Kulineran Enak di Kediri Jawa Timur Si Kota Tahu
Lifestyle Local Experiences

Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dikunjungi Saat Ramadhan

Wajib ke daerah ini, jika kamu berencana kulineran di Bogor saat Bulan Ramadhan!

Adalah Bogor yang terkenal sebagai Kota Hujan, kini semakin terkenal sebagai tujuan wisata nge-hits. Banyak tempat wisata terbaru di Bogor yang bermunculan selama beberapa tahun ini. Semuanya menawarkan sensasi membahagiakan diri dan menenangkan pikiran. Simak artikel berikut tentang Tempat wisata kuliner di Bogor yang wajib dikunjungi saat Ramadhan.

Baca Juga : Tips liburan ke puncak bogor

Jika Kawanjo berada di Jakarta, tempat wisata terdekat di Bogor pun bertebaran di mana-mana. Tinggal pilih sesuai rencana dan budget. Reservasi secara online sebelum keberangkatan bisa menjadi langkah bijak yang menguntungkan bagi pelancong maupun tempat wisata yang menerapkan protokol pandemi nasional.

Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dikunjungi

Bulan Ramadan, semua umat muslim pasti memprioritaskan ibadah puasanya. Namun begitu, tak menjadi halangan untuk memilih berwisata dalam mengisi hari-harinya.

Mengunjungi tempat wisata di Bogor pun bisa dengan mudah dilakukan. Ada banyak pilihan, di mana meskipun sedang berpuasa, aktivitas wisata tetap bisa dilakukan. Mulai dari wisata alam hingga sekedar jalan berburu takjil berbuka.

Salah satunya yaitu suguhan pasar khas Ramadhan di beberapa tempat di kota Bogor. Bisa jadi, Kawanjo akan menemukan banyak jenis santapan yang tidak ada pada bulan selain Ramadhan. Jadi tidak ada salahnya menyempatkan diri mengeksplorasi tempat berburu takjil khas Ramadhan di bawah ini:

Rekomendasi Wisata Kuliner di Bogor

1. Jalan Veteran

bogor, kuliner bogor, ramadhan, kuliner ramadhan, jalan veteran
Aneka jajanan tersedia di Jalan Veteran.

Lebih dikenal sebagai kawasan Merdeka Bogor, kawasan ini merupakan pusat Kota Bogor di zaman itu.

Puluhan toko di sana yang tutup sejak sore, kemudian tergantikan dengan gerobak dan tenda kuliner. Kawanjo bisa puas memilih makanan. Mulai dari makanan ringan pembuka, hingga makanan berat. Dari jajanan pasar, cendol, cakwe, hingga soto, sate, pempek, bubur ayam, dan lainnya.

Kawanjo juga bisa mencicipi makanan khas Bogor seperti asinan dan doclang.

Baca Juga : Local Experience di Bogor

2. Kawasan Air Mancur

bogor, kuliner bogor, ramadhan, kuliner ramadhan, jalan veteran, air mancur bogor
Kawasan Air Mancur Bogor seketika ramai saat Bulan Ramadhan.

Area ini merupakan pertemuan Jalan Panglima Sudirman dan Ahmad Yani. Dari Istana Bogor, Kawanjo bisa mengambil arah ke jalan Panglima Sudirman. Di sepanjang jalan tersebut hingga akhir bundaran, terlihat tulisan ‘Air Mancur’.

Tak hanya menu untuk berbuka, di sini para pedagang juga menyediakan pilihan santapan sahur di malam hari. Mulai dari minuman khas di malam hari seperti sekoteng, bandrek, dan wedang, hingga makanan nikmat. Seperti Sate Madura, Soto Kuning Bogor, bubur ayam, nasi goreng dan martabak.

3. Ruko Perumahan Taman Yasmin

bogor, kuliner bogor, ramadhan, kuliner ramadhan, jalan veteran, ruko yasmin, air mancur bogor
Tak hanya saat jelang berbuka puasa, Ruko Perumahan Taman Yasmin juga ramai di malam hari.

