Spiritual Bagi Umat Muslim, 4 Destinasi Religi Ini Wajib Dicoba
Local Experiences

Spiritual Bagi Umat Muslim, 4 Destinasi Religi Ini Wajib Dicoba

Ada banyak destinasi liburan yang wajib dikunjungi traveler muslim jika ingin mendapatkan pengalaman spiritual.

Hai traveler! Sudah waktunya untuk refreshing nih, pasti banyak yang tanya kenapa? Alasannya sederhana, travelling atau liburan memiliki banyak manfaatnya. Kondisi daerah dan budaya setempat, sampai perilaku warga lokal bisa membuka wawasan dan memberikan pandangan baru bagi kita semua kawanjo. Apalagi jika perjalanan liburannya menjadi sebuah pengalaman transformatif dan juga menyangkut perjalanan spiritual. 

Bicara soal liburan dan paket wisata menarik, tidak sedikit juga banyak negara yang memutuskan untuk menutup semua kunjungan atau transit dari warga negara asing. Tetapi dengan pandemi COVID-19 dan pemberlakuan protokol kesehatan yang ketat. Turki dikenal sebagai destinasi wisata muslim yang sangat rekomendasi, apalagi di bulan ramadan. Tapi, sebenarnya banyak juga negara-negara yang wajib dikunjungi oleh traveler muslim.

1. Fez, Maroko

Ramadan tinggal menghitung hari lagi nih kawanjo. Selain menjalankan ibadah puasa, kawanjo juga bisa pergi berlibur yang mampu memberikan pengalaman spiritual dan mengukuhkan iman nih. Salah satunya adalah destinasi wisata favorit ke berbagai negara muslim. Maroko adalah negara yang kebudayaannya merupakan percampuran dari negara Eropa, Arab, dan Bangsa Berber. 

Destinasi wisata muslim
Kota Fez jadi destinasi wisata religi muslim

Jika memang kawanjo travelling ke Maroko, seperti wajib mencoba berkunjung ke Fez. Kota ini dibangun oleh Dinasti Idris di tahun 789 M, kota ini juga dikenal sebagai kota spiritual yang eksotis. Fez merupakan pusat perkembangan sejarah Islam, terutama di Maroko. Kota ini juga dikenal sebagai “Kota orang suci” karena begitu banyak Auliya yang menginjakan kakinya di Fez. 

Nama-nama mereka juga diabadikan sebagai nama masjid sebagai bentuk penghormatan. Salah satu daya tarik utama dari kota ini adalah keberadaan Universitas Al-Qarawiyyin yang merupakan universitas pertama yang lahir dari peradaban Islam yang didirikan pada tahun 859 M.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Tips Kesehatan Saat Liburan Di Masa Pandemi

2. Mekah

Salah destinasi favorit yang bisa dikunjungi saat bulan Ramadhan untuk mendapatkan pengalaman spiritualis adalah Mekah. Di sini semua umat muslim melakukan kewajibannya, mulai dari ibadah haji, sampai umrah. Biasanya setelah melakukan ibadah di Masjidil Haram, umat muslim akan melanjutkan perjalanan ke Madinah.

Destinasi wisata wajib bagi umat muslim
Masjidil Haram Destinasi wisata muslim

Di sini umat muslim akan melakukan ziarah ke makam Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Mengunjungi Baitullah sudah menjadi kewajiban umat muslim. Karena dengan pergi ke sini, umat muslim akan mendapatkan pengalaman spiritual yang akan menjadi arah kehidupan. 

3. Istanbul

Spiritual Bagi Umat Muslim, 4 Destinasi Religi Ini Wajib Dicoba
Istanbul destinasi yang direkomendasikan bagi Umat Muslim

Buat kawanjo yang belum pernah ke Istanbul, kayaknya wajib dimasukan list liburan kali ini deh. Istanbul jadi salah satu destinasi favorit traveler. Istanbul  tidak hanya dikenal dengan budaya dan arsitekturnya saja yang indah. Tetapi di sini juga dikenal penuh dengan kebudayaan Islam. Bisa dikatakan, kota ini jadi pusat pengetahuan, politik, spiritual pada kekhalifahan terlama di sejarah Islam yaitu Ottoman. 

4. Indonesia

Tidak bisa dipungkiri, jika saat ini Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbanyak. Islam seakan hidup dan mengalir damai di negeri khatulistiwa. Itu sebabnya, kenapa umat muslim juga wajib memasukan Indonesia sebagai daftar destinasi wisata spiritual. Di Indonesia banyak kota-kota yang wajib dikunjungi oleh para traveller muslim. 

Spiritual Bagi Umat Muslim, 4 Destinasi Religi Ini Wajib Dicoba
Cirebon wisata ziarah Sunan Gunung Jati

Salah satu rekomendasi wisata spiritual di Indonesia adalah melakukan ziarah ke makam para Sunan yaitu orang yang mempunyai pengaruh dalam penyebaran agama Islam di Indonesia. Cirebon, Semarang, Sidoarjo dan masih banyak lagi kota di Indonesia yang bisa dijelajahi oleh traveler muslim. Gimana udah siap liburan belum? Yuk cek beberapa paket wisata menarik dan trip seru di sini.

0 comments on “Spiritual Bagi Umat Muslim, 4 Destinasi Religi Ini Wajib Dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published.