Yuk Ngetrip ke Pulau Morotai, Wisata Seru di Indonesia Bagian Timur
Local Experiences

Yuk Ngetrip ke Pulau Morotai, Wisata Seru di Indonesia Bagian Timur

Morotai adalah salah satu surga wisata di Nusantara karena dikelilingi banyak pulau kecil

Morotai dikenal sebagai salah satu pulau paling menawan untuk ngetrip di Indonesia bagian timur. Terletak di Provinsi Maluku Utara, Pulau Morotai dikelilingi 33 pulau kecil di sekitarnya. Sebagian besar berpenghuni, hanya segelintir yang tak bertuan.

Beberapa tahun terakhir, popularitas Moratai semakin sebagai tujuan ngetrip meroket. Tidak heran, pulau ini menyimpan segudang keindahan. Mulai dari pantai menawan, wisata sejarah peninggalan Perang Dunia II, surga bawah laut sampai air terjun lengkap di Morotai.

BACA JUGA: 5 Trip Bus dengan Pemandangan Indah di Indonesia

Biar makin ngiler untuk segera angkat ransel ke Morotai kami akan kasih rekomendasi tempat wisata seru di Morotai yang berjuluk Pulau Tiga Matahari tersebut. Sebelum kita intip daftarnya, kami mau ingatkan Kawanjo untuk tetap disiplin protokol kesehatan dan tak lupa membawa sunblock. Sebab, udara panas di Morotai bisa membuat kulit Kawanjo terbakar.

Nah, setelah tips kita berikan sama-sama kita lihat rekomendasi wisata di Pulau Morotai:

  1. Pulau Dodola
Yuk Ngetrip ke Pulau Morotai, Wisata Seru di Indonesia Bagian Timur
Pulau Dodola di Morota

Belum ngetrip ke Morotai kalau belum ke Pulau Dodola. Terdiri dari dua pulau besar, Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar, kedua pulau ini hanya terpisah ketika laut pasang. Selebihnya, Pulau Dodola tersambung jalan pasir setapak satu sama lain.

Keindahan Pulau Dodola saat ngetrip di Morotai tak ada duanya. Pasir putih halus, air laut biru yang jernih membuat keindahan Pulau Dodola di gugusan Kepulauan Morotai indah tiada tara. Saking indahnya, Pulau Dodola dijuluki Surga di Morotai.

  1. Pulau Zum Zum
Yuk Ngetrip ke Pulau Morotai, Wisata Seru di Indonesia Bagian Timur
Pulau Zum Zum

Selain Pulau Dodola, salah satu Pulau di Morotai yang patut dikunjungi saat ngetrip adalah Pulau Zum-Zum. Sama-sama indah, perbedaan mencolok dari Dodola dan Zum-Zum ada di objek wisata utama. Jika Dodola menawarkan keindahan alam maka Zum-Zum akan memberikan Kawanjo pengalaman wisata sejarah.

Berjarak tujuh kilometer perjalanan laut dari Pulau Morotai, Kawanjo yang ngetrip ke sana akan disambut pemandangan rumput-rumput tinggi di sekeliling pulau. Sekejap Kawanjo akan menyadari pulau ini tak berpenghuni. Salah satu yang paling mencolok di Pulau Zum-Zum adalah patung besar jenderal AS Douglas MacArthur. Pulau ini merupakan tempat persinggahan jenderal besar AS selama Perang Dunia II. Menelusuri pulau tersebut Kawanjo akan belajar banyak soal sejarah dunia khususnya masa Perang Dunia II.

  1. Danau Tolire
Yuk Ngetrip ke Pulau Morotai, Wisata Seru di Indonesia Bagian Timur
Danau Tolire

Dekat Pulau Morotai, tepatnya di Pulau Ternate, terdapat danau yang disebut-sebut paling indah di seantero Maluku. Namanya, Danau Tolire. Memiliki luas lima hektare, Danau Tolire mampu menyihir siapa saja yang datang ngetrip ke sana. Keindahan Danau Tolire akan makin sempurna saat matahari terbenam. Melihat matahari turun di Danau Tolire berlatar lautan biru pastinya akan menjadi pengalaman wisata tak terlupakan bagi Kawanjo.

Selain soal keindahan, Danau Tolire dikenal karena legenda rakyat mengenaskan. Menurut cerita, masyarakat lokal Danau Tolire tercipta karena hubungan maksiat antara bapak dan anak yang memicu gempa bumi dan memunculkan danau. Di samping cerita rakyat tersebut, keunikan lain danau ini adalah tidak ada satu pun orang yang mampu melempar batu kerikil sampai ke tengah danau.

  1. Batu Angus
Yuk Ngetrip ke Pulau Morotai, Wisata Seru di Indonesia Bagian Timur
Batu Angus Morotai

Wisata unik yang ada di ketika ngetrip Pulau Morotai lainnya adalah Batu Angus. Berada di Pulau Ternate di bawah kaki Gunung Gamalama, Batu Angus dalam beberapa tahun terakhir selalu jadi serbuan wisatawan lokal atau pun manca negara. Terletak hanya 10 kilometer dari pusat kota Ternate, Batu Angus tentunya sangat mudah dijangkau.

Atraksi utama Batu Angus adalah bekas aliran lava Gunung Gamalama pada Abad ke-17 yang saat ini berupa jadi gugusan berwarna hitam seperti habis terbakar. Meski dinamakan batu, gugusan tersebut sebenarnya ialah lava yang membeku. Walau seperti gugusan batu biasa namun, melihat Batu Angus dengan latar belakang kaki Gunung Gamalama beserta hamparan pantai membuat objek wisata ini semakin spesial.

Berbagai objek wisata yang disebutkan di atas bisa kalian dapatkan hanya di Pulau Morotai. Setelah ngiler untuk ngetrip ke Morotai giliran Kawanjo untuk intip paket wisata lain yang enggak kalah seru dari kami. Jangan lupa lirik yang satu ini.

BACA JUGA: Makanan yang Mudah Disajikan Saat Berada di Gunung

0 comments on “Yuk Ngetrip ke Pulau Morotai, Wisata Seru di Indonesia Bagian Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published.