Sebenarnya area ini merupakan deretan ruko sebuah komplek perumahan. Di bagian depannya berjajar berbagai tenda makanan, di mana Kawanjo bisa memilih bermacam jenis takjil. Mulai dari berbagai ragam es hingga makanan pembuka seperti jajanan pasar dan roti.

Saat malam datang, ganti makanan berat yang diserbu pembeli. Seperti nasi uduk, liwet, dan menu tradisional Betawi, Sunda, Padang, dan Aceh.

4. Lapangan Sempur

bogor, kuliner bogor, ramadhan, kuliner ramadhan, jalan veteran, ruko yasmin, air mancur bogor, sempur, sempur bogor
Lapangan Sempur tak pernah sepi pengunjung.

Lapangan olahraga yang disulap menjadi tujuan wisata kuliner kota Bogor ini memberikan fasilitas lebih. Karena tak hanya berolahraga, Kawanjo juga bisa menyusuri jalan atau bermain bersama anak-anak. Di sini terdapat wahana seperti playground, skatepark, taman ekspresi, hingga panjat tebing.

Sejauh melayangkan pandangan, Kawanjo bisa menemukan berbagai jenis makanan yang dijual di sekitar lapangan. Seperti sosis bakar, cane, seblak, cumi bakar, sate taichan, bakso, mie ayam, sad milk, basreng, telur gulung, batagor, jagung susu keju, cimol, cilok, dan masih banyak lagi.

Walau begitu, Kawanjo harus selalu menjaga kebersihan dengan membuang bungkus makanan di tempatnya. Seperti yang diingatkan petugas melalui pengeras suara.

5. Jalan Raya Bangbarung

bogor, kuliner bogor, ramadhan, kuliner ramadhan, jalan veteran, ruko yasmin, air mancur bogor, sempur, sempur bogor, jalan bangbarung
Jalan Raya Bangbarung jadi pilihan untuk berburu takjil di Bogor.

Di sepanjang jalan Raya Bangbarung Bogor, Kecamatan Tegalgundil, Bogor Utara, Kota Bogor, Kawanjo bisa menemukan spot kuliner.

Di sini sebenarnya adalah jalan raya yang kedua sisinya tertutup tenda dan kedai makanan. Ada banyak varian jualan, mulai dari makanan tradisional hingga kekinian.

Mulai dari sop durian, sop buah, ayam kalasan, aneka bakso, dan menu kuliner lainnya.

6. Jalan Pandu Raya

bogor, kuliner bogor, ramadhan, kuliner ramadhan, jalan veteran, ruko yasmin, air mancur bogor, sempur, sempur bogor, jalan bangbarung, pandu raya
Jalan Pandu Raya, alternatif berbuka puasa dengan suasana yang lebih modern.


Setelah Jalan Bangbarung habis, ada jalan Pandu Raya yang meneruskan. Sama, kedua sisi jalannya tertutupi kedai makanan. Bedanya, di jalan ini lebih lebih terasa nuansa kekiniannya. Kawanjo bisa melihat kafe yang menjual kopi, es krim, dan menu pembuka yang cocok untuk santapan takjil.

Kuliner Bogor Legendaris

Namun ada pula beberapa kuliner tradisional yang legendaris, seperti Bakso PMI dan Surabi Durian.

bogor, kuliner bogor, ramadhan, kuliner ramadhan, jalan veteran, ruko yasmin, air mancur bogor, sempur, sempur bogor, jalan bangbarung, pandu raya, bakso PMI
Bakso PMI, salah satu tempat makan legendaris Bogor yang selalu ramai dikunjungi.

Setelah tahu lokasi pas untuk menikmati masa puasa, Kawanjo bisa memasukkan lokasi-lokasi di atas dalam rute wisata ke Bogor. Puasa berjalan hikmat, jalan-jalan tetap nikmat.

0 comments on “Tempat Wisata Kuliner di Bogor yang Wajib Dikunjungi Saat Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.