Tips road trip aman dan nyaman
Local Experiences

Tips Aman Saat Mau Melakukan Road Trip

Di masa pandemi COVID-19 ngetrip menggunakan kendaraan pribadi kini jadi pilihan terbaik. Tapi ada tipsnya biar aman nih.

Pergi menggunakan kendaraan pribadi atau disebut road trip kini termasuk cara berwisata yang banyak digemari. Alasannya banyak kawanjo, mulai dari pengalaman dan keseruannya sudah pasti berbeda. Dan yang pasti, ngetrip road trip itu juga bisa menghemat biaya. Kamu tidak usah mengeluarkan ongkos untuk tiket transportasi umum kawanjo. 

Tapi ingat nih kawanjo, sebelum kamu siap melakukan road trip, ada beberapa hal yang wajib banget diperhatikan. Semuanya ini demi perjalanan yang aman, nyaman dan menyenangkan. 

Baca Juga : Mau Road Trip? Jangan Lupa Bawa 4 Perlengkapan Ini

  • Cek dan Ricek Kendaraanmu
Tips road trip
Cek kendaraan dulu sebelum mulai road trip

Layaknya tradisi mudik, begitu juga dengan road trip kawanjo. Kamu harus pastikan kendaraanmu sehat dan aman. Ini dikarenakan kamu akan menempuh perjalanan jauh. Cek mulai dari mesin, kaki-kaki, ban, sampai kepada tekanan angin dan juga lampu serta karet wiper pada mobil. Usahakan dari jauh-jauh hari sebelum waktu road trip tiba.

  • Tidak Usah Tergesa-gesa Kejar Target
Tips road trip
Melipir sejenak ke lokasi yang baru saat melakukan road trip

Banyak juga orang yang melakukan road trip tetapi mereka tergesa-gesa. Mereka ingin cepat sampai destinasi wisata. Padahal, seni dari road trip itu adalah menikmati pemandangan di sepanjang jalan. Tidak hanya itu saja, road trip juga akan membuat kamu bisa menemukan tempat-tempat yang tidak terduga. Oleh karena, jika kamu melakukan road trip bersantailah, melipir sejenak ke tempat-tempat yang memang belum pernah kamu temui. 

  • Tidak Membawa Barang Banyak
Tips road trip
Hindari membawa barang yang tidak diperlukan saat road trip

Inilah satu hal yang membedakan road trip dengan mudik kawanjo. Kamu tidak perlu membawa banyak barang yang pada nantinya belum tentu diperlukan. Hal utama dalam road trip adalah kenyamanan mobil. Semakin banyak membawa barang, berarti mobil akan menjadi sempit. Tidak hanya itu saja, bahkan saat melakukan road trip susunan barang di dalam mobil juga harus diperhatikan.

Kawanjo harus bisa meletakkan barang dengan posisi yang sesuai dan tidak mengganggu kenyamanan saat road trip. Sementara itu, barang-barang yang sekiranya tidak akan sering dipakai sepanjang perjalanan bisa diletakkan paling belakang atau bawah.

  • Membawa Perlengkapan Darurat Saat Road Trip
Tips road Trip
Membawa perlengkapan tambahan yang diperlukan saat road trip

Kotak P3K saat road trip itu sudah keharusan kawanjo. Tetapi ada lagi perlengkapan darurat lainnya yang harus kamu bawa saat melakukan road trip. Mulai dari kabel jumper, air aki jika diperlukan, obat-obatan pribadi yang harus diminum berdasarkan resep dokter. Ditambah lagi jangan lupa untuk membawa dongkrak, jika terjadi ban pecah dijalan jadi tidak akan terasa sulit. 

Kamu paling jauh road trip kemana? Yogyakarta, Bali, Sumatera, atau hanya ke Bandung nih? Yuk cek trip menariknya di sini, siapa tahu bisa kamu jadikan daftar liburan road trip nanti.

Baca Juga : 5 Kelok Jalan Paling Mengerikan di Indonesia

0 comments on “Tips Aman Saat Mau Melakukan Road Trip

Leave a Reply

Your email address will not be published.