PigiNews

Balikpapan dan Surabaya Raih Penghargaan ASEAN Clean Tourist City Award 2024

Balikpapan dan Surabaya Raih Penghargaan ASEAN Clean Tourist City Award 2024

Kota Balikpapan, bersama Kota Surabaya, meraih penghargaan ASEAN Clean Tourist City Award pada ASEAN Tourism Awards 2024. Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan terhadap upaya kedua kota tersebut dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan pariwisata. Penghargaan diserahkan pada acara penutupan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2024 di Vientiane, Laos, yang menjadi tuan rumah acara tersebut.

ASEAN Tourism Awards merupakan inisiatif negara-negara anggota ASEAN untuk mengapresiasi kinerja pelaku pariwisata di kawasan ini. Tujuannya adalah untuk mendorong pengembangan destinasi wisata yang unggul dan berkualitas, sejalan dengan visi ASEAN sebagai single destination.

Baca juga: 20 Negara Penyumbang Turis Tertinggi Ini Diusulkan Dapat Bebas Visa ke RI

ATF 2024, ASEAN Clean Tourist City Award 2024, ASEAN Clean Tourist City Award,
Tim Kemenparekraf. (Sumber: kemeparekraf.go.id)

Ada lima kategori penghargaan dalam ASEAN Tourism Awards 2024, yaitu ASEAN Sustainable Tourism Award, ASEAN Clean Tourist City Award, ASEAN Green Hotel Award, ASEAN MICE Venue Award, dan ASEAN Community Based Tourism Award.

Prestasi Balikpapan dan Surabaya dalam mendapatkan ASEAN Clean Tourist City Award tentu mendapat apresiasi dari Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beliau menyampaikan rasa bangga atas pengakuan sektor pariwisata Indonesia di tingkat regional dan internasional. Sandiaga melihat penghargaan ini sebagai bukti dinamika Indonesia, kekayaan budayanya, dan beragam destinasi indah, yang memperkokoh posisi Indonesia sebagai salah satu pilihan terbaik di ASEAN. Sandiaga menekankan bahwa penghargaan ini menjadi motivasi bagi Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisatanya.

Baca juga: Deretan Penghargaan Wisata Indonesia: Cerminan Potensi Luar Biasa atau Sorotan Semu Belaka?

ATF, ASEAN Clean Tourist City Award 2024, ASEAN Clean Tourist City Award,
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan hasil kunjungan kerja tim Kemenparekraf/Baparekraf di ajang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2024 yang mengusung tema “Quality and Responsible Tourism – Sustaining ASEAN Future” pada 23 hingga 27 Januari 2024 di Vientiane, Laos, dalam “The Weekly Brief With Sandi Uno“, Jakarta, (29/1/2024). – Sumber: kemenparekraf.go.id

Sementara itu, Ratih Kusuma, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Balikpapan, mengucapkan selamat kepada warga dan pelaku pariwisata yang telah berkontribusi dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan pariwisata hingga meraih ASEAN Clean Tourist City Award. Ia menyoroti Balikpapan bukan hanya sebagai kota, melainkan juga sebagai inspirasi bagi kota-kota lain dalam mencapai kebersihan dan keindahan lingkungan pariwisata. Prestasi ini menjadi dorongan untuk terus berinovasi dan menjadi contoh bagi kota-kota ASEAN lainnya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menjadi destinasi ramah lingkungan yang memukau bagi para wisatawan.

0 comments on “Balikpapan dan Surabaya Raih Penghargaan ASEAN Clean Tourist City Award 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.