tips berwisata ramadhan
Lifestyle

Tips Berwisata di Bulan Puasa Ramadhan

Berpuasa tak jadi halangan besar untuk berwisata. Justru dengan menggabungkan keduanya, kawanjo bisa meraih banyak kelebihan.

Berwisata di Bulan Ramadhan? Bisa kok! Simak Tips Berwisata di bulan puasa Ramadhan ini ya!

Bulan ramadhan sudah datang. Membawa banyak keistimewaan. Saat inilah yang paling tepat untuk mendulang kebermanfaatan. Memperbaiki diri dan keimanan.

Namun, berpuasa tak jadi halangan besar untuk berwisata. Justru dengan menggabungkan keduanya, kawanjo bisa meraih banyak kelebihan.

Tips Berwisata di Bulan Puasa Ramadhan
6 Keuntungan Berwisata saat Ramadhan

6 Keuntungan Berwisata saat Ramadhan

  1. Healing during fasting
    Bagaimanapun, yang namanya mengunjungi tempat wisata itu untuk mencari ketenangan. Otak dan pikiran jadi lebih fresh setelah melakukan serangkaian aktivitas wisata.
  2. Olah fisik
    Tak terasa, dengan tetap berjalan kaki atau berkeliling, kawanjo lebih banyak bergerak. Sehingga meski puasa, badan masih mendapat haknya untuk dilatih.
  3. Sepi
    Tak dapat dipungkiri, yang berminat untuk tetap berwisata di bulan ramadhan masih sedikit. Jadilah jalanan akan lebih lengang dan tempat wisata akan sepi. Kawanjo bisa lebih mudah menuju tempat wisata dan lebih tenang mengeksplorasinya.
  4. Waktu lebih cepat
    Memang, dengan tetap berada di rumah kawanjo tidak mudah capek. Namun dengan berwisata, waktu terasa berjalan cepat. Aktivitas di dalamnya membuat kawanjo asyik terlibat, sehingga lupa waktu. Tiba-tiba sudah Maghrib saja.
  5. Lebih murah
    Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, setiap libur lebaran, harga menjadi naik. Terutama tarif tempat wisata. Untuk itu, sebelum menjadi lebih mahal, kawanjo bisa berwisata sebelum lebaran. Alias di bulan Ramadhan.
  6. Meningkatkan keimanan
    Dengan berwisata di beberapa obyek tertentu, akan membuat kawanjo merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Suasana religius ini bisa kawanjo dapatkan saat berada di alam terbuka maupun di tempat peribadatan.

Baca Juga: 26 Macam Es khas Nusantara yang Enak Untuk Buka Puasa

Persiapan berwisata di bulan Ramadhan

Ternyata banyak ya, keuntungan berwisata di bulan puasa Ramadhan jika kita mengunjungi tempat wisata terdekat. Namun begitu karena bulan spesial, persiapan berwisata di bulan Ramadhan juga harus optimal.

Berikut adalah tips untuk berwisata di bulan suci ramadhan.

• Pilih tempat wisata religi seperti masjid, pondok pesantren, Mekkah Madinah (Umroh) dan Ziarah ke makam Waliullah dan ulama.

Ada banyak masjid dengan desain unik di Indonesia. Seperti masjid terapung di Samarinda, masjid Istiqlal Jakarta, masjid Suciati di Sleman DIY, Masjid Menara Kudus Jawa Tengah, Masjid Cheng ho Surabaya, dan lainnya.

Kawanjo juga bisa mengunjungi makam Walisongo dan ulama besar lainnya. Di sana selain beribadah di Masjid terdekat, kawanjo juga bisa mengenal peradaban dan sejarah Islam lebih dalam. Jangan lupa untuk membawa peralatan ibadah pribadi, guna mencegah penyebaran covid 19.

• Selain itu, kawanjo juga bisa memilih tempat wisata yang terbuka. Semacam pantai dan taman.

Menikmati sunset saat ngabuburit adalah hal indah dan mengasyikkan. Kawanjo bisa menuju pantai yang menyuguhkan pemandangan matahari terbenam indah. Tak terasa kemudian, waktu berbuka tiba-tiba datang.

tips wisata ramadhan
Menghirup udara segar di alam terbuka membuat Kawanjo makin menyadari akan kebesaran Tuhan

Selain itu, dengan bebas menatap langit dan menghirup udara segar di alam terbuka, kawanjo bisa lebih mudah menikmati kebesaran Tuhan melalui ciptaan-Nya. Maka, jika ingin yang lebih menantang, kawanjo bisa memilih alternatif kemping di hutan dan taman atau memilih trekking dengan rute pendek di Curug terdekat.

Jangan lupa untuk selalu menegakkan protokol kesahatan saat di ruangan terbuka, ya!

• Penuhi asupan mineral dan nutrisi saat sahur. Agar tidak terhindar dari dehidrasi di tengah perjalanan wisata.

• Kunjungi kampung ramadhan
Bagi kawanjo penyuka kuliner, ramadhan menjadi momen berburu masakan unik yang biasanya hanya ada saat bulan puasa. Ambil kesempatan berjalan menyusuri pedagang satu persatu untuk merasakan sensasi ngabuburit yang seru.

Ingat, cukup sekadarnya kawanjo memilih makanan untuk berbuka puasa. Supaya tidak terkesan balas dendam setelah seharian menahan lapar dan dahaga.

Baca Juga: 10 ‘Super Foods’ Anti Lemas yang Bisa Bikin Kenyang Seharian Selama Puasa

• Bawa barang secukupnya, jangan terlalu berat dan menguras tenaga.

• Dengarkan murottal saat berwisata dan siapkan infaq terbaik.

• Patuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Terutama untuk vaksin sebanyak dua kali dan satu kali booster.

• Jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Membawa peralatan makan dan minum sendiri, selain mengurangi jumlah sampah juga akan lebih higienis serta aman.

• Lakukan reservasi online. Hal ini menguntungkan bagi pihak tempat wisata dalam memantau jumlah pengunjung. Sedangkan bagi kawanjo, bisa lebih mudah merencanakan wisatanya dan tidak khawatir kehabisan tiket.

Bersama pigijo, kawanjo akan lebih mudah memulai wisata ramadhan 2022. Ada banyak pilihan tempat wisata, lengkap dengan rincian layanan yang menawan. Silakan dipilih sesuai dengan kemampuan dan kondisi kawanjo masing-masing.

Berwisata di bulan Ramadhan, memaksimalkan ibadah dan ketenangan hati bersama pigijo!

Baca Juga: 5 Olahraga Ringan yang Baik Dilakukan saat Puasa Ramadan

0 comments on “Tips Berwisata di Bulan Puasa Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published.