5 Rekomendasi Gunung untuk Redam Stres Selama Pandemi
Local Experiences

5 Rekomendasi Gunung untuk Redam Stres Selama Pandemi

Seketika berencana plesir di Pulau Jawa, Siapkan stamina lebih untuk mengintip lautan awan di puncak gunung ini.

Apa kamu lelah dengan lalu lalang meeting daring, ditambah tumpukkan kerjaan kantor di rumah karena mesti work from home (WFH)? Ah, Serasa otak butuh penyegaran segera. Kalau dipikir, staycation aja udah seneng banget. Rasanya pergi ke destinasi liburan seru di luar Jakarta hanya sebatas mimpi, apalagi keharusan swab antigen yang harganya cukup menguras kantong, plus rasa ngeri dicolok-colok saat berangkat dan pulang dari luar kota.

Seperti yang kita ketahui, untuk menggunakan transportasi umum jarak jauh, Kawanjo diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan. Nah ini, tarifnya lumayan mahal dan cukup ngeri nggak sih dicolok?

Maka dari itu, sekarang udah ada GeNose C19, alat deteksi virus COVID-19 melalui hembusan nafas. GeNose C19 ini sudah banyak ditemui di 23 stasiun kereta sepanjang Pulau Jawa. Jadi buat orang-orang yang suka dinas kantor, liburan nggak jadi masalah. Ya, yang deket aja dulu. Paling nggak, menempuh perjalanan dengan kereta api punya nilai yang beda. Jujur aja, seumur hidup banyak yang belum saya jelajahi dari Pulau Jawa. Padahal ya eksotisme dan keramahtamahannya selalu dirindukan.

Oke lah, tak usah banyak basa-basi, Kalau sudah penat, otak terasa panas, cuma gunung yang bisa ademin. Kawanjo, kami persembahkan lima gunung bersahabat yang dijamin bikin pikiran kalian seger lagi.

1. Gunung Andong, Jawa Tengah

5 Rekomendasi Gunung untuk Redam Stres Selama Pandemi
Gunung Andong, kemping seru beratap langit.


Lokasinya ada di Kampung Sawit, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Gunung Andong menjadi salah satu destinasi pendakian bagi para pemula karena memiliki ketinggian 1.726 mdpl dan punya jalur pendakiannya yang cukup bersahabat. Yah namanya gunung Kawanjo, kalau sudah sampai puncak, keindahannya tiada tara. Udah jaminan deh. Dari puncaknya, Kawanjo dapat menikmati keindahan kota Magelang, Salatiga dan Solo.

Mantapnya lagi, pendaki dapat menikmati kopi atau makan di warung sambil menikmati hamparan alam yang luar biasa. Sepanjang rute pendakian, Kawanjo bisa dapat banyak spot foto instagramable di hutan pinus plus udara sejuk yang menenangkan hati dan pikiran. Ada tiga puncak di Gunung Andong ini, yaitu Puncak Makam, Puncak Andong dan Puncak Alap-alap.

Puncak Andong dan Puncak Alap-alap dipisahkan oleh jalur yang ekstrim yang dinamakan Jembatan Setan. Hati-hati jika melewati jembatan setan ya karena jalurnya yang cukup licin dan curam.Gimana seru kan membayangkannya?

2. Gunung Prau, Jawa Tengah

Gunung Prau
Cantiknya Gunung Prau. Foto: dok Ella

Terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 mdpl. Pesona sudah tak diragukan lagi Kawanjo. Dari puncak gunung ini, kalian bisa menikmati pemandangan telaga warna, Bukit Teletubbies dan puncak gunung lainnya seperti Gunung Merapi, Sumbing, Sindoro, Merbabu dan Slamet.

