Sambut Bulan Kemerdekaan, Ini 4 Wisata Sejarah di Jakarta
Local Experiences

Sambut Bulan Kemerdekaan, Ini 4 Wisata Sejarah di Jakarta

Napak tilas perjuangan bangsa Indonesia sampai memperoleh kemerdekaan ada di 4 tempat bersejarah ini.

Akhirnya Kawanjon kita masuk ke bulan Agustus juga. Bulan ke delapan ini tentunya spesial bagi seluruh rakyat Indonesia. Di bulan Agustus tahun 2021 Indonesia akan menyambut peringatan ke-76 tahun hari kemerdekaan.

Meski demikian, masih sama seperti tahun lalu perayaan hari kemerdekaan di 2021 masih dirayakan dengan penuh keprihatinan. Belum meredanya pandemi COVID-19 jadi alasannya. Bahkan pada Juli lalu pemerintah sampai memberlakukan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk membendung penyebaran virus corona yang sudah menginfeksi jutaan orang dan menewaskan ribuan orang di tanah air.

BACA JUGA: Biar Aman dan Nyaman Menginap di Hotel, Simak 8 Tips Ini

Di masa berduka ini Kawanjo disarankan untuk membatasi aktivitas. Bahkan pemerintah meminta Kawanjo untuk di rumah saja. Kendati di rumah, bukan berarti Kawanjo tak bisa ikut serta dalam semarak kemerdekaan. Salah satu caranya adalah dengan memperdalam sejarah perjuangan bangsa.

Untuk mengetahui hal itu, Kawanjo bisa mengunjungi beberapa museam usai PPKM dan pandemi COVOID-19 mereda. Saat ini, Kawanjo kita beri rekomendasi wisata sejarah di Jakarta, agar dibaca dan kemudian disusun rencananya ke sana ketika situasi kondusif.

Yuk diintip lima destinasi wisata sejarah yang tersebar di ibu kota, Jakarta:

  1. Monas
Sambut Bulan Kemerdekaan, Ini 4 Wisata Sejarah di Jakarta
Monas

Terletak di Gambir, Jakarta Pusat, Monas merupakan salah satu landmark utama di Jakarta. Monas juga menjadi simbol Jakarta. Di Monas Kawanjo bisa melakukan banyak kegiatan mulai dari olahraga, tamasya hingga mengenal lebih jauh Indonesia lewat wisata sejarah.

Di sekitar Monas terdapat 51 diorama yang menceritakan sejarah Indonesia, mulai massa pra-sejarah hingga kemerdekaan. Di dalam Monas tepatnya Ruang Kemerdekaan tersimpan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan bapa pendiri bangsa Ir Soekarno dan Mohammad Hatta.

  1. Tugu Proklamasi
Sambut Bulan Kemerdekaan, Ini 4 Wisata Sejarah di Jakarta
Tugu Proklamasi

Jakarta Pusat merupakan kota dengan segudang sejarah bangsa. Salah satunya adalah tugu proklamasi. Tugu peringatan ini berdiri dengan gagah di Taman Proklamasi yang beralamat di Jalan Proklamasi daerah Jakarta Pusat.

BACA JUGA: 5 Makanan untuk Dikirim ke Pasien Isoman, Ada Masakan Korea

Dulunya tempat ini adalah rumah milik Presiden Pertama Indonesia, Soekarno. Di sini lah naskah proklamasi dibacakan pada 17 Agustus 1945. Kini, rumah kediaman Soekarno sudah dialihfungsikan menjadi tempat wisata. Di Tugu ini sekarang berdiri patung Soekarno-Hatta berukuran raksasa sedang membacakan teks proklamasi bangsa Indonesia.

  1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Sambut Bulan Kemerdekaan, Ini 4 Wisata Sejarah di Jakarta
Munasprok

Tak jauh dari Monas dan Tugu Prkolamasi, terdapat Museum Perumusan Naskah Proklamasi atau biasa disingkat dengan Munasprok. Lokasi tempat bersejarah ini terletak di Jl Iman Bonjol Jakarta Pusat bersampingan dengan Gereja GPIB Paulus dan di depan kediaman resmi Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia.

Sebelum 1945 gedung Museum Perumusan Naskah Proklamasi berulang kali berganti fungsi. Yang paling anyar sebelum 17 Agustus 1945 rumah ini dipakai oleh Laksamana Muda Tadashi Maeda, Kepala Kantor Penghubung antara Angkatan Laut dengan Angkatan Darat. Di gedung ini lah, naskah proklamasi disusun sebelum dibacakan oleh Soekarno-Hatta.

  1. Museum Fatahillah
Sambut Bulan Kemerdekaan, Ini 4 Wisata Sejarah di Jakarta
Museam Fatahillah

Bernama resmi Museum Sejarah Jakarta, Museum Fatahillah berlokasi di Jl Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat. Museum ini berdiri di tanah seluas 1.300 meter persegi. Bangunan ini merupakan saksi sejarah perjuangan bangsa Indonesia di masa awal kolonial Belanda.

Pada abad 17, bangunan bergaya Belanda ini adalah rumah Gubernur Jenderal Pemerintah Kolonial. Segala macam kebijakan, sampai hukuman mati diputuskan di gedung ini. Pada 1974, oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin, bangunan ini diubah fungsinya menjadi museum yang menggambarkan perjalanan sejarah Jakarta.

Itu tadi empat wisata sejarah yang ada di ibu kota kita tercinta, DKI Jakarta. Jika sudah dibaca, Kawanjo kami ingatkan juga, kalau semua tempat wisata itu masih tutup saat PPKM. Sekarang daftarnya disimpan dulu saja. Kalau sudah disimpan, yuk Kawanjo intip daftar berbagai paket wisata menarik kami lainnya di sini.

BACA JUGA : 4 Kegiatan Seru yang Bisa Kamu Lakukan Saat Perayaan Hari Kemerdekaan RI

0 comments on “Sambut Bulan Kemerdekaan, Ini 4 Wisata Sejarah di Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.