10 Tempat Asyik di Ibukota Untuk Dikunjungi Pendatang Baru
Local Experiences

10 Tempat Asyik di Ibukota Untuk Dikunjungi Pendatang Baru

Baru ke Jakarta atau sedang transit sebentar di ibukota? Jangan lupa main-main ke 10 tempat ini, ya!

Untuk kawanjo yang baru pertama ke Jakarta atau sedang mampir sebentar di Jakarta, kali ini Pigijo punya list 10 tempat terbaik versi Pigijo untuk didatangi demi habiskan waktu di ibukota. Ada banyak destinasi seru yang bisa disambangi. Mulai dari pusat perbelanjaan, toko hobi, spot Instagramable, sampai spot kuliner terbaru, semua tersedia. Penasaran? Yuk, mulai jalan!

  1. Aeon Mall Jakarta Garden City
Bianglala
Satu-satunya mall di Jakarta yang punya bianglala sebesar ini

Sebagai pusat perbelanjaan baru dan terbesar di area Cakung, Aeon Jakarta Garden City menyediakan banyak toko dan tempat makan menarik yang bisa kawanjo kunjungi. Tak hanya itu, di sini juga terdapat J Sky Ferris Wheel yang bisa kawanjo coba dengan harga Rp50.000/orang, 150.000/pasangan, atau 350.000/keluarga dengan kapasitas maksimal 6 orang.

Ke Jakarta kok ke mall. Hehe.. Gak apa-apa dong.. Toh mall nya mall baru dan tak semua orang Jakarta sudah pernah ke sini. Apalagi ada bianglala raksasanya. Tentu jadi tambah seru untuk dikunjungi. Cukup tinggi dan benar-benar jadi atraksi baru yang tak biasa apalagi letaknya di pusat perbelanjaan, baiknya kawanjo datang ke sini saat weekdays agar antrean tak terlalu panjang.

2. PIK 2

PIK 2
PIK 2 yang semakin ramai dan kreatif

Kalau kawanjo belum tahu di PIK 2 ada pantai baru, maka ini adalah saat yang tepat untuk datang ke sana. Bernama Pantai Pasir Putih, kawanjo bisa memandang lautan sambil duduk-duduk di pasirnya yang halus seperti bedak. Paling tepat sih bawa anak-anak. Tapi kalau tak ada anak yang bisa diajak ya tak apa-apa. Kawanjo bisa menikmatinya bersama teman atau pasangan!

Setelah main di Pantai Pasir Putih, kalau lapar kawanjo tinggal belok ke Pantjoran atau Urban Farm. Di Pantjoran, akan kawanjo temukan ragam makanan khas Tionghoa yang sudah jelas enaknya! Mulai dari bakmi, kwetiau, kopi, sampai lontong dan nasi lemak, semua tersedia. Karena konsepnya adalah Chinatown, maka takkan habis sajian khas Tionghoa di sepanjang jalan ini.

Lalu, jika kawanjo ingin makan makanan kekinian yang seluruh areanya Instagramable, maka destinasi wajib kawanjo adalah Urban Farm. Ada Toby’s Estate, Monsieur Spoon, sampai Gioi yang seluruhnya tak hanya akan memuaskan mulut dan perut tapi juga memanjakan mata kawanjo karena pengaturan letak dan desain bangunannya amat aestetik. Supernice!

3. Ashta District 8

Ashta District
Mall terbaru dengan konsep modern yang sangat

Nah, kalau mau cari mall paling legit dan terbaru di pusat kota Jakarta tepatnya di area SCBD, maka kawanjo harus banget mampir ke Ashta District 8. Meski terbilang menargetkan pengunjung menengah ke atas dan para pekerja kantoran yang ada di sekitarnya, namun tak ada salahnya untuk datang ke salah satu mall paling hits saat ini. Ada area rooftop yang ramai untuk foto-foto, lho!

Di sini, banyak tempat makan yang mungkin kawanjo tak familiar. Mulai dari Kitsune Cafe, Bakerman, The Tasting Room untuk nge-wine, sampai Botanica Dining yang semuanya WAJIB DICOBA. Tapi, kawanjo harus punya uang lebih, ya. Hehehe. Karena memang makan di sini cukup mahal untuk sebagian orang. Lalu untuk Bakerman, datanglah lebih pagi kalau tak mau antre. Roti mereka JUARA!

