Karisma Event Nusantara 2024 Terbaru
PigiNews

Top 10 Karisma Event Nusantara 2024 Terbaru yang Memikat Kalbu

Resmi sudah Karisma Event Nusantara 2024 terbaru versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Resmi sudah Karisma Event Nusantara 2024 terbaru versi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Dari daftar yang di-launching pada tanggal 27 Januari 2024, tersebutlah perhelatan terbaik atau yang juga disebut sebagai Top 10 KEN 2024. Acara – acara pilihan yang mampu memikat kalbu wisatawan nusantara maupun turis mancanegara.

Sejumlah 110 KEN 2024 telah ditetapkan. Kini telah terlihat destinasi wisata yang luar biasa dari berbagai penjuru Nusantara. Kawanjo bisa menikmati gelaran musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner di masing-masing acara. Terutama 10 perhelatan terbaik, wajib banget untuk didatangi. Top 10 KEN 2024 merupakan perhelatan yang unggul dalam penilaian yang telah dilakukan oleh pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Karisma Event Nusantara 2024 Terbaru

Karisma Event Nusantara 2024
Karisma Event Nusantara 2024 Terbaru

Untuk tahun ini, terdapat 252 agenda usulan Dinas Pariwisata Provinsi se – Indonesia. Setelah melalui proses kurasi, muncullah 110 Karisma Event Nusantara 2024. adapun kurasi dilaksanakan selama bulan November hingga Desember 2023.  Dengan tiga tahapan utama mencakup seleksi administrasi, konten, dan wawancara. Pada tahun 2024, tahapan melibatkan Tim Kurator yang terdiri dari lima bidang. Di antaranya adalah Bidang Ide dan Inovasi, Bidang Manajemen Kegiatan, Bidang Pemasaran dan Strategi Komunikasi, Bidang Manajemen Keuangan, dan Bidang Analisis Dampak.

Merata se-Nusantara, event yang terpilih akan dilaksanakan sesuai jadwal. Dari 38 provinsi di Indonesia, 110 event akan menjadi destinasi sangat menarik untuk dikunjungi. Keanekaragaman budaya akan ditampilkan, sehingga Kawanjo bisa mendapatkan pengalaman yang mengesankan hingga susah dilupakan.

KEN 2024 terselenggara atas kolaborasi dari pihak pemerintah pusat dan daerah. Juga sektor swasta dan masyarakat. Diharapkan promosi dan dukungan dari kementerian mampu membuat event daerah lebih terkenal. Baik secara nasional maupun internasional.

Baca Juga: Deretan Penghargaan Wisata Indonesia: Cerminan Potensi Luar Biasa atau Sorotan Semu Belaka?

Top 10 Karisma Event Nusantara 2024 Terbaru

Top 10 Karisma Event Nusantara 2024 Terbaru
Top 10 Karisma Event Nusantara 2024 Terbaru

Setelah ditampilkan daftar 100 event budaya dari seluruh pelosok negeri, menyusul terpampang 10 perhelatan terbaik. Dengan nilai kurasi tertinggi, berikut adalah Top 10 Karisma Event Nusantara 2024 terbaru:

  1. Cap Go Meh Singkawang –  Provinsi Kalimantan Barat
    Cap Go Meh Singkawang
    Cap Go Meh Singkawang

    Salah satu KEN 2024 dari Kalimantan Barat ini akan terlaksana sebentar lagi. Tepatnya pada tanggal 24 Februari 2024. Nampak telah terpasang 6.000 lampion yang menghias ruas jalan Kota Singkawang. Bundaran 1001 Beringin Corner pun dihias dengan ornamen naga sesuai shio tahun ini.

    Cap Go Meh Singkawang merupakan waktu untuk umat Tionghoa merayakan hari besar yang menjadi tradisi turun temurun. Sayangnya, dengan alasan mendekati pesta demokrasi 2024 Indonesia, tahun ini pelaksanaan Cap Go Meh di kota Singkawang berbeda. Terdapat tiga agenda yang tidak bisa digelar seperti tahun lalu. Yakni parade tatung, pawai lampion, dan pameran UMKM/panggung hiburan. Atas dasar keamanan, diharapkan perayaan tahun ini tetap meriah dan mampu menarik perhatian banyak pihak.

  2. Pesta Kesenian Bali – Provinsi BaliAkan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni hingga 13 Juli 2024, event ini mengusung tema “Jana Kerthi: Paramaguna Wikrama”, Harkat Martabat Manusia Unggul. Pada Pesta Kesenian Bali ke-46 tahun ini Kawanjo bisa menikmati berbagai jenis kesenian yang ditampilkan oleh perwakilan setiap kabupaten di Bali
    Pesta Kesenian Bali 2024 bertujuan mewadahi masyarakat Bali untuk menuangkan kreativitasnya dalam dunia kesenian. Seperti pementasan tarian khas, musik tradisional, dan lainnya. Dengan hal ini, para seniman dapat turut andil mendukung program pemerintah dalam menggali, melestarikan, dan mengembangkan nilai nilai seni budaya Bali. Selain itu, diharapkan terciptanya karya cipta seni Bali yang sesuai dengan selera zaman sekarang.
  3. F8 Makassar – Provinsi Sulawesi Selatan
  4. Jember Fashion Carnaval – Provinsi Jawa Timur
    Jember Fashion Carnaval
    Jember Fashion Carnaval

    Tahun 2024 adalah kali kedua Jember Fashion Carnaval masuk dalam Top 10 Karisma Event Nusantara. Rencananya, event tahunan ini akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 4 Agustus 2024. Jadi, Kawanjo tak perlu pergi ke Brazil. Di Kota Jember Jawa Timur, sudah bisa melihat karnaval berbagai kostum spektakuler di catwalk jalan raya.

