Nggak Ada Lawan, Cobain Kuliner Khas Kota Pahlawan!
Local Experiences

Nggak Ada Lawan, Cobain Kuliner Khas Kota Pahlawan!

Nggak lengkap rasanya kalau liburan ke Surabaya tanpa cobain kuliner khas berikut Ini.

Siapa di sini orang Surabaya? Surabaya tercatat sebagai kota terbesar kedua di Indonesia. Kota Surabaya juga disebut sebagai kota pahlawan karena sejarah panjangnya terhadap kemerdekaan bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun, tidak hanya itu saja Kawanjo, Surabaya juga memiliki segudang wisata kuliner khas yang wajib banget Kawanjo coba saat berkunjung ke Surabaya. Pokoknya kurang lengkap kalau Kawanjo lewatkan kuliner khas berikut ini.

1. Tahu Tek Surabaya

Tahu tek yang dilengkapi dengan kerupuk udang membuat sajian tahu tek menjadi lebih nikmat, destinasi wisata, es krim zangrandi, jawa timur, kuliner khas, kawanjo, lontong balap, rawon, rawon setan, rujak cingur, sate klopo, kuliner surabaya, wisata kuliner,
Tahu tek yang dilengkapi dengan kerupuk udang membuat sajian tahu tek menjadi lebih nikmat.

Tahu Tek adalah kuliner khas Surabaya yang dahulu banyak dijual dengan gerobak dorong. Nama tahu tek berasal dari bunyi “tek” ketika penjual memakai alat masak untuk menggoreng tahu atau memotong bahan. Tahu tek umumnya disajikan dengan irisan lontong, kentang, telur goreng, dan tahu goreng yang disiram dengan bumbu petis, kecambah serta dilengkapi dengan kerupuk udang membuat sajian tahu tek menjadi lebih nikmat, Kawanjo tertarik cobain kuliner khas Surabaya satu ini nggak?

2. Rujak Cingur Surabaya

Makanan yang biasanya disajikan dengan campuran bumbu kacang dan petis khas Jawa Timur semakin menciptakan rasa yang khas., destinasi wisata, es krim zangrandi, jawa timur, kuliner khas, kawanjo, lontong balap, rawon, rawon setan, rujak cingur, sate klopo, kuliner surabaya, wisata kuliner,
Makanan yang biasanya disajikan dengan campuran bumbu kacang dan petis khas Jawa Timur semakin menciptakan rasa yang khas.

Makanan yang satu ini juga menjadi kuliner khas Surabaya Jawa Timur, rujak cingur terdiri dari potongan cingur atau hidung sapi yang sudah direbus cukup lama sehingga teksturnya empuk dan kenyal. Kemudian, cingur yang sudah direbus tersebut dicampur dengan sayur rebus dan irisan lontong.

Selain itu, kuliner khas satu ini biasanya disajikan dengan campuran bumbu kacang dan petis khas Jawa Timur yang semakin menciptakan rasa yang khas. Pedagang rujak cingur sudah sangat banyak di Kota Surabaya, jadi Kawanjo tidak perlu bingung dan susah untuk mencari kuliner khas satu ini.

Baca Juga : Traveling ke Purwakarta Jangan Lupa Jajal 5 Kuliner Khas Ini

3. Rawon Setan Surabaya

Rawon makanan khas yang sajiannya seperti soto namun memiliki kuah yang pekat, destinasi wisata, es krim zangrandi, jawa timur, kuliner khas, kawanjo, lontong balap, rawon, rawon setan, rujak cingur, sate klopo, kuliner surabaya, wisata kuliner,
Rawon makanan khas yang sajiannya seperti soto namun memiliki kuah yang pekat.

Kurang lengkap rasanya kalau ke Surabaya tanpa nyobain kuliner khas mirip soto, tapi berkuah hitam pekat ini. Nah, kalau Kawanjo nyari rawon paling mantap, langsung aja cari rawon setan. Disebut rawon setan karena dulu warung penjual rawon ini hanya buka di malam hari saja, tetapi sekarang sudah banyak warung rawon yang buka 24 jam.