Gunung Prau juga cocok bagi Kawanjo yang baru menekuni kegiatan mendaki. Dari jalur Patak Banteng, Kawanjo bisa menghabiskan waktu 2-3 jam saja untuk sampai ke puncak. Karena sudah cukup familiar, Kawanjo nggak perlu khawatir urus-urus persiapannya. Banyak banget penawaran paket wisata perjalanan serba murah untuk bisa menikmati puncak Gunung Prau. Eits, bisa minta tolong sekalian fotoin Kawanjo. Pasti keren.

3. Gunung Bromo, Jawa Timur

5 Rekomendasi Gunung untuk Redam Stres Selama Pandemi
Belum sah jadi traveler fancy kalau belum ke Bromo.

Mainstream? Iya. Kekinian banget juga iya. Seperti kalau belum ke sini, dan belum ada foto kece berlatar belakang kawah gunung yang ikonik itu belum lulus jadi traveler. Gunung Bromo masuk dalam pengelolaan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Malang. Semua bisa nilai lah, tempatnya keren banget.

Banyak kok foto-foto yang kasih pemandangan yang super kece. Cari aja #gunungbromo di Instagram. Jarang ada yang jelek Kawanjo. Gunung dengan ketinggian 2.329 mdpl ini dikelilingi hamparan pasir yang pas banget nongol di feed Instagram. Tone warnanya udah kebayang lah ya? Nah, sama seperti Gunung Prau, gunung ini menjadi destinasi favorit yang banyak banget paket wisata perjalanan serba lengkap. Well, yuk kita ke Bromo!

Baca Juga: Liburan ke Curug Cikuluwung, Salah Satu Surga Air Terjun di Bogor

4. Gunung Papandayan, Jawa Barat

5 Rekomendasi Gunung untuk Redam Stres Selama Pandemi
Paket lengkap wisata Gunung Papandayan, spot foto ciamik sambil hirup udara segar.


‘Yuk mendaki tipis-tipis,’ ujar teman saya sesaat sebelum berceloteh tentang Gunung Papandayan. Tapi please jangan sekali-sekali remehkan gunung ya Kawanjo. Meski didominasi jalan yang cukup landai dan tempat peristirahatan yang memadai, ada juga kok jalan terjalnya. Gunung Papandayan terletak di Garut, Jawa Barat ini memang cukup familiar bagi para pendaki pemula, namun keindahan di puncaknya sungguh tiada tara. Dalam perjalanan, Kawanjo akan melewati suasana berbeda di Hutan Mati. Cukup bikin deg-deg serr.

5. Gunung Tampomas, Jawa Barat


5 Rekomendasi Gunung untuk Redam Stres Selama Pandemi
Kemping tipis di Puncak Gunung Tampomas sambil masak-masak juga seru.

Memiliki ketinggian di bawah 2000 mdpl, gunung ini juga masuk dalam kategori gunung untuk para pendaki pemula. Untuk bisa sampai ke puncak Gunung Tampomas dibutuhkan waktu pendakian 4-6 jam. Kawanjo dapat mendaki Gunung Tampomas lewat jalur Narimbang, jalur Buah Dua atau jalur Cibeureum. Jika ingin menikmati jalur landai dengan pemandangan hutan pinus, kawanjo dapat memilih jalur Cibeureum. Di puncak, Kawanjo akan menjumpai lubang-lubang kawah dengan bebatuan besar yang memesona.

So, itu dia lima puncak gunung yang sanggup dinginin otak setelah WFH berbulan-bulan, tanpa harus merasa ngeri dicolok-colok untuk keperluan swab antigen sebelum plesiran. Meski begitu, Kawanjo mesti tetap mematuhi protokol kesehatan ya dimanapun kalian berada. Nah, buat kamu yang masih pemula, ada baiknya ditemani local guide yang sudah berpengalaman dan bersertifikasi. Udah banyak kok, buat yang bingung, bisa cek di sini ya. Buat yang ingin mengetahui destinasi liburan seru lainnya bisa klik di sini Kawanjo. Ciao!

2 comments on “5 Rekomendasi Gunung untuk Redam Stres Selama Pandemi

  1. Keren! Keep up the good work

Leave a Reply

Your email address will not be published.