Rekomendasi Event Wisata Bulan Juli 2024
Local Experiences

Rekomendasi Event Wisata Bulan Juli 2024 Bagian 1, Dari Karo sampai Pacitan

Jika mengunjungi tempat wisata dirasa sudah biasa, saatnya Kawanjo berburu pengalaman melalui rekomendasi event wisata bulan Juli 2024

Musim liburan sekolah dan kuliah, udah tahu mau ngapain di bulan Juli? Mumpung banyak waktu luang, tak ada salahnya rekreasi dan mengambil waktu luang sejenak. Jika mengunjungi tempat wisata dirasa sudah biasa, saatnya Kawanjo berburu pengalaman melalui rekomendasi event wisata bulan Juli 2024.

Menghabiskan masa liburan dengan melibatkan diri dalam festival wisata  memberikan kesempatan unik untuk belajar dan menghargai warisan budaya yang kaya dan beragam. Pengalaman ini memungkinkan Kawanjo untuk melihat langsung tradisi, seni, dan adat istiadat yang mungkin tidak dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, festival budaya sering kali diiringi dengan berbagai kegiatan menarik seperti tarian, musik, pameran seni, dan kuliner khas daerah. Kesemuanya mampu memberikan pengalaman liburan yang berbeda dan menyenangkan. Keterlibatan dalam festival ini juga bisa menjadi kesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk lokal, menciptakan kenangan yang lebih personal dan bermakna. Hal ini tidak hanya mendukung pariwisata lokal tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi daerah yang mengadakan festival tersebut.

Baca Juga: 7 Tempat Wreck Diving di Indonesia yang Unik

Rekomendasi Event Wisata Bulan Juli 2024

Rekomendasi Event Wisata Bulan Juli 2024
Rekomendasi Event Wisata Bulan Juli 2024

Banyak negara, termasuk Indonesia, memiliki bulan Juli sebagai periode libur sekolah dan musim liburan. Hal ini membuat banyak keluarga dan individu memiliki waktu luang untuk bepergian dan berpartisipasi dalam acara-acara budaya. Event budaya yang diadakan selama bulan ini cenderung menarik lebih banyak pengunjung. Karena Kawanjo sendiri pasti mencari kegiatan yang menarik untuk mengisi waktu liburan.

 

Berdasarkan website Kementerian Pariwisata dan Perekonomian Kreatif, inilah rekomendasi event wisata bulan Juli 2024:

 

  1. Festival Pohon Cinta Pohuwato
    Festival Pohon Cinta Pohuwato
    Festival Pohon Cinta Pohuwato

    Festival Pesona Pohon Cinta (FPPC) adalah acara tahunan yang dimulai sejak tahun 2017 di Kabupaten Pahuwato, Gorontalo. Tahun ini, FPPC dilaksanakan tanggal 3 sampai 4 Juli 2024. Filosofi Pohon Cinta mencerminkan kecintaan masyarakat terhadap pohon, khususnya mangrove yang tumbuh di sekitar destinasi wisata ini.

    FPPC juga merupakan wujud ekspresi identitas masyarakat bersama Pemerintah Daerah yang bertujuan untuk mengedukasi, menghibur, serta melestarikan budaya. Melalui pertunjukan dan manifestasi warisan budaya, serta komunitas ekonomi kreatif. Selain itu, FPPC juga menjadi sarana untuk mempromosikan investasi, pemberdayaan masyarakat, ekonomi, dan kearifan lokal yang menonjolkan tradisi serta kuliner. Berbagai kegiatan digelar dalam acara ini. Seperti cipta tari dan lagu, pergelaran adat multi etnis, kreativitas dan demonstrasi kuliner, karnaval, bazar UMKM, talkshow Ekraf, dan penampilan musik modern dengan nuansa Duwo atau sejenis ikan.

  2. Festival Bunga dan Buah Karo
    Festival Bunga dan Buah Karo
    Festival Bunga dan Buah Karo

    Sejak tahun 1980-an, festival ini diadakan setiap bulan Juli. Melibatkan semua desa di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, yang berpartisipasi dalam karnaval untuk memamerkan hasil bumi mereka. Acara ikonik ini merupakan bentuk syukur masyarakat atas kesuburan tanah mereka.