Tak banyak toko selain toko makanan di sini. Namun ada bioskop di lantai paling atas. Oh, iya. Satu hal yang juga penting adalah, kawanjo tak akan menemukan colokan untuk nge-charge gadget di sekitar mall. Kalau mau mengisi daya, baiknya memang duduk di salah satu kafe, restoran, atau sewa powerbank yang tersedia di dalam box penyewaan yang tersedia di tiap lantai.

Meski aksesibilitas pada banyak hal-nya tak semudah mall biasa, tapi kita harus kembali pada konsep mall ini yaitu spot istirahat untuk para pegawai SCBD. Jadi tak terlalu berbeda dengan FX, 97% isi mall memang dipenuhi oleh tempat makan, kafe, toko roti, minuman, dan ruang outdoor yang keren, hijau, dan luas untuk sekedar ngobrol atau merokok sambil lihat kawasan SCBD dari ketinggian.

4. PIM 3

PIM 3
Mall dengan area luar berlantai kaca yang hits se-sosial media

Selain Ashta District 8, mall baru yang juga lagi hype di Jakarta yaitu Pondok Indah Mall 3. Hampir tak ada bedanya dengan PIM 1 dan 2, PIM 3 juga diisi oleh fashion & lifestyle stores dan juga foodcourt yang isinya berbeda dari 2 mall sebelumnya. Meski vibe nya terasa sama, tapi di PIM 3 kawanjo bisa keluar ke area teras berlantai kaca untuk melihat area Pondok Indah yang begitu ramai.

Beberapa toko memang sudah ada di PIM 1 dan 2 seperti misalnya Uniqlo dan Adidas Store. Tapi luasnya berbeda karena di PIM 3 tiap toko terasa lebih besar. Memang banyak toko yang belum buka. Oleh sebab itu jika kawanjo ke sini, belum banyak yang bisa dilakukan selain makan atau beli minuman di foodcourt atau foto-foto di balkon kaca itu. Secara desain, bagian dalamnya persis PIM 2!

5. Kawasan Kemang

como park
Tempat hangout ala New Yorkers yang asyik untuk ngumpul bareng teman atau sendirian saja

Untuk yang sering dengar tapi belum pernah ke sini, Kemang adalah pusat gaul anak Jak-Sel di sekitar pertengahan tahun 90 sampai 2000an. Kalau tahun 80-90an tempat itu dipegang oleh area Blok M dan Melawai dan tahun 2017 ke atas dipegang area Senopati, maka masa jaya Kemang diperkirakan berhenti di sekitar 2018. Namun, kini ia mulai bernapas lagi saat Holywings dan JTTS berdiri.

Meski demikian, Kemang tak pernah betul-betul meninggalkan era keemasannya. Bahkan sampai sekarang, meski klab malam tak lagi meraja dan galeri seni tak lagi ada di mana-mana, Kemang tetap punya daya tarik sendiri khususnya sebagai pusat makanan enak bagi anak muda. Sebut saja Lawless Burger Bar, Honu, Koi, Haka Dimsum, dan masih banyak lagi.

Bahkan kalau ada uang lebih, kawanjo boleh datang ke Nusa Gastronomi untuk pengalaman makan makanan Indonesia yang dibuat dengan teknik gastronomi oleh Chef Ragil Imam Wibowo. Cita rasanya betul-betul istimewa karena visual sajiannya tak biasa namun punya rasa yang luar biasa. 100% menu Nusantara yang dipresentasi dalam level berbeda. Classy yet supertasty!

Baca juga: Hunting Foto Saat Hari Raya Waisak di 5 Lokasi Wisata Ini!

Lalu jika kawanjo suka ngopi atau makan es krim, Kemang juga merupakan area yang tepat untuk dikunjungi. Untuk kopi enak, kawanjo bisa datang ke 1/15 coffee, Eighty Nine Eatery, Antipodean, 7 Speed, atau 3K coffee yang punya deret menu kopi lezat untuk dinikmati para pencinta kopi. Lalu untuk es krim, ada Locarasa dan Gelato Secrets yang punya varian rasa unik di luar dugaan.

