Solo Keroncong Festival 2024
Local Experiences

Solo Keroncong Festival 2024, Jaga Eksistensi dan Kejayaan Musik Kebanggaan

Solo Keroncong Festival 2024 hadir dengan kebahagiaan yang terpatri dalam tiap nada-nada

Solo Keroncong Festival 2024 hadir dengan kebahagiaan yang terpatri dalam tiap nada-nada. Penampil yang direncanakan bisa ditonton siap mengudarakan eksistensi musik kebanggaan Indonesia. Tua muda akan terlena dengan keindahan musik penuh makna. Menunjukkan bahwa meski zaman berganti, musik keroncong masih berjaya.

Solo Keroncong Festival ada sejak tahun 2009 guna  melestarikan dan mempromosikan musik keroncong di kalangan masyarakat luas. Sekaligus memperkenalkan keroncong kepada generasi muda, supaya tak hilang meski zaman terus berjalan. Selain pertunjukan musik, festival ini juga sering mengadakan workshop, seminar, dan pameran yang membahas sejarah dan perkembangan keroncong baik lokal maupun internasional. Lalu, bagaimana dengan pelaksanaan tahun ini?

Tema Solo Keroncong Festival 2024

Tema Solo Keroncong Festival 2024
Tema Solo Keroncong Festival 2024

Setiap tahun, gelaran budaya Kota Solo ini selalu menampilkan musisi lokal, nasional, bahkan internasional. Sebelum-sebelumnya pun selalu menyedot perhatian banyak orang. Untuk datang dan menikmati beragam acara yang terjadwalkan. Dengan satu tema “Keroncong Experience,”  Solo Keroncong Festival 2024 bakal menjadi pengalaman seni budaya nan indah. Bagi penikmat seni lintas genre apapun, semua bisa merasakan kebahagiaan. Karena gelaran ini memberikan ruang untuk berbaurnya keroncong dengan jenis musik lain yang beragam.

Dengan slogan “Becik Ketitik, Keroncong Ketara” mengandung makna bahwa keunikan keroncong akan terlihat dengan jelas melalui penampilan yang memikat. Walaupun berpadu dengan jenis musik lain, keroncong tetap eksis menunjukkan jati dirinya.

Keroncong menjadi istimewa dengan tetap mempertahankan ciri khasnya. Seperti menggunakan alat musik seperti ukulele, cak (ukulele dengan 4 senar logam), cuk (ukulele dengan 3 senar usus), gitar, biola, flute, selo (cello), dan bass. Irama keroncong tetap santai dan mengalun, dengan tempo sedang hingga lambat. Adapun vokal dalam musik keroncong sering kali dibawakan dengan gaya yang melengking dan penuh perasaan, mirip dengan teknik bernyanyi dalam musik tradisional Indonesia lainnya.

Meski mempertahankan jati dirinya, keroncong dengan luwes bisa berpadu dengan genre musik lain. Harapannya, hal ini bisa menarik minat generasi muda untuk menjadikan keroncong sebagai pilihan berkreasi dan mengapresiasi seni budaya.

Baca juga: Pantai Matras, Tempat Pelaksanaan Mada Fest 2024 yang Bikin Betah Berlama-lama

Jadwal Solo Keroncong Festival 2024

Jadwal Solo Keroncong Festival 2024
Jadwal Solo Keroncong Festival 2024

Perlu diketahui, Solo Keroncong Festival adalah bagian dari Karisma Event Nusantara 2024. Ditambah dengan fakta ditetapkannya Kota Surakarta sebagai bagian dari Jaringan Kota Kreatif UNESCO (UCCN) bidang Kerajinan dan Kesenian Rakyat, Solo Keroncong Festival dikonsep lebih matang. Dalam pelaksanaannya yang ke-15, ragam agenda terjadwal mulai tanggal 19 sampai 20 Juli 2024. Kesemuanya menitikberatkan pada perpaduan pelestarian, pengembangan, apresiasi, edukasi, kolaborasi, regenerasi, dan reaktualisasi musik keroncong.

Acara ini pun berbasiskan perekonomian kreatif. Supaya bisa memberi manfaat ekonomi pada UMKM kreatif lokal, para seniman, dan meningkatkan kunjungan wisata di Kota Solo. Event ini berkolaborasi dengan seniman keroncong se-Solo Raya yang dimulai dengan lomba keroncong, pameran industri UMKM alat musik keroncong, dan membatik. Ada juga jadwal Solo Keroncong Festival 2024 di aktivitas dunia fashion seperti membatik, tattoo hyena, barber & hairstylist, nail art). Jangan sampai ketinggalan program City Tour Staycation Package untuk mengeksplorasi lebih dalam potensi pariwisata Kota Solo. Tak kalah penting untuk mencicipi berbagai produk makanan minuman di area tenant kuliner UMKM Keplek Ilat.

Baca juga: 6 Tujuan Payakumbuh Botuang Festival 2024 Diadakan, Menyulap Bambu Jadi Pertunjukan Berharga

Lokasi Solo Keroncong Festival

Lokasi Solo Keroncong Festival
Lokasi Solo Keroncong Festival

Sebagai kota wisata budaya, Solo memiliki banyak destinasi yang harus dikunjungi. Salah satunya adalah Pamedan Pura Mangkunegaran yang berada di Keprabon, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah. Apalagi jika terdapat event yang dilaksanakan di sini, seperti Solo Keroncong Festival. Walhasil, banyak orang tertarik untuk datang.

Sebagaimana diketahui, Pura Mangkunegaran Solo adalah tempat yang sering menjadi lokasi sebuah event budaya. Hal ini menjadi cara untuk mengundang warga agar lebih dekat dan akrab ke kawasan sejarah ini. Sekaligus untuk terus memperbaiki jumlah kunjungan wisatawan dan penggemar seni budaya.

Tempat yang memiliki nilai histori penting ini adalah representasi dari kekayaan budaya di Kota Solo. Di dalamnya terdapat berbagai spot edukasi seperti Museum Puro Mangkunegaran dan Perpustakaan Rekso Pustaka yang menyimpan koleksi-koleksi bernilai dan penting.

Sehingga meskipun event selesai, Kawanjo bisa tetap berwisata. Dengan melihat koleksi benda dan buku kuno yang tertata rapi. Seperti perhiasan emas berupa kalung, anting, cincin, subang, gelang tangan, rantai, badong, dan perlengkapan menari.

Sedangkan di perpustakaan, terdapat banyak koleksi berharga baik naskah kuno, buku, foto dan arsip. Koleksi berharga lainnya, karya-karya luhur dari Mangkunegara IV yakni Serat Wedhotomo, Serat Tripomo, Serat Woroyagyo, dan lainnya.

Meski zaman berganti, musik keroncong masih menunjukkan eksistensinya. Tua muda mampu terlena dengan keindahan musik penuh makna. Dengan adanya Solo Keroncong Festival 2024, semakin berjayalah nada-nada khas musik kebanggaan Indonesia.

0 comments on “Solo Keroncong Festival 2024, Jaga Eksistensi dan Kejayaan Musik Kebanggaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.