Obama kepincut Bali
Local Experiences

Obama hingga Raja Salman, Ini Deretan Pemimpin Dunia yang Kepincut dengan Bali

Obama saja liburan ke Bali, kawanjo juga dong.

Pesona Bali memang tidak diragukan lagi. Pantai yang beraneka ragam, budaya yang kental dan keramahannya membuat orang asing betah berlama-lama liburan di Pulau Dewata. Tak terkecuali para pemimpin dunia.

Apalagi Bali, khususnya Nusa Dua, sering digunakan untuk kegiatan pertemuan internasional. Tak heran, banyak pemimpin dunia yang memilih Bali sebagai destinasi liburan mereka bersama keluarga.

Yang paling teranyar pertemuan KTT G20 rencananya akan digelar di Pulau Dewata pada akhir 2022 mendatang.

BACA JUGA: Cek Paket Wisata Bali dengan Budget Menarik

Rata-rata dari para pemimpin dunia yang berkunjung ke Bali begitu menikmati keindahan budaya dan alam yang emang memorable banget. Tidak heran Bali menjadi primadona, karena kerap memegang posisi nomor wahid destinasi pariwisata yang paling diminati di seluruh dunia.

Tapi, siapa sih para pemimpin dunia ini? Penasaran? Berikut deretan para tokoh pemimpin dunia yang pernah liburan ke Bali. Check this out..

1. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud

Obama hingga Raja Salman, Ini Deretan Pemimpin Dunia yang Kepincut dengan Bali
Raja Salman

Raja Arab Saudi ini melakukan liburan di Bali pada 2017 silam. Usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Raja Salman langsung terbang ke Pulau Dewata.

“Kenapa Bali? Karena Bali memang tujuan wisata yang sangat terkenal di dunia,” kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia kala itu, Osama bin Mohammed Abdullah al-Shuaibi kepada wartawan di kantor Kedutaan Besar Arab Saudi, Jakarta, pada Februari 2017.

Ia menambahkan, keindahan alam Bali juga menjadi alasan Pulau Dewata dipilih sebagai destinasi liburan Raja Arab ini. Agendanya selama di Bali kala itu tertutup dari media dan publik. Namun, siapa sangka, Raja Salman suka belanja di Doscovery Mall yang ada di Kuta.

Laporan Tempo.co menunjukkan, pada Rabu, 8 Maret, misalnya, sejak sore hingga pukul 20.30 WITA, terhitung ada sepuluh mobil rombongan kerajaan Arab Saudi yang datang ke mal ini. Salah satu mobil berpenumpang hingga tiga orang.

Saat bersantai di Discovery Shopping Mall, mereka menyukai menu makanan tertentu, seperti samosa, seafood tom yam, grouper, beef burger, pasta carbonara, serta salt and pepper squid.

2. Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak

Obama hingga Raja Salman, Ini Deretan Pemimpin Dunia yang Kepincut dengan Bali
Najib Razak

Pria yang berkuasa cukup lama di negeri tetangga, Malaysia, ini juga rupanya pernah memutuskan liburan di Bali. Tepatnya saat libur Lebaran 2017. Bukannya makan hidangan Lebaran khas Malaysia, Najib Razak malah mengajak keluarganya ke Bali menikmati pantai dan keindahan alam lainnya.

BACA JUGA: Lawan Takutmu, Pilih yang Ekstrem!

Ketibaannya disambut oleh Gubernur Bali kala itu, I Made Mangku Pastika. Najib dilaporkan menginap di Hotel St Regis Nusa Dua. Hotel ini sebelumnya digunakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis al-Saud saat berlibur ke Bali. Bahkan, ia juga menempati kamar yang dipakai Raja Salman, yakni President Suites.

Kamar itu memang spesial bagi para tamu VVIP karena menyajikan pemandangan ke laut lepas.

3. Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama

Obama hingga Raja Salman, Ini Deretan Pemimpin Dunia yang Kepincut dengan Bali
Obama saat berlibur di Bali

Mantan Presiden Barack Obama dan keluarga juga pernah berlibur di Bali pada 2017. Banyak tempat yang mereka kunjungi, di antaranya Pura Tirta Empul, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, dan Tabanan.

Saat di Tirta Empul, istrinya, Michelle Obama ingin mengetahui sumber mata air yang berada di area mandala (pusat) Pura Tirta Empul itu. Bendesa Adat Manukaya Let, I Made Mawi Arnata, mengatakan, pertanyaan Michelle tersebut diajukan melalui salah satu pemandu wisata keluarga Obama.

“Ibu Michelle bicara soal air suci itu apa kegunaannya,” katanya.

Tempat lain yang mereka  dikunjungi seperti Agung Rai Museum of Art, Ubud, dan kawasan wisata pemandangan sawah berundak Jatiluwih di Kabupaten Tabanan.

Di Jatiluwih, keluarga Obama menikmati jalur trekking sepanjang lebih-kurang 500 meter mengelilingi area persawahan. Dia mengelilingi area trekking selama hampir satu jam.

Saat akan meninggalkan kawasan wisata, Obama membawa pulang beras merah yang dijual di Jatiluwih. Beras merah adalah oleh-oleh khas daerah ini. Satu kemasan berisi 500 gram, dan Obama disebut membawa hingga lima kemasan.

Itu dia deretan pemimpin dunia yang pernah liburan di Bali. Ada yang demen belanja, menikmati alam, dan pariwisata lainnya. Kalau Kawanjo biasanya ngapain aja saat liburan? Coba share di kolom komentar ya.

Buat Kawanjo yang udah enggak sabar buat liburan, bisa cek paket menarik dari kami di sini. Happy holiday!

BACA JUGA: 5 Gunung yang Sulit Didaki, Mulai dari Semeru hingga Puncak Jaya

0 comments on “Obama hingga Raja Salman, Ini Deretan Pemimpin Dunia yang Kepincut dengan Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.