Defile Jember Fashion Carnaval 2024
Local Experiences

10 Defile Jember Fashion Carnaval 2024, Memberi Makna di Balik Kemegahan Busana

Kota suwar-suwir semakin ‘menyala’ seiring waktu pelaksanaan Defile Jember Fashion Carnaval 2024 yang tinggal hitungan jari.

Kota suwar-suwir semakin ‘menyala’ seiring waktu pelaksanaan Defile Jember Fashion Carnaval 2024 yang tinggal hitungan jari. Baliho dan spanduk berkibar di mana-mana. Memberikan vibes meriah dan ramai, siap menyambut ratus ribuan penonton. Baik dari dalam maupun luar Indonesia!

Jember Fashion Carnaval atau JFC 2024 menampilkan hasil kreasi seni karnaval berbasis budaya dan kreasi seniman lokal, yang menggabungkan fashion dengan kebudayaan Nusantara. Para talent akan menampilkan busana-busana spektakuler terbaik, dengan berlenggak-lenggok di jalan raya sepanjang 3,6 kilometer sebagai catwalk. Istimewanya, bukan tanpa konsep, ada banyak makna dibalik setiap karya kreasi busana yang ditampilkan. 

Pelaksanaan Jember Fashion Carnaval 2024

Pelaksanaan Jember Fashion Carnaval 2024
Pelaksanaan Jember Fashion Carnaval 2024

JFC adalah pagelaran meriah yang menjadi agenda tiap tahun di Jember. Selain untuk mendongkrak potensi pariwisata, event budaya ini juga mampu meningkatkan perputaran perekonomian masyarakat. Sebab itulah pelaksanaannya selalu ditunggu. Kebetulan tahun ini jadwal JFC 2024 adalah pada tanggal 2 sampai 4 Agustus 2024. Bertempat di Central Park, Sawahan Cantian, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Baca juga : Wisata Jember yang lagi hits

Akan hadir artis terkenal dari Indonesia dan mancanegara. Seperti Raisa dan penyanyi asli Jember, Tiara Andini. Selain karnaval, tahun ini yang istimewa adalah adanya pertunjukan kembang api dari Jepang. Siap menghiasi gelapnya malam kota Jember!

Tema JFC 2024

Tema JFC 2024
Tema JFC 2024

Setiap tahunnya tema Jember Fashion Carnaval selalu berganti. Pada tahun 2024, ‘Algorithm’ atau Algoritma adalah tema yang diambil. Dengan tagline ‘Beyond Binary of Our Story’, tema yang diambil mengingatkan pada perjalanan JFC. Yakni sejak awal pada tahun 2003 hingga tahun ini. Layaknya sebuah cerita, banyak keajaiban yang coba ditampilkan dalam defile karnaval. Selain itu tema ini juga diartikan pada keterhubungan multi komponen di setiap pelaksanaan JFC. Juga mengangkat tentang keterhubungan multi komponen dalam kehidupan manusia.

Defile Jember Fashion Carnaval 2024

Defile Jember Fashion Carnaval 2024
Defile Jember Fashion Carnaval 2024

Dalam pelaksanaannya, JFC selalu berhasil menarik perhatian dunia dengan Street Carnival yang menggambarkan makna kuat.  Busana beragam bentuk dan berwarna-warni tak hanya indah untuk dipandang. Dibalik itu, ternyata gelaran ini mendeskripsikan pesan-pesan tentang isu kehidupan dalam penampilan kreasi fashion yang spektakuler.

Baca juga : Open Trip Bromo dari Malang

Terdapat 10 defile dalam pelaksanaan JFC 2024. Dimana ada mood character dan color palette yang berbeda-beda tergantung ketetapan dari panitia. Tiap defile jember fashion carnaval 2024  menyampaikan pesan yang kuat tentang isu kehidupan melalui filosofi:

  1. Wayang. Wayang sering menjadi simbol identitas budaya Jawa dan seni tradisional Indonesia. Mengangkat wayang dalam sebuah karnaval mewah seperti JFC 2024 berarti membantu melestarikan dan mengenalkan budaya tradisional kepada generasi muda dan masyarakat luas.Di dalam kesenian wayang, menyimpan makna mendalam tentang kehidupan manusia. Setiap karakter dan cerita di dalamnya mengandung pesan-pesan moral yang mengajarkan nilai-nilai seperti kebaikan, keadilan, dan kesetiaan.Tema wayang bisa menarik wisatawan, baik domestik maupun internasional, yang tertarik untuk melihat dan menikmati kekayaan budaya Indonesia. Maka pantas bila JFC mengangkat wayang dalam defile jember fashion carnaval 2024, mengingat penonton yang datang diprediksi membludak.
  2. Catur. Catur mengajarkan tentang strategi dan perencanaan yang hati-hati, serta pentingnya keseimbangan dan kerjasama melalui peran setiap bidak. Permainan ini juga mengajarkan kesabaran dan ketelitian, serta menunjukkan cara menyelesaikan perbedaan dengan aturan dan etika.Selain itu, catur menggambarkan pentingnya setiap individu yang berkontribusi pada tujuan bersama, serta mengedepankan pemikiran intelektual dan kreativitas dalam menemukan solusi baru.
  3. Versailles. Defile selanjutnya yang merupakan penjabaran dari tema JFC 2024 adalah tentang Versailles. Yakni istana termegah dengan taman yang indah dari Perancis. Dengan keanggunan arsitektur dan kemegahan taman yang memukau, Versailles menjadi tempat yang penuh dengan keindahan dan dekorasi yang menakjubkan.Setiap detail dekoratif, mulai dari cermin, lukisan dinding, ukiran kayu, hingga furniture mewah, mencerminkan kekayaan budaya dan keunggulan seni pada masa kejayaan kerajaan Prancis. Dekorasi tersebut tidak hanya menunjukkan kemewahan dan kekuasaan monarki, tetapi juga simbolisme politik dan keagungan kehidupan istana pada masa lalu. Melalui keindahan dan makna Versailles, karnaval menggambarkan warisan budaya yang kaya dan keindahan seni dari masa lalu.
  4. Media. Media adalah kekuatan besar untuk membentuk opini, menyebarkan informasi, dan mempengaruhi perilaku manusia. Dampak positifnya, media bisa
    mempengaruhi peningkatan kesadaran tentang isu-isu global, akses pendidikan yang lebih luas dan mudah, serta penguatan ikatan sosial. Melalui media, orang dapat berbagi cerita inspiratif, mendukung gerakan kemanusiaan, dan memperluas wawasan tentang budaya dan keragaman dunia. Dengan penggunaan yang bertanggung jawab, media dapat dimanfaatkan untuk menciptakan masyarakat yang lebih berempati, inklusif, dan berbudaya.
  5. Betta Fish. Ikan betta atau cupang dengan warna-warninya yang indah dan gerakannya yang anggun, adalah makhluk yang mempesona dan memiliki sifat-sifat positif. Selain  estetik dan menarik, ikan betta juga menunjukkan ketahanan, keberanian, dan keuletan dalam prosesnya bertahan hidup. Melalui perawatan dan pengamatan ikan betta di dalam akuarium, manusia dapat belajar tentang kesabaran, tanggung jawab, dan kepekaan terhadap makhluk lain.
  6. Climate Change. Perubahan iklim adalah tantangan global yang sangat mendesak bagi umat manusia saat ini. Dampak perubahan iklim, seperti kenaikan suhu global, cuaca ekstrem, dan kerusakan lingkungan, memerlukan respons yang komprehensif dan kerjasama seluruh masyarakat. Dengan memahami urgensi perubahan iklim, manusia diajak untuk mengubah perilaku, mengurangi jejak karbon, mendukung energi terbarukan, dan memperjuangkan kebijakan yang berkelanjutan, demi mewariskan bumi yang sehat dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.
  7. Zodiac. Selanjutnya, Jember Fashion Carnaval juga mengangkat defile Zodiac atau rasi bintang. Dengan maksud menggambarkan hubungan antara langit dan bumi serta peran manusia di dalamnya. Kehidupan dipandang sebagai perjalanan yang dipengaruhi oleh energi kosmik yang mengalir melalui kita. Dengan memahami karakteristik dan keunikan setiap tanda zodiak ataupun rasi bintang, manusia diingatkan untuk menghargai perbedaan, merangkul kompleksitas kehidupan, dan menjalani hidup dengan kesadaran akan energi di sekitar.
  8. Fairy. Dengan kelembutan dan keanggunannya, peri adalah makhluk legendaris yang dipenuhi dengan keindahan dan pesan positif. Dalam dongeng dan mitos, mereka sering dianggap sebagai pembawa kebahagiaan dan kebaikan. Melalui cerita tentang peri, manusia diajak untuk percaya pada kekuatan imajinasi, harapan, dan cinta yang dapat mengubah dunia menjadi tempat yang lebih indah. Peri juga menjadi simbol pentingnya menjaga alam dan menghormati kehidupan di sekitar kita.
  9. Jember. Tak ketinggalan, defile JFC 2024 juga berbincang tentang Jember. Dimana setiap tahun di sini diselenggarakan karnaval yang bukan hanya sekedar pesta warna-warni tahunan. Namun juga memberi dampak positif berupa perkembangan budaya dan pariwisata meliputi penambahan kekayaan budaya lokal dan peningkatan kunjungan wisatawan. Melalui karnaval, Jember mampu mempromosikan keanekaragaman budaya dan warisan tradisional. Seperti musik, busana, dan tarian kepada dunia. Selain itu, karnaval ini juga telah meningkatkan perekonomian lokal, membuka lapangan kerja, dan memajukan infrastruktur pariwisata.
  10. Rio. Merajuk pada sebuah kota di negara Brazil bernama Rio de Janeiro. Sebuah tempat yang penuh dengan keindahan dan hal positif yang mempesona. Setiap tahun, jutaan orang berkumpul di sana untuk merayakan kegembiraan hidup melalui tarian, musik, dan kostum megah. Selain menjadi ajang ekspresi kreatif dan warisan budaya Brasil, Karnaval Rio juga mempromosikan persatuan, toleransi, dan kebahagiaan di antara masyarakat yang beragam. Dalam keriuhan pesta yang meriah ini, manusia dapat merasakan keajaiban persatuan dalam perbedaan dan mengalami keindahan serta kekayaan budaya yang dimiliki oleh kota Rio de Janeiro.

Baca juga : Tempat wisata pantai di Jember

Sepuluh defile jember fashion carnaval 2024 menjadi penggambaran yang lebih luas dari tema Jember Fashion Carnaval 2024. Yaitu Algorithm, ‘Beyond Binary of Our Story’. Setiap defile bukan hanya simbol dalam keindahan kostum semata. Namun ada banyak pesan moral yang disampaikan dalam defile jfc 2024 di sepanjang catwalk. Itulah keistimewaan JFC 2024. Ada makna dibalik kemegahan cipta karya busana.

0 comments on “10 Defile Jember Fashion Carnaval 2024, Memberi Makna di Balik Kemegahan Busana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.