    Festival Bunga dan Buah bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Karo. Di dalamnya menampilkan berbagai pertunjukan menarik. Seperti hiburan musik, fashion show bunga, dan parade kendaraan hias, yang terbuka untuk umum dan wisatawan. Pada tahun 2024, Festival Bunga dan Buah Karo dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 6 Juli 2024. Dengan mengusung konsep Garden Luminary Walk, terdapat area seluas dua hektare yang dihiasi dengan pencahayaan menarik. Sehingga pengunjung dapat menikmati lokasi acara di malam hari sambil menikmati buah gratis sebanyak satu ton selama acara berlangsung.

  3. Festival Ronthek Pacitan
    Festival Ronthek Pacitan
    Festival Ronthek Pacitan

    Suminaring Pacitan Kawentar, adalah tema dari Festival Ronthek Pacitan 2024. Kata ronthek berasal dari ronda dan thethek, yaitu alat musik yang terbuat dari bambu yang dilubangi dan dimainkan dengan cara dipukul. Dalam acara yang dilaksanakan pada tanggal 4 sampai 6 Juli 2024, ronthek dipukul dan dipadukan dengan alat musik tradisional lainnya. Seperti gamelan, gong, kenong, saron. Penampilan Ronthek juga menggunakan iringan lagu serta tarian.

    Dalam pelaksanaannya, acara yang terbuka untuk umum ini digelar bersamaan dengan Gelar Produk Ekraf dan UMKM secara massal yang  memamerkan berbagai macam produk unggulan Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pesertanya berasal dari masyarakat, komunitas, grup seni, dan sanggar seni dari berbagai daerah.

  4. K-Fest
    K-Fest
    K-Fest

    Provinsi Lampung memiliki keberagaman suku bangsa. Meski begitu masyarakatnya saling menghormati dan menghargai. Pantas jika acara Krakatau Festival mengangkat tema Nemui Nyimah, sebuah filosofi yang bermakna toleransi dan menjaga keharmonisan bagi masyarakat Lampung.

    Festival Krakatau tahun ini dilaksanakan pada tanggal 5 sampai 7 Juli 2024. Menjadi acara kolaboratif yang melibatkan komunitas budaya, pemangku kepentingan pariwisata, pelaku Ekonomi Kreatif, akademisi, media, dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Rangkaian acara Festival Krakatau mencakup Festival Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Karnaval Budaya Nemui Nyimah, Malam Pesona Kemilau Krakatau, Lomba Mewarnai, Hias dan Kreasi Membuat Topeng Lampung, Fashion Show dan Pentas Seni Anak, Krakatau Run, dan Tour Krakatau.

  5. Festival Tabut Bengkulu
    Festival Tabut Bengkulu
    Festival Tabut Bengkulu

    Sama-sama di Pulau Sumatera, setelah dari Lampung sekarang menuju ke Bengkulu. Ada Festival Tabut Bengkulu yang menjadi tradisi tahunan, diwariskan secara turun temurun oleh masyarakat Bengkulu. Festival ini diadakan dalam rangka merayakan tahun baru Islam pada 1 Muharram.

    Salah satu KARISMA EVENT NUSANTARA (KEN) 2024 ini berlangsung pada tanggal 6 hingga 16 Juli 2024 atau tanggal 1 sampai 10 Muharram 1446 H. Adapun tema yang diusung adalah Keramaian Asli Bengkulu, dengan tujuan untuk menciptakan acara yang berprinsip CHSE (Clean, Health, Safety & Environment). Sehingga diharapkan menjadi event ikonik yang berkelas internasional.

Baca Juga: Mengenal Bun Upas, Fenomena Alam yang Bikin Dieng Beku!

Baru lima, masih ada banyak rekomendasi event wisata bulan Juli. Sebelum menemukan acara-acara lain di tulisan selanjutnya, yuk segera susun jadwal perjalanannya. Jangan lupa mampir ke tempat wisata di daerah pelaksana. Supaya tidak bingung, buka situs Pigijo untuk menemukan info seputar wisata Indonesia!

 

0 comments on “Rekomendasi Event Wisata Bulan Juli 2024 Bagian 1, Dari Karo sampai Pacitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.