Terakhir, jika kawanjo suka nongkrong ala New Yorkers sambil bengong sendirian di taman, maka kawanjo bisa datang ke sebuah tempat bernama Como Park. Selain punya pizza tipis ala ‘bule’ yang bisa dibeli di kedai retro bertajuk Pizza Place, di sini kawanjo juga bisa lihat anjing-anjing lucu berlarian di rumput, mampir ke bulk store organik, dan beli salad di The Roots salad bar.

Menghabiskan waktu di Kemang memang tak pernah salah terutama untuk newbie yang baru pertama ke Jakarta. Mulai dari ngopi, makan, sampai ke tempat hobi, semua bisa. Kalau suka musik & mengoleksi piringan hitam, bisa mampir ke La-La Records. Kalau suka melukis bisa ke Hadiprana art Centre, nah kalau suka keramik melipirlah ke Kandura Studio. Everything in one area!

6. Kawasan Blok M & Melawai

blok-m
Penuh dengan restoran Jepang bercita rasa autentik

Setelah bicara Kemang dan masa jayanya yang sudah redup kalau urusan pergaulan, kini mari bicara Blok M yang punya identitas baru sebagai Little Tokyo nya Kota Jakarta. Well, sebenarnya sih gak baru-baru amat. Karena dari dulu memang orang Jepang banyak bermukim di sini sehingga area ini dipenuhi oleh restoran dan tempat karaoke yang bentuknya memang Jepang banget.

Tapi karena hal-hal semacam ini sekarang lebih diperhatikan terutama oleh anak muda yang tanggap kuliner, maka kawasan Blok M dan Melawai jadi ramai kembali setelah tahun 80an dipenuhi oleh diskotek dan bar sepatu roda favorit remaja masa lalu. Nah, apa saja yang bisa kawanjo lakukan di Blok M dan Melawai? Jawabannya adalah BANYAK!

Jika yang kawanjo cari adalah makanan Jepang, maka beberapa restoran yang wajib dikunjungi adalah Daitokyo Sakaba, Kawana Sushi, dan Kashiwa. Daitokyo Sakaba punya cita rasa autentik Jepang dan bilik restoran yang seakan membawamu ke rumah makan mungil di kota Tokyo. Kalau di sini, kawanjo harus coba menu yakitori mereka yaitu Momo dan Kawa! Recommended sekali. Sake hangatnya juga enak.

Lalu kalau mau makanan Jepang yang hampir semuanya enak dan harganya murah, mampirlah ke Kashiwa. Bahkan saking murahnya Kashiwa, yang datang bisa sampai ngantre panjang di luar restoran, lho! Gimana enggak, harga makanannya start from Rp25.000 – Rp100.000 saja! Ckckck.. Gak heran ya semua orang mau coba rasa autentik tapi dengan harga semiring itu.

M bloc Space
Ada pula ruang kreatif bagi UMKM yang menjanjikan

Untuk kesegaran bahan makanaya tentu tak usah ditanya. Semua ikan, sayur, dan daging yang digunakan benar-benar segar meski harganya murah. Ini yang bikin rasa hidangan mereka tetap lezat meski tak dibanderol harga tinggi. Lalu terakhir, kalau kawanjo penyuka sushi dan ingin makan sushi layaknya di Jepang, kawanjo bisa datang ke Kawana Sushi. Semua sushinya WORTH TO TRY!

Selain makan berat, di sini juga ada toko roti khas Negeri Sakura bernama La Mouette. Kawanjo bisa beli roti yang empuk dan aneka rasa sesuai dengan yang sering dilihat di film Jepang. Lalu, kalau ingin ngopi, ada Filosofi Kopi yang punya deret menu kopi nikmat layaknya yang kawanjo lihat di filmnya. Sudah kenyang ngopi dan makan, kini waktunya berburu pernik hobi di Blok M Square!

