Tol Udara Menuju The Mandalika Akhirnya Berhasil Diresmikan
PigiNews

Tol Udara Menuju The Mandalika Akhirnya Berhasil Diresmikan

Indonesia siap sambut event World Superbike dan MotoGP dengan buka tol udara baru di Lombok.

Demi mendukung terlaksananya World Superbike dan MotoGP yang akan diselenggarakan di Lombok, maka PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama dengan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia akhirnya berhasil meresmikan pembukaan tol udara menuju kawasan The Mandalika.

Tol ini dibuka khusus untuk helikopter yang akan terbang dari dan menuju The Mandalika. Jadi ia menghubungkan beberapa lokasi yang ada di Pulau Lombok untuk menuju The Mandalika termasuk rute Bandara Zainuddin Abdul Madjid yang berada di Praya Lombok. Proses pembangunannya pun sengaja digenjot demi sukseskan penyelenggaraan World Superbike pada November 2021 nanti dan MotoGP tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Naik Pesawat di Masa PPKM Darurat? Bisa Kok, Ini Syaratnya

Pembangunan dan proses keseluruhan yang akan dinavigasikan oleh AirNav Indonesia ini pun diharapkan dapat mempermudah banyak kebutuhan yang berkaitan dengan persiapan maupun penyelenggaraan seluruh rangkaian acara agar lancar sentosa. Tak hanya itu, akses untuk tim medis yang akan berjaga selama pertandingan juga ikut dipermudah.

Sirkuit Mandalika
Sirkuit Lombok yang sudah jadi. Keren! Langsung menghadap laut.

Tol udara The Mandalika sendiri berada pada ketinggian 500 kaki atau sekitar 152,4 meter di atas permukaan laut. Oleh karenanya jika bicara keamanan, dapat dipastikan bahwa penerbangan helikopter yang akan dilakukan lewat tol udara The Mandalika akan aman karena riset yang dilakukan sebelum pembangunan dilakukan telah melibatkan banyak ahli termasuk pilot-piliot berpengalaman.

Baca juga: Sandiaga Uno : Desa Wisata Masa Depan Pariwisata Indonesia

Selain mengedepankan penelitian yang detail, rute-rute ini juga telah diinformasikan pada Basarnas setempat. Jadi jika terjadi kondisi darurat, tim SAR akan dapat bergerak dengan cepat sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah disepakati. Setidaknya, semua standar keselamatan sudah dipenuhi dengan sangat serius demi dukung event kejuaraan dunia ini.

Lalu-lintas udara Lombok
Aktivitas udara Lombok kini bertambah dan makin go internasional

Lalu yang terakhir, penggunaan tol udara ini pun dilengkapi dengan beberapa fasilitas penting di mana diantaranya adalah penyesuaian tempat peralatan pendaratan pesawat, prosedur navigasi, dan dukungan radio operator dari personel Air Traffic Controller (ATC) bersertifikasi internasional. Semoga semua berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Baca Juga : Kawanjo, Inilah Cara Download Sertifikat Vaksin COVID-19 Tanpa Aplikasi

0 comments on “Tol Udara Menuju The Mandalika Akhirnya Berhasil Diresmikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.