Kuliner khas satu ini disajikan dengan potongan daging sapi yang besar dan juga dengan bumbu yang membuat rasanya makin nikmat dan kuah yang pekat, Kawanjo harus banget cobain kuliner khas Surabaya satu ini.

4. Lontong Balap Surabaya

Lontong Balap yang disajikan dengan kuah yang manis dan gurih, destinasi wisata, es krim zangrandi, jawa timur, kuliner khas, kawanjo, lontong balap, rawon, rawon setan, rujak cingur, sate klopo, kuliner surabaya, wisata kuliner,
Lontong Balap disajikan dengan kuah yang manis dan gurih.

Dikatakan lontong balap bukan karena suka menyalip, asal-usulnya dikatakan lontong balap karena penjual makanan ini dikatakan selalu berlari ketika memikul dagangannya yang berat hingga terlihat seperti sedang balapan. Lontong balap ini merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang disajikan dengan tahu goreng, lentho atau perkedel kacang hijau, rebusan tauge, lalu disiram dengan kuah manis dan gurih, rasanya semakin nikmat jika ditambahkan dengan sambal petis.

Baca Juga : Mencicipi Kuliner Khas Kota Penyuplai Bola Piala Dunia

5. Sate Klopo Surabaya

sate yang dilumuri parutan kelapa dulu sebelum dibakar, destinasi wisata, es krim zangrandi, jawa timur, kuliner khas, kawanjo, lontong balap, rawon, rawon setan, rujak cingur, sate klopo, kuliner surabaya, wisata kuliner,
Sate dilumuri parutan kelapa dulu sebelum dibakar.

Kata klopo pada kuliner khas ini berasal dari Bahasa Jawa yang berarti kelapa. Tapi jangan salah sangka ya Kawanjo, kelapa ini tetap terbuat dari daging seperti sate pada biasanya yang membedakan sate klopo dari sate lainnya adalah sate ini dilumuri parutan kelapa dulu sebelum dibakar. Jadi tidak heran rasa dari makanan ini lebih gurih dan dagingnya juga lebih empuk. Pokoknya jos deh cobain ini kalau ke Surabaya.

6. Es Krim Zangrandi Surabaya

Makanan satu ini cocok dijadikan dessert setelah makan makanan berat, destinasi wisata, es krim zangrandi, jawa timur, kuliner khas, kawanjo, lontong balap, rawon, rawon setan, rujak cingur, sate klopo, kuliner surabaya, wisata kuliner,
Makanan satu ini cocok dijadikan dessert setelah makan berat.

Kalau Kawanjo abis makan makanan yang disebutin sebelumnya, pas banget nih makanan yang satu ini dijadikan dessert setelah menyantap kuliner khas lainnya. Es krim Zangrandi Surabaya ini dikenal sangat menyegarkan, dari segi rasa udah tidak perlu diragukan lagi. Es krim di sini klasik banget, rasa manis dari es krim yang nyaman di tenggorokan dan tanpa pengawet. Untuk varian rasanya, ada es krim alpukat, tutti frutti, mocca perfecto, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia Kawanjo beberapa rekomendasi kuliner khas kota pahlawan yaitu Surabaya. Jadi, jika Kawanjo berlibur ke Surabaya jangan lupa untuk mencicip kuliner khas di atas ya.

Nah, untuk Kawanjo yang mau cari paket destinasi wisata lainnya, bisa banget nih cari-cari di sini. Di situ juga banyak paket wisata menarik untuk Kawanjo yang mau berlibur dengan keluarga maupun teman-teman.

Baca Juga : Ngetrip Sambil Cobain Kuliner Khas Banten, Cobain Nih 5 Rekomendasinya

Penulis : Ikhsani Sholehah

0 comments on “Nggak Ada Lawan, Cobain Kuliner Khas Kota Pahlawan!

Leave a Reply

Your email address will not be published.