Kalau kawanjo masuk, kawanjo tinggal tentukan apa yang mau dilihat dan tanya pada satpam tentang arah yang harus dituju. Di dalam sini ada pusat buku bekas yang koleksinya luar biasa banyak, toko piringan hitam yang harganya jauh lebih murah dibanding di toko konvensional (menjual piringan hitam bekas dan juga baru), dan toko barang vintage mulai dari kaset sampai kamera analog.

Tak hanya itu, di sini juga pusatnya BATU AKIK. Jadi kalau kawanjo koleksi batu akik, nah, di sinilah tempat untuk mencarinya. Lebih daripada itu, kawanjo juga akan temukan toko emas yang sudah dipercaya bertahun-tahun lamanya. Kalau stay sampai malam, halaman Blok M Square pun berubah jadi pusat tempat makan lesehan murah yang menyediakan banyak sekali jajanan nikmat!

Kalau kepanasan, kawanjo bisa mampir ke Melawai Plaza yang berada persis di seberang Blok M Square. Di sini, makanan apa pun yang kawanjo mau, ada! Berbagai merk boba drink pun tersedia. Nah, kalau mau lihat tempat kekinian yang lagi ramai di media sosial, mampir saja ke M Bloc Space untuk sekedar lihat-lihat, foto, atau beli berbagai pernik lucu yang ada di sana. Seru, kan!

7. ITC Kuningan

ITC Kuningan
Istana belanja warga Jakarta

Kalau biasanya orang sebut tempat ini dengan nama mall nya yaitu ‘Ambassador’, maka ITC Kuningan memang terasa sudah jadi bagian dari mall tersebut. Memang tak salah, sih. Karena ada jembatan penghubung antar mall yang menjadikan dua tempat ini seakan jadi tak terpisahkan. Selain itu, lokasinya juga menempel satu sama lain jadi memang seperti satu kesatuan.

Di tempat ini, kawanjo bisa dapatkan semua keperluan yang dimau dengan harga sangat murah. Mulai dari keperluan gadget, fashion & lifestyle, sampai kebutuhan anak dan rumah tangga, semua tersedia dalam satu gedung. Dari barang KW sampai asli, semua bisa kawanjo pilih dan sesuaikan dengan budget. Awas! Di sini kawanjo pasti susah menahan hasrat untuk belanja. Hehehe!

Kalau perlu beli kebutuhan bayi dan anak-anak, langsung saja naik eskalator ke lantai 4 karena di sini kawanjo akan pusing melihat begitu banyak mainan, alat makan, sampai baju dan perlengkapan mandi bayi. Fany Baby adalah salah satu toko yang paling lengkap dan juga besar. Jangan kaget ya lihat merk mainan seperti Little Tikes yang dijual sangat murah di sini dalam kondisi baru!

Pokoknya, ITC Kuningan punya semua yang kawanjo butuhkan. Bahkan kadang dari gak butuh pun jadi butuh saat dilihat-lihat dan harganya murah. Lalu, jajanannya juga banyak! Ada pusat makanan Manado di lantai atas yang sudah tersohor bertahun lamanya. Ada juga toko outdoor yang punya jaket tebal berbahan bagus jika kawanjo berhasil menemukannya.

Jadi, tak cuma unggul dalam penjualan gadget dan DVD, ITC Kuningan sudah lama berubah jadi pusat barang lifestyle untuk segala gender dan usia. Makanya kalau ke sini usahakan diniatkan belanja, ya. Karena kalau tidak, ujung-ujungnya sih seringkali meneysal karena barang ada, eh uangnya gak ada. So, kalau memang lagi bokek mending JANGAN KE SINI. Hihi! Nanti gak kuat iman.

Baca juga: Ngetrip Tipis-tipis di Curug Leuwi Hejo, Yuk Cobain 4 Aksi Seru Ini

8. Taman Lapangan Banteng

Lapangan Banteng
Taman asri dan indah yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk dan olahraga layaknya di luar negeri

Saatnya menenangkan diri dari hiruk pikuk pusat perbelanjaan yang ngabisin duit. Hehe! Kalau kawanjo hanya ingin duduk santai di taman yang indah, luas, dan tertata seperti di luar negeri, kawanjo bisa arahkan kaki ke Taman Lapangan Banteng tempat di mana Monumen Pembebasan Irian Barat berada. Sejak diremajakan beberapa waktu lalu, taman ini jadi benar-benar bagus!

