Pantai Lariti Punya Fenomena Laut Terbelah yang Bisa Kamu Nikmati
Local Experiences

Pantai Lariti Punya Fenomena Laut Terbelah yang Bisa Kamu Nikmati

Yuk buktikan sendiri fenomena alam dari Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat!

Bukan hanya di Pulau Jindo Korea, loh! Di Indonesia juga punya fenomena menarik nan mempesona. Berupa laut terbelah mirip seperti kisah Nabi Musa. Namanya Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat. Ya, tak hanya terkenal dengan sport tourism nya, provinsi di kepulauan Nusantara bagian timur ini juga kesohor dengan keindahan alamnya. Maka, tak heran bila Pantai Lariti pun mampu menyerap perhatian bahkan sampai ke luar negeri.

Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat, Pesona Laut Terbelah

Pantai Lariti Pesona Laut Terbelah
Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat, Pesona Laut Terbelah

Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat merupakan destinasi wisata yang menawarkan fenomena alam yang unik dan memukau. Air laut yang membentang, seolah dibelah oleh retakan pasir yang menjorok. Di sini, Kawanjo bisa menghasilkan foto yang spektakuler, karena seolah sedang bergaya di tengah samudera.

Selain di Pantai Lariti, negeri Korea juga memiliki fenomena yang sama. Yaitu di Pulau Jindo. Bedanya, di Pulau Jindo pasir yang membelah laut akan terlihat dua tahun sekali. Sedangkan, di Pantai Lariti terjadi hampir setiap hari. 

Maka tak heran, banyak orang yang penasaran dan ingin membuktikan keajaiban ini. Apalagi ditunjang dengan suasana sekitar pantai yang memukau, berada di sini akan memberikan pengalaman berwisata yang susah terlupakan.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Wisata di Kintamani, Ada Pemakaman Unik! 

Sejarah Pantai Lariti

Sejarah Pantai Lariti
Sejarah Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat

Di Pantai Lariti Kawanjo bisa merasakan seolah berjalan di tengah laut, sepanjang 150 meter. Padahal Kawanjo sedang berdiri di pantai untuk menuju sebuah pulau kecil.

Bagai jalan penghubung, hamparan pasir putih selebar sampai 7 meter itu membelah laut dan bisa menghubungkan  pulau di depannya. Memang pantai tengah laut ini tidak bisa setiap hari ditemukan. Sebab kemunculannya bergantung pada gravitasi bulan. Sebagaimana diketahui, pergeseran gaya gravitasi bulan dan arah terbitnya berpengaruh pada pasang surut air laut. Begitu juga dengan pantai Lariti. Jika saat air laut surut, nampaklah pantai Lariti yang seolah membelah laut di kanan kirinya. dan berpatokan pada penanggalan hijriah. Biasanya wisata di Bima ini kemudian akan dikunjungi banyak orang. Fenomena alam ini seringnya terjadi pada pukul 10 pagi hingga  4 sore WITA.  Dengan penyebab alami, fenomena ini kemudian menjadi bahan pertimbangan bagi yang merencanakan kunjungan kesana.

Baca Juga : 3 Hari Eksplor Pulau Peucang Cuma Rp700 Ribuan, Jangan Sampai Terlewatkan!

Lokasi Pantai Lariti

Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat, Lokasi Pantai Lariti
Lokasi Pantai Lariti

Wisata alam NTB ini terletak di Soro, Lambu, Kabupaten Bima. Untuk menuju ke sini, Kawanjo bisa menggunakan moda transportasi darat dari Bima dengan masa tempuh selama 2-3 jam. Jangan khawatir jadi bosan selama perjalanan. Sebab pemandangan di sekitarnya sangatlah indah. 

Harga Tiket Masuk Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat

Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat, Harga Tiket Masuk Pantai Lariti
Harga Tiket Masuk Pantai Lariti

Tiket masuk ke Pantai Lariti sangatlah terjangkau. Kawanjo hanya perlu membayar tiket masuk Rp 5000 untuk menikmati keindahan pantai di daerah Bima ini.

Daya Tarik Wisata Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat

Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat, Daya Tarik Wisata Pantai Lariti
Daya Tarik Wisata Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat

Fenomena laut terbelah adalah daya tarik utama Pantai Lariti. Pengunjung dapat melihat celah air di tengah pasir pantai yang menciptakan ilusi laut terbelah menjadi dua. Pemandangan ini menyajikan kesempatan unik untuk berfoto dan menciptakan kenangan yang tak terlupakan. 

Kawanjo bisa berjalan di atas pasir dan berswafoto ke arah pulau. Momen yang nampak akan mirip kisah Nabi Musa yang membelah laut saat dikejar bala tentara Firaun.

Baca Juga : Potensi Wisata Ramah Muslim di Nusa Tenggara Barat Bisa Meraih Kesuksesan

Selain ikon utama pantai ini, ada pula beberapa daya tarik Lariti yang mampu mendatangkan banyak orang:

  1. Keindahan Alam

Selain laut terbelah, Pantai Lariti juga menawarkan pemandangan alam yang memukau. Pasir putih yang lembut, air laut yang jernih, dan hamparan langit biru menciptakan latar belakang yang sempurna untuk bersantai dan menikmati waktu di pantai. 

Lukisan alam seperti ini pun menjadi pendukung buat mereka yang memiliki kegemaran fotografi. Latar belakang natural akan memperindah hasil jepretan mereka.

  1. Aktivitas Pantai

 Pantai Lariti merupakan tempat yang ideal untuk berbagai aktivitas pantai. Kawanjo dapat menikmati berenang, berjemur di bawah matahari, atau bermain pasir. Pantai ini juga cocok untuk berselancar dan snorkeling bagi para penggemar olahraga air.

  1. Keasrian dan Ketenangan

Pantai Lariti masih relatif sepi. Kawanjo bisa menjadikannya sebagai tempat yang sempurna untuk menghindar dari keramaian dan menikmati ketenangan alam. Pengunjung bisa bersantai sambil menikmati angin laut dan suara deburan ombak yang relatif tenang pula.

Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat menawarkan keajaiban alam yang unik dengan fenomena laut terbelah yang menakjubkan. Lokasinya yang indah, pemandangan alam yang memesona, dan beragam aktivitas pantai menjadikannya destinasi wisata yang patut dikunjungi bagi mereka yang mencari pengalaman yang berbeda dan mendalam dengan alam.

0 comments on “Pantai Lariti Punya Fenomena Laut Terbelah yang Bisa Kamu Nikmati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.