    JFC yang menjadi karnaval terbesar ketiga di dunia sukses menarik perhatian internasional. Dalam setiap pelaksanaannya, pasti ada artis nasional yang ikut berlenggok dengan busana sesuai tema. Juga ada delegasi dari luar negeri serta penonton dan kawanan pers internasional.

  5. Semasa Piknik – Provinsi DKI JakartaSemasa Piknik merupakan acara tahunan yang memiliki konsep unik bin menarik. Tahun ini adalah tahun pertama Semasa Piknik masuk kedalam Top 10 Karisma Event Nusantara terbaru 2024. Tujuannya ialah guna mengajak warga Jakarta mendukung ekonomi kreatif dan UMKM lokal. Tentunya sambil menikmati kegiatan luar ruangan di kota Jakarta melalui kegiatan piknik bersama.Berbagai kegiatan akan diadakan selama tanggal 2 hingga 5 Agustus 2024. Antara lain Creative Market yang melalui proses kurasi ketat oleh tim Semasa sebagai pelaksana.  Adapun kategori yang ditampilkan ialah fashion, beauty, art & craft, dan kuliner. Ada juga walking tour untuk mengenalkan sejarah kota Jakarta, area bermain anak, dan juga pentas budaya atau musik

    Baca Juga : 20 Negara Penyumbang Turis Tertinggi Ini Diusulkan Dapat Bebas Visa ke RI

  6. Festival Budaya Lembah Baliem – Provinsi Papua PegununganTujuan mulianya adalah melestarikan tradisi dan budaya masyarakat yang ada di Kota Jaya Wijaya. Ya, sebagai acara perayaan tertua di Papua, Festival Budaya Lembah Baliem konsisten akan hal tersebut. Top 10 KEN tahun 2024 ini menyajikan berbagai cipta kreasi budaya penduduk Jayawijaya sejak dulu kala. Seperti tarian, musik, peperangan, lelang patung, lomba perahu, demo membuat ukiran, dan pemilihan duta pariwisata Papua.Pada tahun 2024, acara ini telah berusia ke 35. Nanti di bulan Agustus, Festival Lembah Baliem akan dilaksanakan selama 4 hari pada tanggal 7 hingga 10. Setiap Distrik (setara Kecamatan) harus mengirimkan kontingen untuk berpartisipasi di festival ini. Kontingen dari 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya akan memperagakan skenario peperangan antar suku. Mereka berdandan maksimal dengan kostum dan aksesoris tradisional khas daerah Papua. Jika satu distrik mengirimkan 30an peserta, dalam sekali pertunjukan akan melibatkan seribu lebih orang.
  7. Festival Pacu Jalur Tradisional – Provinsi Riau
    Festival Pacu Jalur Tradisional
    Festival Pacu Jalur Tradisional

    Pacu Jalur merupakan lomba dayung tradisional khas daerah Kuantan Singingi atau Kuansing,  Provinsi Riau. Perahu yang digunakan terbuat dari kayu gelondongan, dimana masyarakat sekitar menyebut jalur. Adapun kegiatan pacu jalur ini telah resmi menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia.

    Dipastikan meriah, tahun ini Festival Pacu Jalur ditetapkan sebagai salah satu dari 10 perhelatan terbaik dalam KEN 2024. Rencananya akan digelar pada 21-25 Agustus 2024 di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi. Pacu jalur bukan hanya tentang kompetisi, namun lebih pada ajang mempererat tali silaturahmi. Perhelatan ini tidak sekedar olahraga melainkan juga olah jiwa.

  8. Dieng Culture Festival – Provinsi Jawa TengahAcara unggulan Karisma Event Nusantara tahun 2024 ini juga ditunggu-tunggu banyak orang. Tak hanya oleh bangsa sendiri, tapi wisatawan asing pun berharap bisa turut serta dalam Dieng Culture Festival. Tepatnya pada tanggal 23 hingga 25 Agustus 2024 di Desa Wisata Dieng Kulon, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.Untuk kesekian kalinya dilaksanakan, festival budaya ini mengusung sinergi antara unsur budaya masyarakat, potensi wisata alam di kawasan Dieng, serta pemberdayaan masyarakat lokal. Ada acara khas yang paling dinanti. Yakni pemotongan rambut gimbal Batik. Tak lupa Kawanjo juga bisa menikmati hasil kreativitas warga setempat seperti produk kuliner dan kerajinan batik kayu khas Dieng.
  9. Wayang Jogja Night Carnival – Provinsi DI Yogyakarta
  10. Indonesian Contemporary Art & Design – Provinsi DKI Jakarta

 

0 comments on “Top 10 Karisma Event Nusantara 2024 Terbaru yang Memikat Kalbu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.