Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia
PigiUpdate

Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia

Di antara surga di belahan Indonesia Timur, terselip Pulau Alor yang punya pesona luar biasa. Yuk kita cari tahu!

Di sudut paling timur Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), terdapat sebuah pulau cantik yang masih belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Sebuah gambaran keindahan bak serpihan surga, yang juga punya kekayaan budaya dan sejarah. Pulau ini memang berbeda dari pulau-pulau lainnya yang ada di kepulauan NTT. Penasaran? Simak sampai tuntas ya, kami akan gambarkan sedikit tentang wisata Pulau Alor.

Baca juga: Ngetrip ke Flores, Wajib Mampir ke 5 Desa Adat Cantik Ini

Seperti biasa, sinar mentari yang cukup terik akan menyapamu sesampainya di wilayah timur Indonesia. Kabar baiknya, pemandangan indah sudah jadi takdir bagimu. Well, dari 20 pulau, ada 9 pulau berpenghuni dan 11 pulau tidak berpenghuni. Pulau Alor ini menjadi salah satu wisata paling komplit karena menyajikan keindahan alam yang luar biasa dan memiliki budaya yang menarik untuk disambangi.

Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia
Pemandangan Pulau Alor dari ketinggian.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan wisata Pulau Alor, Pigijo menyediakan paket wisata 4D3N untuk kamu yang mau membuktikan keindahannya selama 4 hari 3 malam. Langsung aja yuk cek itinerary-nya ya.

Hari 1:

Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia
Pantai Batu Putih


Untuk titik temu, kamu akan dijemput di Bandara Mali Alor, lalu kita bergegas menuju resto lokal untuk makan siang dan istirahat. Sebelum menuju hotel, kita menuju spot wisata yang pertama yaitu Pantai Batu Putih. Di sini kamu akan melihat betapa menawannya hamparan tebing-tebing berwarna putih. Di tebing-tebing ini kamu bisa berteduh dan terbebas dari sinar matahari. Ada juga yang memilih chill di spot ini karena suasananya sangat mendukung. Pasirnya putih, lautnya jernih, pemandangan bawah lautnya juga keren banget. Lalu, untuk menutup hari kita menuju Pantai Maimol, yang memiliki spot epik menikmati sunset di Pulau Alor. Setelah puas, kita menuju hotel untuk check in.

Hari 2:

Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia

Setelah sarapan di hotel, kita langsung beranjak ke Dermaga Alor Kecil untuk menuju Pulau Pura, Pulau Ternate dan Pulau Kepa. Pulau Pura ini merupakan salah satu kecamatan di NTT yang sebagian besarnya adalah pesisir pantai. Kamu bisa bermain pantai sambil menikmati pemandangan yang ada. Di Pulau Ternate juga banyak spot snorkeling yang oke banget. Terumbu karangnya luar biasa bagus dan rapat. Ikannya juga tergolong banyak dan beragam jenisnya. Di Pulau Ternate kamu bisa mengunjungi Desa Tenun untuk melihat proses kain tenun yang bagus-bagus. Jangan lupa beli beberapa untuk oleh-oleh ya. Setelah puas island hopping, kita kembali ke Dermaga Alor Kecil dan menuju ke Pantai Sabanjar untuk menanti sunset. Setelah itu kita makan malam dan beristirahat.

Hari 3:

Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia
Menyapa ugong atau ikan duyung.

Di hari ke-3 kita akan menuju Pulau Sikka untuk menyapa dugong yang ada di sekitar pulau. Dugong atau yang lebih dikenal dengan nama duyung adalah salah satu mamalia laut langka yang hidup diperairan tropis yang tersebar diberbagai penjuru dunia seperti Indo Pasifik, Afrika Timur hingga Kepulauan Solomon. Kamu juga berkesempatan melihat keseharian warga Desa Adat Motbang yang terkenal dengan busananya menggunakan kulit pohon. Setelah puas menikmati suasana, kita beranjak ke Bukit Mountain untuk melihat sunset.

Hari 4:

Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia
Museum 1000 Moko.

Di penghujung trip kita akan mengunjungi Museum 1000 Moko. Penamaan museum ini didasari oleh keberagaman potensi yang dimiliki Kabupaten Alor dilihat dari aspek sumber daya alam maupun kebudayaan. Museum ini menampilkan benda-benda yang menunjukkan perjalanan sejarah suku bangsa Alor. Di museum ini disimpan juga pakaian tradisional masyarakat Alor, terutama cawat dari kayu, yang masih digunakan di kalangan masyarakat Suku Kabala, Alor Timur. Setelah dari museum, kita menuju pusat oleh-oleh khas Alor sebelum sampai ke Bandara Mali untuk berpisah.

Baca juga: Menatap Langit dari 5 Desa Tertinggi di Indonesia

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut kami akan rincikan apa saja yang akan kamu dapat jika pesan paket wisata Pulau Alor di Pigijo senilai Rp 2.600.000,-/pax. Atau biar lebih mudah, kamu bisa langsung pesan paketnya di sini.

Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia

Harga paket wisata Pulau Alor itu termasuk:

  1. Akomodasi;
  2. Transportasi;
  3. Tiket masuk wisata;
  4. Makan sesuai program;
  5. Kapal (Hopping Island);
  6. Air Mineral;
  7. Guide as driver;
  8. Dokumentasi;
  9. Peralatan snorkeling

Harga paket wisata Pulau Alor itu tidak termasuk:

  1. Biaya tiket pesawat;
  2. Tip guide;
  3. Kebutuhan pribadi

Masih banyak banget lho pilihan wisata seru yang menanti Kawanjo. Mulai dari wisata DSP (Destinasi Super Prioritas) seperti Bali, Danau Toba, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo, hingga menggali kekayaan budaya dan merasakan pengalaman unik di desa wisata. Semuanya bisa kamu temukan di Pigijo!

0 comments on “Wisata Pulau Alor, Serpihan Surga di Timur Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.