Pohon-pohonnya hijau, rumputnya subur, bunga-bunganya asri bermekaran, dan banyak kupu-kupu dan burung beterbangan di sekitarnya. Bahkan jika kawanjo perhatikan, pemandangan di sekitarnya pun bagus yaitu Monas, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral, dan Hotel Borobudur. Jadi sekali kawanjo jalan-jalan di sini, kawanjo akan bisa menikmati suasana taman yang manis di sekitar Gambir.

Kalau akhir pekan, ada pertujunkan air mancur menari warna-warni. Bagi sebagian warga yang pernah melihatnya, katanya indahnya betul-betul seperti di taman-taman di Eropa dan Australia. Lalu kalau beruntung, kawanjo bisa masuk ke dalam ruang museum mini yang menyajikan sejumlah narasi tentang sejarah pembebasan Irian barat. Sayangnya kini sering tutup akibat pendemi.

9. Hey Beach

Hey Beach
Kafe dengan pasir putih sebagai lantainya. Serasa di Bali betulan!

Nah, kalau kawanjo ingin datang ke tempat makan terbaru dengan vibe persis di Bali, kawanjo bisa datang ke Hey Beach yang ada di Alam Sutera. Di sini, kawanjo bisa rasakan sensasi makan dan minum sajian tropis khas liburan di restoran beralaskan lantai pasir putih. Iya, tak ada lantai di sini melainkan hamparan pasir putih yang persis seperti sedang berada di beach bar pinggir laut.

Tak cuma makan dan minum, jelas kawanjo bisa foto-foto layaknya selebgram karena setiap sudut tempat amat instagenik! Lalu, jangan lupa pakai sepatu yang nyaman atau yang mudah dilepas kalau tak mau kemasukan pasir. Selain banyak sudut Instagenik, visual sajiannya pun tak kalah bagus untuk difoto. Jadi kalau sudah di sini, semua hal bisa bikin media sosial Kawanjo makin cakep!

10. Multi Toys QBIG BSD

Multi Toys QBIG
Jangan ngaku pencinta mainan kalau belum mampir ke sini

Last but not least, kalau kawanjo suka mainan atau action figure, maka tempat ter-WAJIB untuk kawanjo kunjungi adalah Multi Toys terbesar yang berada di QBIG BSD. Di sini, kawanjo serasa berada di surga hot toys dan action figure langka yang tak bakal ada di toko mainan biasa. Bak masuk ke dalam wahana, interior toko mainan ini pun akan membuat kawanjo terkagum-kagum.

Karena figurine yang dijual tak ada di toy store konvensional, maka harga jualnya pun terbilang mahal karena hampir semua mainan yang dijual di sini dikirim langsung dari luar negeri. Bahkan kawanjo bisa pre-order mainan yang kawanjo idam-idamkan, lho. Tinggal bilang mau mainan apa, cari link toko nya di seluruh dunia, pesan, dan tinggal dibelanjakan deh sama Multi Toys. Wow!

Jangan sampai kalap dan ternganga-nganga kalau lihat figur-figur gemas yang mungkin selama ini hanya bisa dilihat di Youtube, Facebook, atau Instagram. Karena selain bisa meningkatkan hormon endorfin kawanjo hanya dengan melihat mainan favorit, sisi kekanakan kawanjo yang tak hilang dari dalam diri pun seketika mengeluarkan aura nostalgia yang bikin bahagia.

So, jangan sampai tak ke sini ya kalau kamu adalah seorang pencinta mainan. Karena bisa dibilang, datang ke Multi Toys itu seperti masuk ke dalam surga dunia! Iya, dunia para penggila mainan dewasa. Hehehe! Tapi bukan mainan dewasa yang ‘itu’ ya. Ini mainan dewasa lain yang jelas bukan untuk dimainkan tapi buat dipajang, dilihat-lihat, dan dikagumi detailnya. Mainan sultan!

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Trip Wisata di Pulau Seribu

0 comments on “10 Tempat Asyik di Ibukota Untuk Dikunjungi Pendatang Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published.