi air hujan, lama-kelamaan airnya berubah menjadi biru sehingga disebut Danau Kaolin.

Danau berbentuk hati dengan airnya yang biru ini jadi spot foto yang diminati wisatawan. Saat ngetrip menuju danau Kaolin, kawanjo akan menyaksikan hamparan pasir putih disekitar danau, sangat kontras dengan warna air danau yang biru.

2. Danau Cinta Tanjung Enim

Ngetrip Romantis Menuju 5 Danau Berbentuk Hati
Danau cinta dilihat dari ketinggian Bukit Kendi

Danau cinta di kecamatan Tanjung Enim, Sumatra Selatan, adalah salah satu pesona alam yang ada di Bukit Kendi. Danau ini dulunya merupakan bekas tambang yang kemudian dijadikan destinasi wisata. Jika ingin menikmati panorama danau ini, kawanjo harus mendaki Bukit Kendi sekitar 30 menit.

Jalur menuju danau ini hanya dapat diakses dengan berjalan kaki tapi pasti bikin ngetrip jadi tambah seru. Di lokasi Bukit Kendi kawanjo juga bisa mendirikan tenda dan berfoto dengan latar hamparan keindahan romatisme Danau Cinta.

Baca juga: 7 Alasan Mesti Ngetrip ke Takengon

3. Danau Makalehi

Ngetrip Romantis Menuju 5 Danau Berbentuk Hati
Danau cinta diantara rimbunnya hutan yang menghijau

Danau cinta ini berada di perbatasan paling utara Indonesia, tepatnya di Pulau Makalehi. Untuk dapat melihat bentuk hati yang dimiliki danau Makalehi, kawanjo harus menaiki bukit yang paling tinggi di pulau ini. Barulah dari puncak bukit ini lansekap keseluruhan danau berbentuk hati ini akan tampak terlihat begitu indah dan romantis.

Jika ingin ngetrip ke pulau Makalehi di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara ini, kawanjo dapat menggunakan angkutan laut (kapal motor) dari Pelabuhan Manado.

4. Danau Karawapop

Ngetrip Romantis Menuju 5 Danau Berbentuk Hati
Danau cinta yang juga laguna dengan keindahan lautan luas

Danau Cinta Karawapop atau Telaga Cinta yang terbentuk secara alami. Di sekelilingnya terdapat karst yang jadi ciri khas wilayah Raja Ampat, Papua. Sebenarnya danau ini adalah sebuah laguna. Letaknya persis di sebelah lautan dan dibatasi oleh karang-karang yang menjadikan danau ini berbentuk hati.

Untuk bisa menikmati indahnya bentuk hati Karawapop, kawanjo harus mendaki menuju puncak bukit karang yang lumayan terjal. Keindahan danau cinta ini bisa kawanjo temukan di Distrik Misool Selatan.

5. Danau Love Emfote

Ngetrip Romantis Menuju 5 Danau Berbentuk Hati
Danau cinta di dataran tinggi yang dikelilingi rumput ilalang

Daratan Papua memang memiliki banyak pesona, begitu juga dengan telaga yang satu ini. Telaga Emfote memang memiliki keindahan tersendiri dengan bentuknya yang menyerupai hati, hingga sering disebut Danau Love.

Lokasinya sangat instagramable, berada di ketinggian dengan hamparan ilalang disekitar telaga. Danau Emfote terletak di sebelah selatan Danau Sentani, Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura. Saat ngetrip menuju telaga ini, dari tepi Danau Sentani, kawanjo harus berjalan sekitar satu jam menyusuri jalan alternatif.

Danau-danau ini menampilkan romantisme keindahan alam Nusantara yang patut kita banggakan dan jaga kelestariannya. Jangan lupa cek paket wisata menarik di sini

Baca juga: Sudah Dibuka, Tapi Bali Masih Sepi Turis Asing?

0 comments on “Ngetrip Romantis Menuju 5 Danau Berbentuk Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published.