Kawah Putih Ciwidey
Local Experiences

Serunya Beraktivitas di Kawah Putih Ciwidey Nan Aduhai!

Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu destinasi wisata yang memukau di Jawa Barat

Kawah Putih Ciwidey adalah salah satu destinasi wisata yang memukau di Jawa Barat. Terletak sekitar 50 kilometer arah selatan dari kota Bandung, kawasan ini menawarkan pemandangan alam yang aduhai. Banyak ragam aktivitas yang bisa Kawanjo lakukan bila sedang berada di sini.

Keunikan Kawah Putih

Keunikan Kawah Putih
Keunikan Kawah Putih

Asal usul kawah Putih Ciwidey terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12.

Tanah di sekitar kawah ini berwarna putih karena pencampuran unsur belerang. Keberadaan kawah ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan fenomena alam yang unik.

Posisinya yang terletak di pUncak Ciwidey membuat hawa di kawasan ini sangat sejuk. Suhunya berkisar antara 15 hingga 22 derajat Celsius. Sembari menikmati keindahan dari puncak, aroma belerang yang khas juga tercium di sekitar kawasan ini.

Warna putih kawah Ciwidey dihasilkan dari kandungan beberapa unsur yang bercampur dengan belerang. Hal ini menciptakan keunikan panoramanya yang berkesan romantis. Sehingga Kawah Putih menjadi favorit para wisatawan.

Baca juga: 4 Hari di Pulau Rote Cuma 4 Juta? Sikat Paketnya!

Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey:

Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey
Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey

Untuk masuk ke kawasan Kawah Putih Ciwidey, wisatawan domestik perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp28.000 hingga Rp162.000.

Harga tiket masuk berlaku setiap hari, baik weekday maupun weekend. Pengunjung dapat membeli tiket langsung di loket.

 

Jam Buka Kawah Putih Ciwidey

Jam Buka Kawah Putih Ciwidey
Jam Buka Kawah Putih Ciwidey

Tempat wisata ini terbuka setiap hari dari pagi hingga sore. Jam bukanya mulai pukul 07.30 pagi hingga pukul 16.00 sore.

 

Ragam Aktivitas Wisata

Ragam Aktivitas Wisata 
Ragam Aktivitas Wisata

Kabut tipis seringkali menyelimuti Kawah Putih, menambah indah nuansa untuk menikmati keindahannya. Posisinya yang terletak di dataran tinggi memberikan kesan romantis. Menikmati keindahan danau Kawah Putih yang terbentuk secara alami dari hasil letusan Gunung Patuha dengan endapan tuff putih adalah pengalaman yang tak terlupakan.

Jadi, jika Kawanjo berkunjung ke Bandung, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan keajaiban alam Kawah Putih Ciwidey. Nikmatilah pemandangan danau berwarna putih yang memukau di kaki Gunung Patuha

Selain itu, Kawah Putih Ciwidey juga menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan alamnya. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar Kawah Putih:

  1. Trekking atau Lintas HutanNikmati petualangan dengan melakukan trekking atau lintas hutan di sekitar Kawah Putih. Kawanjo dapat menjelajahi jalur hiking Gunung Patuha dan perkebunan teh Ciwidey. Medan jalannya memang cukup menantang, tapi panorama alam yang mengelilingi wilayah ini sungguh aduhai dan bikin terpukau.
  2. KempingRasanya kurang memuaskan jika  hanya menikmati keindahan alam Ciwidey dalam satu hari. Cobalah menginap di akomodasi pariwisata terdekat, seperti di Ranca Upas yang memiliki area kemping yang sejuk dan indah. Selain penginapan standar kemping, ada juga pilihan hotel atau villa terdekat.
  3. Berendam di Kolam Air PanasBerendam di kolam air panas bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi rasa lelah atau sekadar relaksasi. Kawanjo dapat mencoba berendam di kolam pemandian air panas Ciwalini atau Cimanggu. Kedua pemandian air panas ini menawarkan pemandangan alam yang cocok untuk refreshing.
  4. Hunting Foto:Jangan lewatkan momen berharga di Kawah Putih. Lakukan hunting foto di beberapa spot menarik, seperti Skywalk Cantigi, menikmati sunrise di Sunan Ibu, atau berfoto di dermaga kayu tepi danau.
  5. KulineranSetelah menjelajahi Kawah Putih, nikmati sajian kuliner khas Bumi Priangan. Cobalah berbagai makanan dan jajanan khas Jawa Barat, seperti minuman hangat bandrek atau bajigur.

Baca juga: Bangga! Bromo Masuk 3 Besar Taman Nasional Paling Indah di Dunia

Jadi, jika Kawanjo berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey, pastikan untuk mencoba aktivitas- aktivitas menarik di atas. Tentunya untuk pengalaman liburan yang sulit terlupakan!

 

0 comments on “Serunya Beraktivitas di Kawah Putih Ciwidey Nan Aduhai!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.