Wisata Religi Banjarmasin
Local Experiences

Sejukan Hati dan Tenangkan Pikiran, Yuk Wisata Religi ke Banjarmasin

Mari sejukan hati dengan wisata religi ke Banjarmasin.

Akhir 2021 lalu, putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Siti Ma’arifah, menyatakan dukungan atas usulan menjadikan kota Banjarmasin salah sebagai pusat wisata religi di Indonesia. Dukungan Siti sejalan dengan potensi wisata religi yang ada di ibu kota Kalimantan Selatan tersebut.

Siti yang melihat langsung dari dekat bagaimana keindahan Banjarmasin mengaku kagum akan kota itu. Menurutnya wisata religi, wisata bahari hingga pengembangan UMKM di Banjarmasin bisa menjadi tulang punggung kota ini serta Provinsi Kalimantan Selatan di masa mendatang.

BACA JUGA: Kemenparekraf Sediakan 3 Alternatif Jika Hotel Penuh di Mandalika

“Kita akan sama-sama mendorong untuk kawasan industri halal dan juga pariwisata halal, yang tentunya sangat cocok dengan masyarakat Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin yang memang religius,” ujar Siti pada Desember lalu.

Banjarmasin pada 10 Desember 2021 lalu telah mendeklarasikan pengembangan pariwisata religi. Untuk mendukung pengembangan itu Wali Kota Banjarmasin mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2021 tentang Pariwisata Halal.

Tidak bisa dipungkiri Banjarmasin merupakan salah satu kota religius yang potensi wisatanya belum berkembang secara maksimal. Banjarmasin bahkan belum menjadi pilihan utama bagi para pelancong yang ingin menjajal kota-kota yang kental dengan wisata religi.

Nah saat ini, kami akan ajak Kawanjo mengenal lebih jauh mengenai wisata religi di Banjarmasin dan tempat-tempat mana mesti dikunjungi. Yuk kita lihat bareng-bareng:

  1. Masjid Sultan Suriansyah
Sejukan Hati dan Tenangkan Pikiran, Yuk Wisata Religi ke Banjarmasin
Masjid Sultan Suriansyah

Masjid Sultan Suriansyah merupakan salah satu yang tertua di Pulau Kalimantan. Sejarah mencatat, Masjid Sultan Suriansyah dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah sekitar tahun 1526-1550. Raja Suriansyah memegang peranan penting dalam penyebaran agama Islam di tanah Banjarmasin dan Kalimantan. Ia adalah penguasa pertama Kerajaan Banjar yang memeluk Islam.

Saat ini Masjid Sultan Suriansyah menjadi salah satu objek wisata utama di Banjarmasin. Selain kental nuansa sejarah, Masjid ini semakin mempesona karena letaknya di pinggir Sungai Kuin. Untuk menuju masjid ini Kawanjo bisa naik angkutan air seperti bus air sampai speed boat.

Lokasi masjid juga tak jauh dari Makam Sultan Suriansyah, hanya sekitar 500 meter. Kebanyakan pelancong yang berwisata di sini pasti menyempatkan diri ziarah ke makam Sultan Suriansyah.

  1. Makam Pangeran Antasari
Sejukan Hati dan Tenangkan Pikiran, Yuk Wisata Religi ke Banjarmasin
Makam Pangeran Antasari

Pangeran Antasari dikenal atas jasa-jasanya melawan penjajah di zaman kolonial Belanda. Pemerintah Indonesia sudah memberikan gelar pahlawan nasional kepada putra asli Banjar tersebut.

Untuk mengenang jasa Pangeran Antasari, Kawanjo yang mau ngetrip religi Banjarmasin wajib banget ziarah ke makam Pangeran Antasari di Jalan Malkon Temon, Banjarmasin Utara.

Makam Pangeran Antasari kini jadi salah satu magnet wisata religi di Banjarmasin. Bangunan makam yang terawat baik serta pendopo luas di sekeliling makam membuat para pelancong makin betah untuk menjadikan tempat ini salah satu pilihan wisata religi.

  1. Museum Lambung Mangkurat
Sejukan Hati dan Tenangkan Pikiran, Yuk Wisata Religi ke Banjarmasin
Museum Lambung Mangkurat

Kawanjo yang penasaran dengan penyebaran Islam di tanah Kalimantan, khususnya Kalimantan Selatan, kalian harus banget ke Museum Lambung Mangkurat. Musem ini menyimpan ribuan koleksi sejarah Banjarmasin, termasuk Kerajaan Islam Banjar.

Di sini kalian bisa melihat peninggalan mulai dari pakaian, perkakas, hingga benda-benda pusaka. Seluruh peninggalan sangat kental nuansa Islami.

BACA JUGA: Keren, Ubud Masuk 10 Destinasi Wisata Versi Lonely Planet

Kunjungan ke Museum Lambung Mangkurat akan semakin menarik karena bangunan gedung yang unik. Gedung museum merupakan perpaduan design modern dan klasik. Bukan cuma soal bangunan, Kawanjo pasti bakal kagum dengan luasnya museum ini. Bangunan Museum Lambung Mangkurat berdiri di atas tanah seluas 1500 meter persegi.

  1. Masjid Raya Sabilal Muhtadin
Sejukan Hati dan Tenangkan Pikiran, Yuk Wisata Religi ke Banjarmasin
Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Megah dan elegan. Dua kata itu begitu pantas disematkan untuk Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Masjid modern di jantung kota Banjarmasin memang sangat mempesona. Kubah masjid dibuat setengah lingkaran seperti topi khas orang Banjar.

Saat ini Masjid Raya Sabilal Muhtadin adalah pusat kegiatan keagamaan di Banjarmasin serta Kalimantan Selatan. Masjid ini juga begitu sejuk karena berdirinya pepohonan rimbun di hampir seluruh lingkungan masjid. Suasana di Masjid ini pasti bakal membuat wisata religi Kawanjo di Banjarmasin semakin bahagia, menyejukan hati, dan menenangkan pikiran.

Itu tadi empat wisata religi di Banjarmasin yang pasti membuat hati Kawanjo tenang. Saat ini tiba waktunya Kawanjo untuk melihat paket wisata menarik dari kami di sini.

Baca Juga : Surga di Sukabumi, 7 Curug Ini Terletak di Geopark Ciletuh

0 comments on “Sejukan Hati dan Tenangkan Pikiran, Yuk Wisata Religi ke Banjarmasin

Leave a Reply

Your email address will not be published.