Curug Pelangi Cimahi
Local Experiences

Pesona Curug Pelangi Cimahi yang Menentramkan Hati 

curug Pelangi Cimahi Sebuah destinasi wisata di Bandung yang menampilkan keelokan ciptaan Tuhan.

Pelangi-pelangi alangkah indahmu… Ya, fenomena alam penuh warna ini selalu identik dengan keindahan. Begitu pula dengan Curug Pelangi Cimahi. Sebuah destinasi wisata di Bandung yang menampilkan keelokan ciptaan Tuhan. Berada di sini akan mampu menentramkan hati. 

Fakta Curug Pelangi Cimahi 

Fakta Curug Pelangi Cimahi 
Fakta Curug Pelangi Cimahi.

Bandung memang terpercaya memiliki banyak destinasi wisata populer. Keindahan bentang alamnya tersiar ke seluruh penjuru Nusantara dan luar negara. Salah satunya adalah Curug Pelangi Bandung ini. Yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan adalah kesejukan aliran air dari atas ke bawah. Ditambah dengan pemandangan sekitarnya yang  menentramkan jiwa.

Curug Pelangi sebenarnya terletak di Cisarua. Namun, karena merupakan bagian dari aliran sungai Cimahi, jadilah air terjun ini lebih populer dengan nama Cimahi. Selain curug Pelangi, ada juga curug terdekat yang sealiran sungai, yaitu Curug Pengantin dan curug Bugbrug.

baca Juga : 7 Curug di Bandung Raya dengan Keunikan Tersendiri

Curug dengan ketinggian sekitar 87 meter ini memiliki air yang jernih dan segar. Termasuk yang tertinggi di Bandung, air terjun ini membelah tebing di antara pohon Pinus yang sejuk nan rindang. Membuat pengunjung yang memandang bisa nyaman berlama-lama di sini. Jiwa-jiwa yang risau akan menjadi tentram. Hati yang galau juga pasti menjadi tenang.

Terletak di ketinggian 1050 mdpl, area sekitar Curug memiliki suhu berkisar pada 18-22 derajat celsius. Hawa sejuk akan menambah kenyamanan untuk healing lebih lama di tempat terbuka. Pulang dari sini, dijamin hati semakin damai dan raga semakin segar.

Curug Pelangi Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini sebenarnya telah ada sejak tahun 1992. Namun sempat tutup pada 2010 dikarenakan adanya renovasi. Baru pada 2016, tempat wisata alam di Bandung ini dibuka kembali. Jumlah pengunjungnya pun terus naik dari hari ke hari.

Dulu, wisata air terjun Bandung ini buka sampai malam. Nah, saat petang tersebut, pengelola dengan kreatif menambah keindahan. Dengan memasang lampu warna-warni, membuat air terjun seperti pelangi yang membelah gelap. 

Namun, kini banyak lampu yang rusak. Sehingga waktu terbaik untuk mengunjungi curug Pelangi adalah pada pagi/siang hari. Sebagai ganti keseruan, ada sekawanan monyet yang habitatnya ada di sekitar air terjun. Turut menambah riuh rendah suara alam di sekitarnya.

Rute Curug Pelangi Cimahi

Rute Curug Pelangi Cimahi
Rute Curug Pelangi Cimahi

Sebagaimana telah disebutkan di atas, curug Pelangi Cimahi ini sebenarnya terletak di Cisarua. Tepatnya di Jalan Kolonel Matsuri – Cisarua, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. 

Adapun rute menuju ke destinasi wisata Bandung Barat ini, yang paling mudah adalah melalui Jalur Cimahi. Lewat Cihanjuang – Parongpong (Taman Kupu Kupu) ke arah Lembang. 

Jika berangkat dari kota Cimahi, bisa lewat Jalan Kolonel Matsuri menuju arah ke Universitas Advent Indonesia. Curug Pelangi ada di dekat tempat perkuliahan ini.

Apabila menggunakan fasilitas angkutan umum dari Kota Bandung, naik saja angkot jurusan St.Hall – Lembang. Selanjutnya naik angkot jurusan Lembang – Cisarua, kemudian turun di depan pintu gerbang wisata Curug Cimahi Bandung.

baca Juga : Cuma 1 Jutaan, Eksplor Wisata Bandung Sama Pigijo

Akses Masuk ke Curug Pelangi Cimahi 

Akses Masuk ke Curug Pelangi Cimahi 
Akses Masuk ke Curug Pelangi Cimahi 

Uniknya, pengunjung tak perlu menempuh jalan terjal dan lebih dalam untuk sampai di lokasi. Karena curug Cimahi ini berada di pinggir jalan. Hanya tertutup hutan dan tebing tinggi. Setelah sampai, pengunjung harus menuruni anak tangga yang cukup banyak. Butuh waktu 15-20 menit untuk bisa melihat dan menikmati air terjun dengan sempurna. Karena itu, pastikan kondisi tubuh fit saat memutuskan untuk berwisata ke sini. 

Ada beberapa tempat peristirahatan/shelter di tengah-tengah akses masuk tersebut. Jadi bila merasa capek, pengunjung bisa beristirahat sejenak. Selain itu, ada pula dek untuk berhenti sejenak. Kesempatan hunting foto bisa dilakukan di sini. Sambil tak lupa menikmati penampakan air terjun yang diapit tebing dengan bentuk eksotik. Terdapat dua dek, yaitu di dekat pintu masuk dan di pertengahan perjalanan akses masuk.

Harga Tiket Curug Pelangi Cimahi

Harga Tiket Curug Pelangi Cimahi
Harga Tiket Curug Pelangi Cimahi

Untuk mendulang kesegaran dan keelokan panorama alam di curug Pelangi Cimahi, biaya yang dikenakan adalah Rp 20.000. Harga ini belum termasuk tambahan biaya parkir.

baca Juga : Wisata Kiara Artha Park Bandung, Bisa Naik Perahu Lampion!

Jam Buka Curug Pelangi Cimahi
Jam Buka Curug Pelangi Cimahi
Jam Buka Curug Pelangi Cimahi

Sekali lagi, curug Pelangi tak lagi buka hingga malam hari. Jadi, datanglah ke wisata Cisarua Bandung ini pada jadwal bukanya. Yaitu pada pukul 07.00-17.00. 

Curug Pelangi Cimahi memiliki pesona yang menawan. Keindahan alamnya, kesejukan udaranya, serta kejernihan airnya menjadi 1 paket lengkap. Berwisata ke sini akan menenangkan jiwa dan menentramkan hati.  

0 comments on “Pesona Curug Pelangi Cimahi yang Menentramkan Hati 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.