Ramadhan Tiba, Yuk Coba Kuliner Unik dari Palangka Raya!
Lifestyle Local Experiences

Ramadhan Tiba, Yuk Coba Kuliner Unik dari Palangka Raya!

Palangka Raya, ibukota provinsi Kalimantan Tengah memiliki banyak makanan khas. Ramadhan kali ini, bolehlah mencobanya satu persatu. Dijamin Anda akan mendapat sensasi rasa yang berbeda daripada biasanya.

Palangka Raya adalah ibu kota Kalimantan Tengah. Selain  pemandangan yang indah dengan peradaban di dalamnya, kuliner di Palangka Raya juga patut dicoba. 

Berbicara masalah makanan, Palangka Raya tidak hanya terkenal dengan produk ikannya. Kota yang terkenal dengan jembatannya ini  juga memiliki ragam olahan dari bahan lain, yang unik dan sulit ditemukan di kota lain. 

Daripada penasaran, berikut rekomendasi kuliner di Palangka Raya yang perlu dicoba:

  1. Kalumpe
20220414 054031 0000
Kalumpe dari daun Singkong yang ditumbuk

Pesona Kuliner di Palangka Raya yang pertama adalah Kalumpe. Menu satu ini berupa sayur singkong dengan kuah santan yang kental.

Jika biasanya daun singkong direbus dan dipotong-potong, berbeda dengan kalumpe. Cara memasaknya adalah daun singkong mentah ditumbuk, baru setelahnya direbus dan disiram dengan santan panas.

Adapun bumbu santannya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kayu manis, serai, dan cabai. Tak lupa tambahan kunyit yang membuat warna kuningnya terlihat dominan dan sangat menggoda.

Nah, setelah matang baru diberi taburan ikan goreng, kacang tanah, dan bawang goreng. 

  1. Lontong Banjar
jpg 20220414 145338 0000
Lontong Banjar yang pulen dan gurih

Kuliner di Palangka Raya ini menyuguhkan lontong yang pulen dan gurih. Kemudian diguyur kuah santan dan diberi tambahan telur pedas serta suwiran ayam. Sayur yang dihidangkan juga beragam, mulai dari nangka hingga sayur asem.

  1. Wadi Patin
20220414 054031 0002
Kuliner Khas Palangka Raya yang siap menggoyang lidah

Wisata kuliner di Palangka Raya selanjutnya adalah Wadi Patin yang berbahan dasar ikan. Makanan ini terbuat dari ikan lele yang difermentasi, dengan cita rasa asin dan asam yang menggoda.

Biasanya makanan tradisional ini dimasak dengan cara digoreng atau dikukus. Ditambah dengan sambal serai dan sepiring nasi hangat, hmmm… Kuliner khas Kalimantan ini siap menggoyang lidah!

  1. Sambal Kandas Serai
20220414 054031 0003
Cita rasa unik dari
Sambal Kandas Serai
khas Palangka Raya

Bagi penyuka rasa pedas, wajib hukumnya mencicipi sambal tradisional khas kuliner di Palangka Raya. Terbuat dari cabai dan bumbu serai, sambal ini memiliki cita rasa unik yang siap melengkapi makanan lainnya

  1. Jelawat Goreng
20220414 150142 0000
Ikan Jelawat Goreng dengan sambal bawang

Jelawat adalah ikan yang sangat populer di Kalimantan.  Bahan baku khas kuliner di Palangka Raya ini biasanya dipanggang dan digoreng menggunakan bumbu khusus. Ada pula yang mengolahnya dengan cara digulai. Lembutnya tekstur ikan ditambah dengan bumbu yang sangat gurih, siap menggagalkan segala program diet

  1. Telur Ikan Bumbu Kuning
20220414 054031 0004
Telur ikan bumbu kuning khas Palangka Raya

Ragam kuliner Seafood di Palangka Raya tidak hanya berhenti di ikan jelawat goreng dan wadi patin. Ada lagi menu khas lainnya, yaitu Telur Ikan Bumbu Kuning.

Jika dimakan, telur ikan ini memiliki tekstur yang kenyal. Dengan dilengkapi bumbu kuning yang gurih dan juga manis, masakan ini mampu memberikan cita rasa yang sulit dilupakan.

Itulah beragam  kuliner di Palangka Raya yang tiada duanya. Dengan mencicipi berbagai makanan khas tadi,  pengalaman Ramadhan tahun ini jadi lebih mengasyikkan!

0 comments on “Ramadhan Tiba, Yuk Coba Kuliner Unik dari Palangka Raya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.