Pulau Ugar Papua Fakfak
Local Experiences

Pulau Ugar, Mutiara di Ujung Indonesia Timur Papua

Indonesia Timur selalu punya cerita jika berbicara soal destinasi wisata alam yang indah, salah satunya adalah Pulau Ugar

Papua adalah kota di Indonesia yang selalu dikenal sebagai negeri seribu pesona. Surga bawah lautnya menyatu dengan lebat hutan hujan tropis dan salju abadi di puncak pegunungan. Apapun itu soal Papua sudah pasti indah dan kaya akan semua hal. Ada banyak pulau yang indah di sana, salah satunya adalah Pulau Ugar. Pulau Ugar adalah sebuah pulau kecil yang letaknya di Teluk Berau, Fakfak, Papua Barat.

Baca Juga : 6 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Memiliki Pemandangan Alam Terindah

Keindahan pulau Ugar begitu nyata, di sini pantainya memiliki pasir yang berwarna putih sekaligus ditumbuhi pohon kelapa. Kebayang kan indahnya Pulau Ugar Papua Barat ini? Yang tidak kalah menarik dari Pulau Ugar ini adalah pada bagian tengahnya adalah sebuah perbukitan berhujan tropis. Tentu saja, di Pulau Ugar ini kamu bisa melihat beberapa habitat fauna khas Papua. 

Habitat fauna itu adalah burung cendrawasih, kupu-kupu sayap bidadari, kuskus, burung maleo, sampai burung rangkong. 

Seperti dikatakan di atas, Papua memiliki kekayaan alam yang tidak terbatas, mulai dari hutan sampai isi bawah laut. Di Pulau Ugar sendiri juga dikenal memiliki pesona bawah air yang menawan. Cocok banget buat kamu yang hobi dan suka diving nih! Di sini kamu akan menemukan beberapa jenis ikan dan terumbu karang yang indah. 

Selain itu, Pulau Ugar juga punya peninggalan arkeologi berupa lukisan prasejarah yang ada pada dinding-dinding tebing karst. Tidak sampai disitu, gua-gua luas dengan pesona stalakmit yang indah juga ada, dan gua in berada di tengah hutan. Bicara soal keberadaan gua di Pulau Ugar ini juga belum habis. Ada juga sebuah gua vertikal dengan ruangan luas dan gelap. Akan tetapi gua ini punya kolam air tawar jernih yang merupakan kumpulan tetesan air dari stalaktit.

Saking uniknya, di sini itu ada ikan endemik berukuran sekitar 5 cm sejenis ikan pelangi. Kini Pulau Ugar sudah ditetapkan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak sebagai kampung wisata. Gimana kawanjo, jadi mau ya ngetrip ke Indonesia Timur. Buruan cek paket wisata menariknya di sini. Siapa tahu ketemu promo menarik. 

Baca Juga : 4 Film Traveling Ini Memiliki Kisah yang Inspiratif Sekaligus Menyenangkan

0 comments on “Pulau Ugar, Mutiara di Ujung Indonesia Timur Papua

Leave a Reply

Your email address will not be published.